Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Saturday, September 30, 2017

Play Hard 4 (Museum Tour)

Keluyuran kemana-mana sendirian kadang enak, kadang ga enak. 

Going out alone sometimes is fun, other times is not fun.

Saya sih tipe orang mandiri. Ogah bergantung sama orang lain. Termasuk dalam urusan keluyuran dan jalan-jalan. Soalnya dari pengalaman, kalau ngajak orang lain prosedurnya bisa panjang, ribet, lama dan nyebelin.

I am an independent type of person. I dislike to rely on others. Including when it comes to go hangout and traveling. It is because from experience, asking other people to go with me may requite long procedure, complicated, take long time and could be annoying.

Tapi di sisi lain saya juga harus mengakui manusia itu adalah mahluk yang membutuhkan orang lain. 

But in other side I also have to admit that human needs other human.

Karena kalau sendiri tidak ada teman ngobrol, tidak ada yang bisa nolong kalau misalnya nyungsep di jalan, tidak ada yang bisa diketawain dan yang pasti seru juga dong ketawa sendiri kalau ada sesuatu yang lucu. 

Because being on my own means there is no one to talk to, no one to help in case I stumble, no one I can laugh to and it is surely not fun to laugh by myself if I see something funny.

*  *  *  *  *

Tapi sebelon nyari teman jalan sebaiknya sih dilihat dulu orangnya tipe kayak apa.

But before choosing someone to be a accompany it is better to see what type of a person he/she is.

Tipe Pompom 

The Cheerleader Type

Tipe begini akan jadi orang pertama yang mengacungkan jari ketika diajak jalan atau ketika mengetahui teman-temannya bikin rencana buat nongkrong atau jalan-jalan.

This type of person would become the first to raise his/her hand when asked to go out together or when he/she knew his/her friends are making plans to go out or go traveling.

Tapi dekat-dekat hari H atau malah di hari H dia mundur. 

But he/she backs off when the D-day is approaching or even on the D-day.

Terus terang aja tipe begini ini bikin pegel hati, apalagi kalau emang cuma dia yang bakal jadi teman jalan.

To be honest this type of person is upsetting, especially if he/she is the only accompany.

Kalau seseorang sudah beberapa kali menunjukkan ciri begini lebih baik dia dihapus saja dari daftar orang untuk dijadikan teman jalan.

If someone has several times shown this kind of attitude then it's better to get him/her off the list.


Tipe Knalpot

The Muffler Type

"Mulutku cuma satu, tidak berhenti ngoceh.."

"I have one mouth, it can't stop talking.."

Enaknya jalan sama si knalpot adalah kagak sepi. Ada aja yang bisa jadi bahan cerita atau obrolan. Ini bikin perjalanan jadi tidak terasa jauh, membosankan atau melelahkan.

The good thing about this muffler is it won't be quiet. There is always something to tell or to talk about. It makes traveling don't feel like it has no end, boring or tiring.

Ga enaknya adalah kalau bawelnya ini bukan bawel yang penuh cerita atau humor tapi bawel ngeluh, ngegerutu dan protes. Siapin kapas deh buat nyumpel kuping.

The bad thing is if it is not the kind of talkactive with stories or humor but it is the kind of can't stop complaining, whining and protesting. Stuffed the ears with cotton balls.


Tipe Borju

The Bourgeois

Makan ogah di warung. Nginep kagak mau di penginapan kelas ecek-ecek. Emoh pilih moda transportasi rakyat jelata.

Don't want to eat in food stall. Don't want to stay in cheap inn. Don't want to commute using modest public transportation.

Halah.., kalau makannya harus di restoran atau di cafe, menginap harus di hotel dan kemana-mana naik taksi.. cuy, bisa bangkrut gue jalan sama elu!

Geez.., if restaurant or cafe is the option, staying in hotel is a must and go anywhere by taxi.. dude, you're making me bankrupt!

Kalau kamu tipe easygoing yang segala sikon dibawa enjoy aja.. mending jangan jalan sama model anak presiden kayak begini dari pada ntar bikin dompet kamu menderita (kecuali kalau si borju yang mau nanggung semua pengeluaran) atau kalian jadi berantem.

If you're an easygoing type of person who enjoys every situation.. it's better not to go with this type of president's child because it's going to cost your money to the last penny (unless if this bourgeois agrees to pay all the expenses) or it would get you guys into a quarell.

*  *  *  *  *


To be continued..


Play Hard 3 (Business and Pleasure)

Bekerja dan bersenang-senang saya masukkan dalam kategori playhard karena jarang terjadi. 

I put business and pleasure in playhard category because they rarely happen.

Dalam jenis pekerjaan saya ini kesempatan untuk bisa tugas sekaligus jalan-jalan adalah hal yang amat sangat jarang terjadi.

In my kind of work the opportunity of doing the job and go traveling at the same time are two things which so very rare to happen.

Kenapa?

Why?

Karena saya amat sangat dibutuhkan di kantor. Saya tidak punya saingan dan saya tidak perlu khawatir akan ada orang yang mau menyingkirkan saya.. haha.. 

Because I am so needed at work. I have no competitor and I don't need to worry anyone would kick me out.. haha..

Tapi kondisi ini juga memberikan kerugian dalam soal kehadiran. Saya sakit sehari bisa menciptakan kehebohan bagi 'mereka-mereka', sementara sakit recehan dicurigai sebagai cara saya buat bolos dan ketika saya sakit serius terpaksa saya harus bergaya seperti wonder woman.. lagi demam tinggi, menstruasi keluar kayak keran bocor atau mencret parah pun harus menyeret kaki masuk kerja.

