Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Monday, April 4, 2011

Senyum / Say ‘cheese’


Betul-betul deh kali ini saya sampai seminggu tidak membuat catatan di blog. Repot juga nih karena untuk membuat catatan ini saya harus mengandalkan sisa-sisa ingatan. Tapi karena sudah lewat seminggu jadilah agak sulit. Tambahan lagi catatan harian saya untuk hari ini serba singkat. Masih untung sekarang ada back up dalam bentuk foto-foto di kamera digital.

Nah, melihat-lihat kembali foto-foto itu membuat saya ingat apa yang kami lakukan hari ini di kelas. Data tertulis memang ada dalam bentuk catatan saya tentang apa yang akan saya berikan pada anak-anak setiap harinya. Tapi kamera menangkap hal-hal yang lebih rinci dari aktivitas kami & tentunya juga merekam emosi / ekspresi serta suasana saat aktivitas tsb sedang berlangsung.

Jadi semua itu saling melengkapi. Draft kegiatan di kelas, catatan harian, foto & memori otak.

Omong-omong soal kamera, anak-anak tampaknya sudah mulai terbiasa melihat saya berkeliaran di dalam kelas & tiba-tiba lampu blitz menyala. Mereka tidak lagi bertanya apalagi merasa terganggu. Buktinya mereka tetap mewarnai, menulis, bermain & melempar bola tanpa memperdulikan kamera.

Hari ini (Sabtu, 26/3) kami mengadakan kegiatan bermain bola keranjang. Semangat 45, coy. Bola-bola yang berterbangan membuat beberapa kali saya harus berkelit / menunduk demi menyelamatkan kepala & juga kamera. Hehe. Wah, kalau kepala sih tidak apa-apa tapi gawat kalau ada yang sampai mengenai kamera.
Lempar bolanya / Throw the ball 
  Lalu kami mengerjakan tugas menggunting & menempel angka 1-3 tapi awas lho, jangan sembarang nempel. Lihat dulu kotak mana yang sesuai dengan gambar. Kelihatannya mudah tapi tidak untuk anak berumur 5 tahun untuk mencari gambar yang sama. Beberapa anak sempat bingung.

Hati-hati memakai gunting ya / Careful with those scissors
 Nah, sementara itu mata saya harus seperti mata elang. Memperhatikan bukan hanya apakah mereka mengerjakan tugas dengan benar; tidak berbengong-bengong / mengganggu teman / sibuk bercanda sampai akhirnya tugas dicuekin. Tapi mata saya juga harus awas memperhatikan anak tertentu yang beberapa waktu lalu sempat menggunting rambutnya saat kami melakukan kegiatan yang harus memakai gunting.

Anak kecil & gunting… mm, coba tebak apa yang akan di guntingnya? Kertas / rambut? Beberapa anak terlalu serba ingin tahu / terlalu kreatif sehingga bukan kertas yang di gunting tapi rambut. & beberapa hari yang lalu itu saya terlambat mengetahuinya. Untung saja hanya sedikit & lebih untung lagi rambut sendiri yang di gunting. Hehe.

Tahun lalu ada seorang anak yang berkebutuhan khusus yang membuat kami nyaris kewalahan menghadapinya. Salah satu ulahnya adalah menggunting rambut temannya. Yah, berhubung anak-anak, maka baik pelaku maupun korbannya tidak ada yang mempermasalahkan hal itu. Tapi orang tuanya? Sudah untung (lagi-lagi untung) orang tua dari si korban bisa mengerti. Coba kalau tidak. Wah, bisa jadi panjang kali lebar nanti perkaranya.

Setelah tugas menggunting & menempel selesai maka tugas lain sudah menunggu yaitu mewarnai gambar anak yang sedang memasukkan surat ke dalam kotak surat. Yah, minggu ini & minggu depan tema pelajaran adalah tentang Alat Komunikasi.
The drawing
Wah, lumayanlah. Kegiatan ini memberi saya kesempatan untuk bisa menarik napas sejenak. Maka duduklah saya & kamera pun beraksi.Wih, segera saja beberapa anak pun memasang gaya. Saya tidak perlu repot-repot menyuruh mereka untuk tersenyum lagi sekarang. Hehe. Lihat saja foto-foto ini. 

Tapi yang paling saya sukai adalah saat mereka sedang terlalu asyik dengan kegiatannya sehingga hasil fotonya tampak alami. Seperti sewaktu mereka sedang asyik bermain ini.
__________________________________________________________________

I’ve never been so behind on making blog entries. I set up a new record of a week behind on it. The consequence to this is my fading memory. I didn’t write much on my diary either. The draft I kept is only remarking about class daily activities. So it’s a blessed to have a digital camera that recorded not only what we do in class everyday but also capturing the kids’s emotion & expression.

& so they backing up at each other. The draft, diary, digital camera & memory.

Good thing that the kids have got used having me around them with the camera. They don’t ask questions anymore about it. They don’t even bothered to have the camera recording their activities. They ignore the flashes popped up infront of them. Some of them even like the presence of the camera so I don’t need to ask them to smile.

& today (Saturday, March 26th) we played a little of basketball. I’ve got to watch not only my head but most importantly is the camera when I was taking pictures amidst the flying balls.

did cutting the numbers 1 to 3 & stick them into the box but they first have to find the match of the drawing. Not an easy thing for some kids.

But in the meantime I’ve got to keep an eagle eye watching over them not only to ensure they did their task correctly but also to remind them not to waste the time by joking around / teasing their friend / being completely absent minded.

Most of all is to keep an eye at a particular kid who I found out too late that he cut his own hair the last time we did activity that involved the use of scissors. Luckily it was his own hair that he trimmed.

We had a kid with special need last year who made us all overwhelmed. One time he cut his friend’s hair. Neither kids showed any remorse of the incident because they were kids. Lucky for everyone, the mother of the kid whose hair was being trimmed didn’t get upset as she understood the situation.

Kids & scissors… they could ended up cutting other things but the paper.

After done with the first task we moved on to the next task which is to color the drawing of a boy mailed his letter into the mail box. This gave me time to catch upon my breath. & so I took the camera & made few shots. Well look at the photos to see how some of the kids need not to be told to say ‘cheese’.

But I like it better when they look natural on camera because they're busy doing / playing something so they don't bother to pose for the camera. 

No comments:

Post a Comment