Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Monday, April 4, 2011

Belajar apa ya? / What’ll we learn today?

Siap gerak! Saya memberi aba-aba. Mengajari anak-anak ini berbaris terhitung hal yang gampang-gampang susah. Untuk bisa berdiri tegak adalah suatu tantangan untuk anak kecil. Apalagi untuk bisa menjaga supaya bisa berada dalam barisan tanpa miring-miring. Jadi kalau mereka bisa melakukannya dengan benar & baik maka senangnya bukan main deh. Hehe.

Ok. Baris / Line up!
Lihat ke depan dong / Look straight up
 “Bu Keke bertanduk tuh” emak-emak itu akan menggoda saya setiap kali mereka mendengar suara saya mulai naik 1-2 oktaf.

“Ayo, coba gantian sama saya kalau gitu” saya sering balas menggoda karena mengetahui dengan pasti ada banyak orang tua yang kewalahan menghadapi 1-2 anak. Itu anak sendiri. Lha, saya di kelas menghadapi 16 orang anak yang semuanya bukan anak yang keluar dari perut saya. Jadi jangan heran kalau kadang-kadang saya sampai harus menaikkan suara sampai 2 oktaf.

Wah lega juga hari ini (Selasa, 29/3) jadwalnya pelajaran menggambar. Tapi selama kira-kira 40-45 menit saya harus mengisinya dengan kegiatan.

Dulu saya sempat gugup mikir tugas menyusun materi pelajaran jatuh sepenuhnya ke pundak saya setelah Evelyn berhenti awal bulan ini. Indikatornya memang ada tapi yang jadi tantangan adalah menyesuaikan indikator tsb dengan kegiatan yang harus saya buat sendiri / menyesuaikannya dengan yang ada di buku paket.

Misalnya minggu ini tema pelajaran masih mengenai alat komunikasi. Di indikator bagian motorik halus ada tercantum ‘meremas kertas koran’. Nah, saya harus putar otak mencari kegiatan yang tepat yang sesuai dengan indikator itu. Jadi yang saya pilih adalah bermain membuat bentuk hp dari remasan kertas koran itu lalu mulailah kami bermain sambil tetap terselip unsur pelajaran dari mulai bagaimana cara mempergunakan alat komunikasi itu sampai bagaimana berbicara yang baik & sopan saat sedang menelpon.
Meremas kertas koran & membentuk jadi hp / Making cellphone from newspaper
 Gampang-gampang susah tapi lama kelamaan saya menyukainya. Setiap sore saya mengurung diri di kamar tidur saya & mulai memperhatikan lembar-lembar indikator sambil berpikir mana yang saya akan ambil untuk hari esok sambil tentunya memikirkan kegiatan apa yang bisa pas dengan indikator itu. Yah, orang bilang bisa itu karena terbiasa.

Balok kayu yang pura-puranya jadi hp / Wooden blocks used as cellphones
Halo, ini Echa. Ini Fanky ya? Anak-anak bermain telpon-telponan memakai balok kayu yang pura-puranya menjadi hp / Hello, this is Echa. Is this Stevanky? The kids played making phonecalls to their friend using wooden blocks
 Sebelum kegiatan meremas kertas koran ini saya sudah menerangkan tentang kegunaan & cara memakai telpon. Tapi alat peraga yang saya pakai adalah 2 buah balok kayu. Bahkan saya sempat mengadakan semacam permainan telpon-telponan. Dua orang anak maju ke depan kelas lalu berpura-pura saling menelpon. Ada yang bisa mengarang kalimat percakapannya sendiri tapi kebanyakan sih menunggu ibu guru yang jadi naratornya sementara mereka tinggal membeo. Menirukan kata-kata saya.

Jam pelajaran menggambar memberi saya sedikit kesempatan untuk bersantai & tentunya kembali memotret mereka. 
Guru gambar memberi contoh / Our drawing teacher
Mewarnainya yang bagus ya / Color the drawing neatly, ok
__________________________________________________________________

“Listen up. Stand up & make a line” I gave the instruction to the kids. It’s quite challenging for a kid to stand in line in order. So I’m happy when they finally able to do it correctly.

“Wow, miss Keke’s in serious business” teased some of the moms whenever they hear my voice in high pitch.

“Let’s take turn with me then” I teased them back knowing it too well that they’d overwhelmed handling 1-2 kids of their own while in class I’ve got 16 kids to deal with & they’re not my biological kids of mine. So don’t be that surprised to find me intense sometimes when I am in class.

Glad today’s (Tuesday, March 29th) drawing class but before we have it there are 40-45 minutes that I have to fill in with activities. It’s used to confuse & a little intimidate me to set up class activities & teaching materials that are synchronized with the teaching theme & indicators. It used to be Evelyn’s job but she resigned early this month so it becomes my job now.

Every evening I lock myself in my room as I try to figure it out what shall I teach in class the next day as well as finding the activities that fits with teaching theme & indicators. It is actually fun & I kind a like it. You can do it because you’re used with it, as they say it.

Today’s theme is still about communication tools. There’s an indicator of squeezing newspaper. So I’ve to find the activity that fitted with it. I chose to make it formed as cellphone & they could play as if they were making phone calls with it. Before that I’ve instruction another similar game using wooden blocks. Some kids able to come up with their own conversation but most of them waited for me to help them made up the conversation. Well, yeah, kids …

No comments:

Post a Comment