However, this condition is backfired when I get sick. I can't leave work too long. One day off because I was sick might create a huge fuss among 'them', minor illness was seen with suspicion as if I made up excuses to skip work and when I had serious illness I've got to behave like wonder woman.. high fever, uncontrolable menstruation or severe diarrhea wouldn't deter me from going to work.

Ah, itu urusan sakit. Trus gimana soal bisa bekerja sekaligus jalan-jalan?

Ah, that is about the time when I got ill. How about doing work and go traveling at the same time?

*  *  *  *  *

Ceritanya nih, dulu-dulu kalau kantor ada kegiatan keluar macam piknik atau jalan-jalan, saya harus diam-diam berdoa dulu supaya mudah-mudahan saya dibolehin ikut.

Here's the thing, in the past everytime the office held outdoor activity such as picnic or traveling, I had to quietly pray that I'd be given permit to join it.

Tapi setelah berapa kali saya tidak diijinin, akhirnya saya mengambil sikap masa bodoh.. sebodo teuing, mau diijinin atau kagak, gue kagak bakal mati ini. Cuma jalan-jalan ke sono, ntar gue bisa pergi sendiri kok kalau emang pengen banget atau malah lebih asyik pergi sama Andre.

But after I was not allowed to join that outing activity, I applied a 'I don't give a damn' attitude.. why the hell I care anyway, whether I'm allowed to go or not, either way it won't kill me. It's just going to that place, I can go there all by myself if I really want to or it would be more fun if I go there with Andre.

Eh ternyata, tiap kali saya tidak diijinin pergi yang sewot malah teman-teman dan rekan-rekan kerja saya.. hehe..

Well what do you know, everytime I was not allowed to join an outing, it was my friends and colleagues who got upset.. haha.. 

Kenapa sih elu kagak boleh ikut, Ke?

Why you're not allowed to come with us?

Ntar kantor jadi kosong, jawab saya santai dan datar.

It would make the office unattended, was my light and unemotion answer.

Halah!, rekan kerja saya sewot, emangnya ditinggal sehari aja sama kamu bakal bikin itu kantor jadi roboh apa?

Whatta!, it pissed my colleague, would the office fall apart if it is left by you in just a day?

Saya ngakak mendengarnya. Ya betul, bu, tapi itu kan kata ibu. Pemikiran kita berdua sih sama tapi kan pemikiran mereka beda.

It gave me a big laugh. Yep, you've got a point there but that's you. We actually thought the same but they thought differently

Andre dan papa saya pun heran. Kantor kamu emangnya rame banget ya? 

Andre and my dad were also puzzled. Is that one crowd office you've got there?

Enggak.

No.

Banyak tamu?

Are there many visitors?

Kagak.

Nope

Jadi kamu tidak boleh pergi karena nanti tidak ada yang nungguin kantor kosong dan sepi itu?

So you're not allowed to go because there would be no one to look after that empty and quiet office?

Betul.

Yep.

Andre mesem. Papa garuk-garuk kepala.

Andre grinned. Papa scratched his head.

Saya pun ngakak gegulingan.

I laughed it out loud.

Antik betul kantor kamu ya.. Andre geleng-geleng kepala.

One hell of an office you've got there.. Andre shook his head.

Takut tu kantor digondol kolong wewe kali, kata si papa.

Feared a boogey man would come and snatch that office, said papa.

Centeng kantor lu, ledek teman saya.

You're the office's bodyguard, teased my friend.

Haha.

*  *  *  *  *

Jadi mengacu pada reaksi 'mereka-mereka' sewaktu saya terpaksa tidak masuk kantor karena sakit dan bagaimana saya susah dapat ijin untuk ikut kegiatan outing kantor maka ketika yang lain sudah terkena euphoria jalan-jalan ke Lembang dan Bandung, saya cuek bebek aja.

So seeing 'their' reaction when I had to skip work because I was ill and how tricky it is to get a permission for me to join office outing it made me stayed cool while others had caught Lembang-Bandung traveling euphoria.

Kamu ikut, Ke?

Are you coming, Keke?

Tau..

Dunno..

Kira-kira seminggu sebelum hari H, seorang dari 'mereka' menanyakan pertanyaan yang sama.

About a week before D-day, one of 'them' asked me the same question.

Saya diijinin ga?.. saya malah balik bertanya. Tidak bernada memelas. Tidak bermaksud memaksa. Tidak memohon.

Am I excused to go?.. I asked back. No pitiful tone. Not insisting. Not pleading.

Nah, kalau berurusan dengan 'mereka-mereka', penggambarannya begini; entah perahu penyelamat yang mendatangi saya atau tiang gantungan yang menanti saya.

So, here's the picture when dealing with 'them'; either a rescue boat came to save me or a gallows waiting for me.

Ini bukan tentang benar atau salah, adil atau tidak. 

This is not about right or wrong, fair or unfair.

Karena benar, salah, adil atau tidak itu relatif. Saya bilang itu benar, kata 'mereka' itu salah. Yang adil buat 'mereka', adalah ketidakadilan buat saya. Begitu pula sebaliknya. Ya, relatif kan.. beda dalam pandangan dan pengertian tiap orang.

Because right, wrong, fair or unfair are relative. I say something is right, to 'them' it is wrong. What is fair to 'them' is unfair to me. Vice versa. So, it is relative.. it is different in everyone's perspective and understanding.

