Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Tuesday, April 5, 2011

Hari grabak grubuk / Hectic Day

Sebal betul saya kalau di tengah-tengah mengajar harus meninggalkan kelas karena di minta mengerjakan hal lain yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan kegiatan saya di kelas. Seperti hari Jumat ini (1/4) saya di minta harus membuat revisi pada materi profil sekolah yang kemarin saya sudah buat.

Akibatnya anak-anak di kelas jadi tidak selesai mengerjakan kincir angin. Banyak yang salah menggunting sampai putus. Wah, sudahlah. Nanti kapan-kapan kita coba lagi.

Selain itu kegiatan inti jadi molor waktunya. Weleh. Untung saja program aktivitas yang saya susun terhitung sedikit & sederhana sehingga tidak memakan waktu untuk mengerjakannya. Tugas pertama mengenali huruf awal dari sepeda, mobil, pesawat, kereta api & becak. Saya menuliskan kata-kata itu di papan tulis, melingkari huruf depannya & menggambar kendaraan yang dimaksud di sampingnya supaya anak-anak tidak sulit mengerjakannya karena tidak semua sudah bisa membaca.
Draw line / Menarik garis dari kendaraan ke huruf pertama dari nama kendaraan itu (misalnya; m - mobil)
 Setelah itu menggambar bebas memakai arang. Wah, lagi-lagi mereka jadi semangat karena ini hal baru.
Saya bisa agak tenang meninggalkan mereka di bawah pengawasan wali kelas TK B saat saya mengajar bahasa Inggris di kelas TK B. Setiap hari Jumat kami berdua memang bertukar kelas dari jam 9.15 sampai jam 10.
Make a drawing using charcoal / Menggambar bebas memakai arang
 Test bahasa Inggris kembali dilakukan setengah mendadak karena kemarin wali kelas TK B lupa memberikan buku catatan bahasa Inggris kepada anak-anak TK B. Saya baru menyadari hal ini di tengah-tengah berlangsungnya les anak kelas TK B. Tapi berhubung sudah banyak yang pulang maka tidak semuanya mendapat buku itu. Akibatnya mereka harus menghafalkan 5 kata bahasa Inggris yang menjadi materi test pagi ini.
__________________________________________________________________

I hate it when I had to leave my class in the middle of teaching because I had to do something else that has no connection to what I was doing in class. Such as what happened today (Friday, April 1st) when I was interrupted in class because headmaster wanted me to make revision to school’s profile that I’ve typed yesterday.

The consequence is the kids couldn’t do well on their folding. I wanted them to make windmill. Ok. Put it back to your locker. We will do it again tomorrow.

I was a bit nervous seeing the clock. Geez, it was past 9 am & we haven’t started any activities. Luckily the ones I planned for today weren’t too many & they were simple ones too so it wouldn’t consume much time to do them.

First task is to draw lines from the vehicles to the their each first letter. S (sepeda/bicycle), m (mobil/car), p (pesawat/plane), k (kereta api/train) & b (becak/pedicab). I wrote each vehicle name on the whiteboard, circled its first letter & drew the vehicle next to it so though not all of the kids can read this explanation would make it easy for the others to do the task.

After that make drawing using charcoal. They got excited as we never did this before.

With these activities were on progress I left them on the care of B class teacher as we switch class every Friday because I must teach English in B class from 9.15 am to 10 am.

I ran the test again. But most flunked it because B class teacher forgot to give them their English books yesterday so they could memorize those words at home. I knew about it yesterday when we ran the tutoring for the B class kids. This made them had to memorize the words this morning & not all 5-6 year olds can do this well.

No comments:

Post a Comment