Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Saturday, April 9, 2011

Firasat / A Hunch


Dari Selasa minggu lalu saya mendapat perasaan untuk mempersiapkan materi untuk pelajaran sekalipun setiap Selasa adalah jadwalnya pelajaran menggambar & mewarnai yang artinya kami guru-guru hanya perlu menyiapkan materi untuk pelajaran awal.

Pagi ini (Selasa, 5/4) saya sampai di sekolah & mendapat kabar bahwa guru gambar kami tidak bisa datang. Puji syukur semalam saya sudah membuat rencana pelajaran untuk satu hari ini jadi berita itu tidak membuat panik.

Di kegiatan awal kami menari kupu-kupu tapi saya tidak sempat membuat foto. Kemudian kami menyanyikan lagu ‘Burung Pipit; Burung Kakatua; Burung Hantu; Burung Garuda’. Lagu-lagu tentang burung itu di pilih karena saya membahas tentang lambang negara.

Tapi yang membuat anak TK A ramai adalah sewaktu melihat saya membuat panggung boneka. 
We're the puppeteer / Panggung Boneka & kami dalangnya. Kekey & Dea
Michelle & Kim
Echa & Rivan
Vivien & Nico
Clarissa & Justin
 Bersemangat sekali mereka karena kemudian saya mengijinkan mereka bergantian menjadi dalang walaupun sebagian besar dari mereka harus saya bantu dengan pertanyaan apa yang sedang terjadi dalam cerita yang mereka mainkan, kemana tokoh-tokoh yang mereka perankan sedang pergi, bagaimana alur ceritanya. Bahkan ada yang hanya berdiri, memasukkan boneka tangan itu dan diam. Itu kehabisan ide atau kehabisan suara sih, nak? Hehe. Yah, bu guru merangkap jadi narator, sutradara dan juru bisik deh.

Di tengah-tengah jalannya pertunjukan boneka tiba-tiba saya melihat pemandangan langka yang menggelikan. Rivan sedang menggaruki punggung Justin. Gatal nih, bu. Ibu lagi sibuk sih. Jadi minta tolong Rivan deh. Hah?? Hehe

Please scratch my back, asked Justin to Rivan / Tolong garukin punggung aku ya, kata Justin ke Rivan
 Mewarnai gambar presiden dan menulis angka 1 (satu) lalu di buat 1 buah lingkaran, 3 (tiga) & di buat 3 lingkaran, angka 5 & 2 sama seperti itu. 
Coloring the president / Mewarnai gambar presiden
Nico & his drawing / Nico & gambarnya
Write today's date first / Menulis tanggal dulu
Write these numbers on your book, kids & draw circles according to the number / Tulis angka-angka ini di buku & gambar lingkaran sesuai jumlah angkanya
 Cihui! Kepsek pergi lagi. Aduh enaknya saya jadi bisa bekerja dengan tenang tanpa was-was tiba-tiba di minta mengerjakan sesuatu sementara pekerjaan sendiri saja belum kelar semuanya. Dan yang terpenting adalah saya bisa meninggalkan sekolah 15 menit lebih awal. Jangan 15 menit, 5 menit lebih sebelum jam 12 siang saja sering susah di korting oleh kepsek.
___________________________________________________________________

I’ve been having a hunch about our drawing teacher since last Tuesday. I’ve this feeling that I’d better prepare teaching material incase he doesn’t come. Well, I’ve got in school & got the news that he was unable to teach today (Tuesday, April 5th).

We started the day by doing Butterfly Dance. I didn’t get a chance to take photos as I was showing them how to dance it. After that we sang 4 songs about birds because I was explaining them about our country’s seal.

The kids become excited seeing me made a puppet’s stage from 2 tables. They became even more excited when I allowed 2 of them to take turn performed as puppeteer. Though I was required to be their narrator, director & the whishperer because most of them don’t have broad imagination to make a play. Some of them stood there with the puppet but went completely silent. Lol. Do you running out of ideas or voice, kiddo?

Coloring the drawing of the president and writing the numbers 1 3 5 2 were our next class activities as they are shown on the photos.

No comments:

Post a Comment