Tapi kali itu perahu penyelamatlah yang mendatangi saya. Pertimbangannya apa? Kok sekarang diijinin, dulu-dulu kagak? Bah, manalah saya tahu. Seperti saya tulis di atas, ini bukan mengenai perkara benar atau salah, adil atau tidak. Ini mengenai... ah, peduli amat. Saya diijinkan pergi. Titik. Nikmatilah itu. Syukurilah itu.

But that time it was the rescue boat that came to me. On what consideration? Why am I allowed to go now while in the past I was not allowed to go? Hell, I don't know. As I wrote above, it is not about right or wrong, fair or unfair. This is about.. ah, why do I care anyway? I was allowed to go. Period. Enjoy it. Be grateful for it.

*  *  *  *  *

Thursday, 27 July 2017

Ok, jam 4.30 pagi saya sudah sampai di kantor. Begitu pula Dewi, si mahasiswi yang lagi praktek di kantor saya. Berdua kami buru-buru masuk ke ruangan saya karena pagi itu angin di Bogor dingin banget... brrrrr...

Ok, I've got at the office at 4.30 am. So did Dewi, the apprentice student in my office. We rushedly went to my room because that morning the wind was freezing in Bogor... brrrrr...

Satu hal mengenai Indonesia adalah jamnya semua terbuat dari karet. 

One thing about Indonesia is the clocks are made from rubber.

Karena susah banget buat tepat waktu.

Because it is so hard to go ontime.

Katanye jam 5 pagi kita berangkat ye. 

It said we would leave at 5 am.

Hampir setengah enam sewaktu kita naik ke bis. 

It was almost five thirty when we got into the bus.

Ok, setengah jam telat. Yuk cabut sekarang!

Ok, half hour behind the schedule. Let's go now!

Tunggu! Ada satu orang lagi yang mau ikut..

Wait! There's someone wanted to come along..

Tunggu... tunggu... tunggu... 

Waiting... waiting... waiting...

Tik tok.. tik tok.. jam berdetak..

Tick tock.. tick tock.. the clock is ticking..

Sudah mau jam enam. Busyet! Mana sih orangnya? Jadi ikut apa kagak?

It was almost six am. Goodness! Where is she? Is she coming or not?

Ini sih naga-naganya bakal jalan jam enam dah. Bodo lah. Dari pada gue sutrisno.. eh, maksudnya stress, mendingan kite foto-foto aje dulu yuk. Maklum, kan eikke blogger. Penulis blog yang doyan motret. Ah elu mah, kucing buang hajat aja elu foto dan jadiin postingan di blog, begitu ledekan teman-teman saya. Hehe.


Man, it looks like we would leave at six. The hell with it. Better taking pictures than driving myself crazy with stress. Hey, I'm a blogger. I'm a blog writer who likes taking pictures. Girl, you even take picture of a cat pooping and write a blog post about it, my friends like to tease me. Haha.

Sambil juga perhatiin keadaan bis. Wih, keren juga ternyata. Ada cooler box yang posisinya persis di atas kepala saya. Ho-oh. Cucok. Gue bisa ngademin kepala di situ.


And surveying the bus. Man, it's kind a awesome. There's cooler box right above my head. Yep. Perfect. I could cool my head on it.

Sambil sarapan ah.. kan tadi di rumah sarapannya jam 4 pagi. Sekarang perut sudah mulai nabuh genderang.

Along with having breakfast.. I had it at 4 am. At 6 am my stomach was playing a drum in there.

Aih, roti saya ada namanya. So sweet. Foto dong foto. Hehe.


Well, my bread has my name tagged on it. How sweet. Quick, take photo of it. Lol.

Setelah gigitan pertama.. emm mak, perasaan kemaren aye pesen roti keju. Kok rasanya daging? Apa ini keju rasa daging?

After the first bite.. umm ma'am, I thought yesterday I ordered cheese bread. This one tastes meat. Is this meat flavor cheese?

Rekan saya ngakak. Sori Ke, semua roti daging.

My colleague bursted her laugh. Sorry Keke, it is all meat bread.

Wow, ini kejutan kedua. Yang pertama ada tambahan peserta. Trus ada roti keju berubah jadi roti daging.

Wow, this was the second surprise. The first one was an additional participant. Then we had cheese bread turned into meat bread.

Kayaknya bakal jadi seru nih jalan-jalan kali ini. Yihaa!

It seemed this would make one fun trip. Yeehaw!

*  *  *  *  *

Saya mau tamasya berkeliling-keliling kampung.. eh?

I want to go on an outing around the village.. um?

Jam enam lewat baru kita berangkat.


We left shortly after six. 

Ok Lembang, ini dia kita datang!

Ok Lembang, here we come!

Ah, centeng kantor yang biasanya terkurung dalam ruangan imut dan sepi ini bener-bener menikmati pemandangan sepanjang perjalanan.. rasanya plong banget! Melihat indahnya pemandangan jalan tol sudah bikin mata berkaca-kaca.. heits, lebay abis lu, Ke..


Ah, this office's bodyguard who usually stuck inside a tiny and quiet office really enjoyed the view.. felt so freshing! Seeing how beautiful the toll road is brought tears to my eyes.. wait! you're so exaggerating, Keke..


Haha.

*  *  *  *  *

Gila, ini musik apa musik??

Damn, what kind of music is this?? 

Perjalanan bahkan belum sampai seperempatnya sewaktu saya memandang Dewi tepat dimatanya, menghela napas dalam, mengatur kata-kata yang tepat karena rasanya ini berat sekali untuk diucapkan..

It wasn't even one fourth of the trip when I looked straight into Dewi's eyes, took a deep breath, thinking of right words to say because it was so hard to say it..

Wi, sori banget.. gue sudah kagak tahan, cyn. Gue sudah coba bertahan tapi ini soundsytem bis kagak pake kira-kira ngatur volume. Jantung gue sampe endut-endutan rasanya. Jadi gue sudah sampe di batas daya tahan kuping dan jantung. Gue harus move on. Gue mau pindah ke tempat duduk yang di belakang itu ya cyn.. 

Dewi, I'm so sorry.. I can't take it anymore, luv. I have tried to stay but this bus soundsytem blarring like crazy. My heart jumped. I have reached the point where the heart and ears can't take it anymore. I have to move on. I want to move to the back seat right there, luv..

Dan Dewi pun melepas kepergian saya dengan melambaikan saputangannya.. untuk kemudian dia pun tertidur pulas..

And Dewi waved her handkerchief when I left her.. few moments later she fell to sleep..

Saya menarik napas lega. Memasang earphone. Musik yang nyebelin dan soundsytem yang ga kira-kira itu ga terlalu berasa ngegeder jantung dan kuping. Ah, mana saya duduk persis di samping jendela pula. Sedap. Kamera, mana kamera?



I sighed a relief breath. Put on my earphone. The annoying music and that blarring soundsytem didn't feel hitting the heart and ear that awful. Ah and plus, I sat right to the window. Nice. Camera, where's the camera?

Haha.

*  *  *  *  *

Taman Begonia, Lembang

Begonia Park, Lembang

Setelah pantat nyaris berakar dan kaki hampir jadi kaki gajah saking lamanya itu perjalanan.. akhirnya sampai juga kami di tujuan pertama.

After I almost grew root on my butt and felt as if my feet have turned into elephant's feet because of the long drive.. we finally arrived at the first destination.

Hii.. angin dan udaranya lebih dingin dari Bogor.

Ooh.. the wind and weather are colder than Bogor.

Makan siang dulu? Soalnya semua peserta sudah pasang muka menderita akibat kelaparan dan kedinginan gitu..


Are we having lunch first? All the participants have put misery faces out of hunger and cold.

Eh kagak, fotoan dulu.

Nope, took photo first.

Doh, rasanya gue kalah heboh sama emak-emak itu.


Gee, those ladies were merrier than me.

Lah, lagi lapar, kedinginan dan kebelet pipis disuruh berpose. Noh, senyum gue yang paling garing deh.


For crying out loud, I was hungry, cold and needed to pee and I was told to pose. There, my smile told about the misery.

Makan siangnya jam 12 teng. Ibadah dulu. Kelar ibadah (dan habis pipis) kita muter-muterin taman dan foto-foto..

Lunch would be at noon. Had service before that. After the service (and after went to the toilet) we walked around the garden and took photos.

Kenapa dikasih nama Begonia? Dewi nanya. 

Why do they named it Begonia? Dewi asked.

Sesuai dengan nama bunga yang dominan ditanam di sini, jawab saya.


After the name of the flower they planted here, I answered her.

Iya tapi kok Bego-nia, Dewi nyengir sambil mengucapkan kata-kata itu perlahan-lahan.

Yes but why Bego-nia, Dewi grinned as she spoke it slowly.

Wkwkwk... saya ngakak karena baru ngerti. Bego dalam bahasa Indonesia artinya goblok, tolol banget. 

Lol.. I laughed loudly because I just got it. Bego in Indonesian means so stupid.

Itu Bego yang beda.. kata saya, ga munginlah bunga cantik-cantik begini dibilangin bego..

It's a different Bego.. I said, there's no way these beautiful flowers are called bego..

Saya yang bukan penggemar tanaman pun betah berada di sana.


Hey Snowhite, I met one of your dwarfs

Cinderella is coming to the ball, where's my prince? Andre! 
Even I who am not a great fan of plants enjoying myself being there.

Puas foto-foto, baru makan dan sesudah makan.. mager (malas gerak) akibat kekenyangan.. hehe.



After having a blast with photo session, off we returned to the hall to have lunch and after that.. didn't feel like going anywhere with full stomach.. haha.

*  *  *  *  *

Tahu Susu, Lembang

Milk Tofu, Lembang

Ah, tujuan berikutnya. Yuk kita beli tahu. 


Ah, next destination. Let's buy tofu.


Kayak apa sih tahu susu itu? Saya juga baru pertama kali ke tempat ini.


What is it like this milk tofu? Well, actually it was my first time visiting that place.

Rasanya gimana? Biasa aja. Lebih legit dikit. 


How does it taste? Nothing out of the ordinary. Just a little tasty.

*  *  *  *  *

Bandung

Dua tujuan terakhir kami berlokasi di Bandung. Mereka mendapat sisa waktu dan sisa tenaga. Sudah sore dan hujan pula. Kalau saya sih semangat dan mood sudah tidak segarang ketika berada di dua tempat tujuan pertama tapi emak-emak lainnya batereinya bener-bener pol.



Our last two destination are located in Bandung. They've got the last time and energy. It was afternoon already and it rained too. My excitement and mood were not as high as in the first two destination but the ladies really had none of it.





Beli oleh-oleh. Ngiler kan lihat kue-kue itu.. haha.

Buy some snacks. I bet you drool seeing those cakes.. haha.

*  *  *  *  *

Sudah hampir jam 8 malam waktu kami kembali ke Bogor. Saya rasa tampang-tampang kami sudah tidak seceria foto di bawah ini. 

photo courtesy to Mrs. Dwiyani
It was nearly 8 pm when we got back in Bogor. I think our faces didn't look as cheerful as the ones we had in the above picture.

Perjalanan yang panjang. Terima kasih Tuhan buat satu hari ini, semua selamat.

It was a long trip. Thank God for this day, everything was well.

Oiya, saya juduli perjalanan ini sebagai kerja sekaligus jalan-jalan karena selagi saya ikut dalam acara outing ini, saya juga berfungsi sebagai tukang potret dan mendokumentasikan acara-acara adalah bagian dari pekerjaan saya di kantor.

Oh by the way, I put this trip under the title business and pleasure because while participating in this outing I was also doing my work as a photographer and making docummentation is one of the things I do at work.

Play Hard 2 (Blogging)

Dalam defini saya playhard adalah suatu kegiatan menyenangkan yang sulit untuk bisa dilakukan sering-sering karena keterbatasan waktu dan tenaga sehingga ketika bisa dilakukan, kegiatan itu benar-benar dinikmati seakan waktu berhenti dan hari esok tidak akan pernah ada.

Playhard in my definition is a pleasant activity that can't be done often due to the limitance in time and energy so once I can do that, I do it passionately as if time stopped and there would be no tomorrow.

Jalan-jalan, tidur siang, blogging dan hangout adalah hal-hal tersebut.

Traveling, napping, blogging and hangout are those things.

*  *  *  *  *

Sebagai seorang yang punya tiga pekerjaan sulitlah bagi saya menemukan waktu luang dan bisa punya tenaga segudang untuk melakukan hal-hal di atas.

Having three jobs makes it hard for me to find spare time and to have lots of energy to do those things.

Jangankan untuk sering-sering jalan-jalan, bisa tidur siang tiap hari, blogging kapan aja saya mau atau nongkrong tiap akhir minggu, buat gunting kuku aja baru ingat kalau kebetulan lihat kuku sudah kayak kuku macan dan itu pun belum tentu bisa langsung dilakukan saat itu juga.

Let alone do traveling often, napping everyday, blogging anytime I want or hanging out every weekend, finding time to cut my nail can't be hard unless I happen to see them have grown like tiger claws.

Karena itu saya mau membagikan pengalaman saya dalam hal perbloggingan.

It is why I want to share my experince in blogging.

*  *  *  *  *

Tapi sebelum saya nulis panjang lebar soal blogging, saya mau bilang... "Selamat ulang tahun ya blog tersayang!" Muaachhh! 

But before I make a long writing about blogging, I want to say... "Happy birthday to you beloved blog!" Lots of kisses!


Sudah tujuh tahun, cyn! Aih! Ga berasa ya.

It's been seven years, luv! Man! Time sure flies.

*  *  *  *  *

Sejak kapan menulis?

When did I start writing?

Dari mulai bisa membaca dengan lancar. Sekitar umur 8 tahun.

Since I could read well. I was about 8 years old at that time.

Apa menulis bakat turunan dari keluarga?

Does writing run in the family?

Sama sekali tidak.

Nope.

Tapi orang tua saya suka membaca. Papa suka komik. Mama suka sastra.


Well, my parents like reading. Papa loves comic. Mama was into literature.

Rumah kami penuh dengan buku.

Our house fills with books.

Dan membaca membuat daya imaginasi saya jadi semakin kuat.

And reading sharpens my imagination.

Buku-buku yang saya baca bikin saya ingin menuliskan imaginasi yang ada di kepala saya.

Those books made me wanted to write all the imagination I had in my mind.

*  *  *  *  *

Lalu apa pernah menerbitkan buku? 

So have I published my own book?

Belum.

Not yet.

Ide untuk buku sudah ada, bahkan ada satu naskah yang sudah siap tapi saya belum ada feeling buat mengirimkannya ke penerbit.

The material is there, one manuscript has even ready to be send to publisher but I just haven't got the feeling yet.

*  *  *  *  *

Kenapa jadi blogger?

Why becoming a blogger?

Tidak sengaja.

I didn't plan it.

Saya tidak sengaja menemukan blog seorang artis India yang entah kenapa bikin saya jadi kepingin punya blog juga.

I happened to find an Indian artist's blog which somehow made me wanted to have my own blog too.

Sebelumnya saya memang sudah pernah coba-coba membuat blog dengan wordpress tapi susah untuk saya mengerti cara mendesainnya jadi saya diamkan saja blog itu.

I have tried to make a blog using wordpress but I couldn't understand how to design it so I kind of discarded it.

Nah, blog si artis India ini memakai blogger dan blogger bikin hampir semuanya lebih sederhana dan mudah untuk dimengerti.

Well, this Indian artist's blog is using blogger and this free blog hosting has everything simplier and easier to understand.

*  *  *  *  *

Setelah tujuh tahun jadi seorang blogger adakah yang mau disharingkan ke kalian?

After becoming a blogger for seven years, is there anything I'd like to share to you guys?

Ya, ada beberapa yang bisa disharingkan..

Yes, actually there are few things I can share to you..

*  *  *  *  *

Motivasi

Motives

Manusia itu digerakkan oleh motivasi.

Motives move people.

Motivasi seseorang untuk menjadi blogger menentukan isi dan kontinuitas blognya.

A person's motives to become a blogger determines his/her blog's content and continuity.

Seorang yang senang menulis tidak akan bisa berhenti menulis di blognya. 

A person who likes to write can't stop writing in his/her blog.

Ini beda dengan orang yang cuma iseng, coba-coba atau latah.

It is different with somebody who is not serious, just trying to be a blogger or a copycat.

Di sisi lain ada banyak yang menyebut dirinya blogger tapi sebetulnya mencari uang. Mereka ini menulis karena dibayar untuk mempromosikan produk tertentu atau mereka berjualan blog yang sudah didesain dengan rapi atau yang angka statistiknya sudah menunjukkan sekian ribu viewers.

In another side there are many called themselves blogger but they are money seeker. They write because they are paid to promote a product or they sell blog that alread neatly designed or has shown thousands of viewers in the statistic.

*  *  *  *  *

Tulisanmu adalah dirimu

Your writing is you

Kalau bentuk hidungmu dan hidungku saja sudah beda, pastilah isi kepalamu dan isi kepalaku beda.

If your nose is different with mine, we surely have different things in our head.

So, jangan jadi peniru dari tulisan penulis lain.

So, don't be a copycat writer. 

Kamu dan saya boleh saja sama-sama menulis misalnya tentang pizza tapi hasil tulisan masing-masing pasti beda dari sudut pandangnya, dari pengertiannya dan juga dari gaya menulisnya.

You and I may write about same topic say about pizza but our writing would be different from its point of view, understanding and writing style.

Boleh aja melirik kiri kanan tapi jangan berpikir karena menurut kita si A tulisannya lebih bagus, lebih menarik atau lebih sukses maka kita lalu menjiplak dari mulai idenya, karyanya sampai ke gayanya.

It is okay to make comparison but let's not turning us into an imitator of a writer because we think he/she makes nicer, more interesting or successfull writings and so we imitate his/her ideas, writings and style.

Jadilah dirimu sendiri. Tulisanmu adalah dirimu, identitasmu.

Just be yourself. Your writing is you, it is your identity.

*  *  *  *  *

Apakah menulis adalah passionmu?

Is writing your passion?

Saya beberapa kali menemukan pemberitahuan tentang pelatihan menulis di medsos.

I have several times seen information about writing class in social media.

Menulis itu tidak susah kata si penulis. Kalau pun susah bisa dipelajari kok. 

Writing is not difficult said the writer. Even if you found it difficult you can learn how to write.

Tapi segala sesuatu tanpa passion akan tetap terasa sulit dan membosankan.

However, without passion everything would feel difficult and boring.

Siapa saja bisa jadi penulis tapi kalau tanpa disertai dengan passion pasti tidak akan bisa bertahan lama.

Anyone can be a writer but without passion it won't last long.

*  *  *  *  *

Kontinuitas

Keep it going

Ini hal yang paling susah untuk dilakukan karena menulis bukan kayak menyapu lantai yang bisa dilakukan kapan saja dan tanpa berpikir.

It is the hardest thing to do because writing is not like sweeping the floor which can be done anytime and without thinking.

Menulis membutuhkan situasi yang tenang, tidak terburu-buru, tidak didesak dengan batas waktu, pikiran serta fisik dan emosi juga harus dalam keadaan baik.

Writing needs calm situation, not in hurry, not under pressure of dateline, the mind along with physical and emotion should be in good shape.

Dulu saya pernah berkomitmen untuk menghasilkan 14 postingan setiap bulan. Kemudian berkurang menjadi 10 postingan. Beberapa bulan terakhir ini saya malah hanya bisa menulis 4-5 postingan.


I used to commit myself to write 14 posts every month. Later it became 10 posts. In the past few months I could only write 4-5 posts.

Kesibukan bertambah. Badan capek. Waktu berkurang. Tidak kuat lagi saya melek sampai tengah malam buat nulis.

More things to do. Tired. Less time. I can no longer stay up until midnight to write.

Tapi lebih baik cuma 4-5 postingan tapi kontinu dari pada tidak ada sama sekali.

However it is better to keep making 4-5 posts than none at all.

*  *  *  *  *

Kenapa pilih jadi blogger?

Why choose to become a blogger?

Karena kalau kirim naskah ke majalah, koran atau penerbit si penulis harus nunggu lama sampai naskahnya dipublikasikan. Kenapa? Karena saingannya banyak. 

It takes a long time before a script is published in magazine, newspaper or by publisher. Why? Because there are many competitors.

Itu pun belum tentu juga diterbitkan. Kenapa? Karena kata kamu naskah kamu bagus, tapi kata penerbit atau redaktur naskah itu jelek. Padahal itu perkara selera. Yang dibilang jelek belum tentu jelek dan belum tentu juga kagak bakal laku. Tuh buktinya tulisan-tulisannya Stephen King dan Harry Potter-nya JK Rowling.

And there is no guarantee it would be published. Why? To you the script is good but not to the publisher. It is a matter of taste. The script that said is bad and wouldn't sell doesn't always turn that way. Just look at Stephen King's writings and JK Rowling's Harry Potter.

Enaknya jadi blogger adalah tidak usah nunggu lama dan tidak bakal ditolak. 

The good thing about being a blogger is no long waiting and no rejection.

*  *  *  *  *

Angka statistik berpengaruh?

Statistic number matters?

Ya, kalau angka statistik menentukan banyaknya uang yang akan diterima oleh si blogger.

Yes, it matters if it determines the amount of money that would be received by the blogger.

Tapi kalau si blogger murni penulis, dia menulis bukan untuk mengejar angka statistik. Beberapa blog bahkan tidak mencantumkan stat counter.

But if the blogger is blogging purely to satisfy his/her passion in writing, statistic number is not the goal. Few blogs don't even have stat counter.

*  *  *  *  *

Follow me

Bukan cuma sekali saya menemui blogger yang minta pembaca untuk memfollow blognya dengan imbalan dia akan memfollow blog dari si follower itu.

It has happened more than once when I saw a blogger who asked his/her readers to follow his/her blog and as a reward he/she would do the same to the follower's blog.

Kocak, pikir saya.

I think it's funny. 

Kalau isi blog kamu bagus, tulisan kamu enak buat dibaca.. ngapain sih repot mikirin follower. Kecuali kalau jumlah follower akan menghasilkan duit buat kamu dan memang itu tujuan utama kamu jadi blogger.

If you have good blog, your writing is fun to read.. why bother thinking about follower. Unless the number of follower would give you money and it is your main reason on becoming a blogger.

*  *  *  *  *

My blog, my style

Mencari gaya menulis yang pas itu tidak selalu mudah.

Finding writing style that fits is not always easy.

Saya sudah mencoba berbagai gaya sampai akhirnya ketemu gaya menulis yang sesuai dengan tipe kepribadian saya yang santai, nyeleneh dan apa adanya.

Diaries were my writing practice media without me knowing it

I have tried several styles before I found the one that fits with my easy going, a little weirdo and down to earth personality.

*  *  *  *  *

Respected blogger

Jaman sekarang blogger tidak hanya berfungsi sebagai penulis.

In this present day a blogger is not play a role as a writer.

Karena lewat tulisan-tulisannya dia bisa berfungsi juga sebagai informan.

Because through his/her writing a blogger can also play a role as an informant.

Contoh, setiap kali saya mau jalan-jalan saya googling dulu untuk cari informasi mengenai tempat yang akan saya kunjungi dan informasi yang tersedia paling banyak serta yang paling terpercaya adalah yang tertulis dalam blog.

For example, everytime I want to go traveling I first have to find information about the place I want to go to and many information came from bloggers.

Restoran, toko, rumah sakit, kantor, pasar dan tempat-tempat umum lainnya tidak akan menduga kalau dari sekian banyak pengunjung, tamu atau karyawan ada blogger yang tidak hanya berkunjung atau bekerja di sana tapi juga bisa menulis tentang hal-hal yang ditemuinya di tempat itu.

Restaurants, shops, hospitals, offices, markets and other public places wouldn't have guessed that there would be bloggers among of the many visitors, guests or employees who are not just visiting or working in there but they would also write about the things they see there.

Blogger-blogger ini tidak kelihatan seperti wartawan. Mereka tampil seperti orang kebanyakan tapi mata serta nalurinya bisa sama tajam atau bahkan melebihi wartawan.

These bloggers may not look like journalist. They may look like any other people you meet in any place but they have same or even more eagle eyes and sharp instinct than a journalist's.

*  *  *  *  *

I did it my way

Ini juga satu hal yang saya sukai sebagai blogger; saya penulisnya merangkap jadi web designer dan editornya.

This one of the things I like as a blogger; I am the writer as well as act as web designer and also the editor.

Biar pun prosesnya sungsang sumbel antara nyari waktu buat nulis, lengkapin foto sampe kagak ngerti bikin dan ngatur desain tapi saya sukaaaa.. karena menantang, menarik dan pas sama passion saya juga.


Though it took one hell of a process from finding the time to write until getting headache when I completely didn't understand how to make a design but I loveeee it.. because it's challenging, exciting and fit my passion as well.

Tidak semua orang bisa melakukan tiga tugas tersebut. Terutama mendesain blog sampai harus minta orang lain yang melakukannya atau buat yang punya duit banyak ya beli blog yang sudah siap pakai (psst.., kalau bisa malah beli blog yang angka statistiknya sudah mencapai ribuan, belasan atau puluhan ribu viewers).

Not everyone can do those tasks. Especially designing the blog that makes the blogger ask for someone else to do the job or for those who have plenty of bucks, well, they just buy ready to use blog (psst.., even buy a blog which stat counter has shown thousands viewers).

*  *  *  *  *

Promote your blog

Kalau sudah cukup pede buat bikin blog, tantangan berikutnya adalah beritahukan seluruh dunia tentang eksistensi blog itu.

Now after have the guts to create a blog, next challenge is tell the whole world about its existence.

Ya, iya dong. Masa sudah nulis capek-capek, sudah termabok-mabok ngedesain itu blog tapi kagak ada yang baca.. Hehe..

For crying out loud, after struggling on writing its content, having dizzy over designing it and yet nobody reads it.. Haha..

Promosikan blog kamu.  

Promote your blog.

Kalau ragu dan malu buat pamerin blog kamu, gimana kamu bisa tahu tulisan dan isi blog kamu itu bagus atau tidak.

How would you know if your writing is good or not if you are hesitant and shy to show off your blog.

Promosiin kemana?

Where to promote it?

Bisa ke Facebook atau di blogger grup yang bisa dicari di search engine nya Facebook.

You can promote it to facebook or bloggers group which you can use Facebook's search engine.

Saya sendiri menjadi anggota dari 14 grup blogger di Facebook. 3 diantaranya grup dari luar negeri. 

I myself become a member of 14 blogger groups in Facebook. 3 of them are from abroad. 

Cuma sayangnya tidak semua grup itu punya logo yang disediakan khusus buat para anggota untuk dipajang di blog masing-masing supaya pembaca tahu kalau si blogger itu anggota dari grup blogger mana saja. Padahal logo itu bisa jadi kebanggaan buat si blogger sekaligus sebagai identitas untuk memberitahukan bahwa dia blogger yang bisa dipercaya dan begitu pula dengan isi blognya.

Unfortunately not all of those blogger groups have group logo for their members to be put on their blogs so the readers can know which blogger groups is joined by the blogger. The logo itself is a pride for the blogger and it can also be the blogger's identity, stating that he/she is a reliable blogger and so does his/her blog's content.

*  *  *  *  *

Blog keliling dunia

Blog tours the world

Tanpa visa, passport dan tiket pesawat namun blog bisa berkeliling dunia dalam hitungan detik. Hebat kan..

Without visa, passport nor plane ticket a blog can tour the world. Awesome..

Bayangkan tulisan, foto, puisi, gambar atau apa pun yang kita taruh di blog dibaca oleh orang yang tinggalnya dibelahan bumi yang berbeda dari kita.

Imagine whatever writing, photo, poem, picture or other stuff we put on a blog can be read by anyone who lives in another part of the world.

Luar biasa.

Amazing.

Jadi buatlah postingan sebaik dan sebagus mungkin. 

So make the best and nicest post.

Karena itu merupakan suatu kebanggaan mengetahui ada banyak orang akan melihat dan mengaguminya.

That is why it is such a pride knowing it is seen and admired by many people. 

*  *  *  *  *

Blog dwi bahasa

Bilingual blog

Jadi itu blog jalan-jalan sampe keluar negeri kan.. nah, ga ada salahnya bikin deh dwi bahasa kayak blog saya ini. Bahasa Indonesianya ada, bahasa Inggrisnya juga ada.


www.123rf.com

A blog tours the world, right?.. so makes it into bilingual blog like mine. Written in Indonesian and English.

Coba dipikir, isi blog sudah bagus, artikelnya menarik tapi orang dari luar negeri ga ada yang mau baca cuma gara-gara kagak ngerti bahasanya. Rugi dong.

Just think this, the content is good, the article is interesting but people from abroad don't want to read it just because they don't understand the language. What a loss.

Tapi bahasa Inggris saya ga bagus..

But my English is not good..

Maka mulailah belajar. Bikin tulisan sederhana supaya tidak susah menerjemahkannya.

So start learning it. Make simple writing so it won't give you headache to translate it.

*  *  *  *  *

Hai pembaca

Hey reader

Selain teman, murid, pacar, rekan kerja, keluarga.. saya tidak tahu siapa lagi yang sudah atau sedang membaca blog ini.

Beside friends, students, boyfriend, colleagues, family.. I have no idea who else have or are reading this blog.

Soalnya stat counter tidak menunjukkan identitas para pembaca ini.

The thing is stat counter doesn't show identity of these readers.

Selama tujuh tahun ini banyak yang setia membaca, ada yang cuma sesekali, beberapa komen, yang lain diam..

In these seven years there are many loyal readers, few are just dropping by, some make comments, others just silent readers..

Sebetulnya saya lebih suka kalau setiap pembaca bisa taruh komen supaya saya tahu materi yang saya tulis itu bagus atau tidak, menarik atau ngebosenin, berguna atau tidak berguna..

I'd prefer all of this blog readers could post their comments so I can know if I wrote good or bad material, interesting or boring, useful or unuseful..

Terlepas dari semua itu, terima kasih sudah mampir dan membaca blog ini ya. 

Apart from that, thank you for dropping by and read this blog.

Ssst.. satu hal lagi, menjawab komen pembaca adalah cara seorang blogger mengucapkan terima kasih dan menghargai mereka.

Ssst.. one more thing, replying reader's commet is a blogger's way to thank and appreciate the readers.

*  *  *  *  *

Blog abadi

Blog is eternal

Foto bercerita tentang suatu peristiwa, suatu kenangan.. tapi blog melakukan lebih banyak dari itu.

Photo tells about a moment, a memory.. but blog does more than that.

Foto tidak akan berguna banyak kalau orang yang dalam foto itu sudah meninggal karena dia tidak akan bisa lagi menceritakan secara rinci mengenai foto tersebut.

Photo won't do much if the person in that photo has deceased because he/she can no longer tell the detail about that photo.

Beda dengan blog. Biar pun bloggernya sudah mati, cerita apa saja yang dia tulis diblognya akan tetap menceritakan semua hal yang dia ketahui tentang suatu peristiwa atau suatu tempat.

It's different with blog. Eventhough the blogger has long deceased but whatever story he/she wrote in his/her blog record all the things that person knew about a moment or a place.

Foto yang hilang, rusak atau terbakar akan musnah tapi blog tidak.

Lost, ruined or burnt photo will be vanished but it's not the same for blog.

Itu satu alasan kenapa saya menjadi blogger; supaya pemikiran, kenangan dan cerita dari segudang pengalaman serta kehidupan saya terekam dalam bentuk tulisan di blog. Supaya mereka abadi.

It is one reason why I become a blogger; to record my thoughts, memories and stories in form of writing in blog. To make them eternal.