Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Thursday, April 14, 2011

Capeee deh! / So Damn Tired

Begini nasib kerja ditempat yang irit karyawan. Kelas ada tiga. Guru pas ada tiga. Bagian kebersihan juga pas cuma seekor.

Akibatnya kalau ada yang tidak masuk, hm, yang lain harus jungkir balik kerja bakti nanganin kerjaan dobel-dobel.

Adiknya teteh kemarin menikah dirumah istrinya. Jadi kemarin teteh datang ke sekolah cuma sampai jam 07.00. Pulangnya kami masing-masing jadi ketiban tugas harus menyapu dan mengepel kelas sendiri. Lalu juga membersihkan baskom tempat cuci tangan & membuang sampah.

Betul-betul cape bangets dah hari ini. Pagi jam 07.00 waktu saya sampai kepsek sedang mengepel.

Ini satu hal yang susah untuk bisa masuk ke akal sehat saya karena toh kemarin siang kelas-kelas sudah di pel & sesudahnya tidak ada lagi kegiatan di sekolah. Tidak ada tamu yang datang. Jadi lantai masih bersih dong. Lha, ngapain harus di pel lagi? Apa dikata kita-kita ini orang-orang yang kebanyakan waktu dan tenaga?!

Alhasil sementara pagi ini hujan lebat turun di luar, di badan saya pun turun hujan lebat yaitu hujan keringat. Luntur deh itu bedak. Percuma aja dandan cantik-cantik dari rumah. Hehe.

Sudah begitu hari ini (Sabtu, 9/4) pas giliran saya bercerita pada waktu ibadah. Selesai ibadah syukurlah saya bisa duduk sebentar di karpet bersama anak-anak saat kami bermain lempar tangkap bola dari kertas Koran & bernyanyi. Kemudian anak-anak saya beri tugas menulis 3 kata yang akhiran suku kata yang sama (rung) di buku kotak.




Kelvin kembali selesai paling akhir. Aduh mak! Padahal saya mau melipat karpet karena guru gambar akan mengajar di kelas TK A. bukan jadwalnya sih tapi karena hari Selasa doi tidak datang jadi di ganti ke hari ini.

So begitu selesai menulis tiga kata yang ada dipapan tulis (burung, kurung, lurung) anak-anak saya ‘usir’ keluar kelas supaya saya bisa melipat 2 karpet berat-berat ini tanpa gangguan. Eh, itu si Kelvin malah berbengang-bengong.

Begitu saya lihat bukunya .. ampun, tulisannya serba terbalik-balik. Sepertinya mata dan otaknya memproyeksikan tulisan di papan tulis dalam bentuk terbalik. Bahkan dia menulis tidak mulai dari sisi kiri tapi dari kanan. Lha, memang di kata tulisan Arab?

Aduh bener-bener deh. 16 anak dengan 16 macam pembawaan. Tidak heran kan dalam waktu sebulan sejak Evelyn tidak lagi mendampingi saya di kelas, bobot saya turun. Lucunya kalau bukan karena Evelyn yang mengatakannya, saya mungkin tidak akan menyadarinya. Berhubung sebulan kami tidak bertemu maka Evelyn cepat melihat perubahan dalam fisik saya.

Syukurlah hari ini karena ada guru gambar saya bisa sedikit mengaso di kelas. Hehe. Gantian ya, pak.





Pulangnya ...

“Bu Keke jadi pembantu” kata Calvin anak TB saat melihat saya sedang menyapu di dalam kelas setelah anak-anak pulang “Teteh tidak masuk ya, bu”.

Heh, pret! Sudah tahu kok masih nanya. Pakai ngeledek lagi. Minta disambit pake sapu ya?Hehe.

Begitu kerjaan selesai suasana hening. Masing-masing duduk manis di kelasnya. Rupanya karena terlalu capek sampai selama kira-kira 45 menit kami sibuk dengan urusan masing-masing tanpa mengeluarkan suara. Hehe.

Di dalam kelas agak ogah-ogahan saya membuka bekal makan siang yang setiap hari saya bawa dari rumah. Selera makan saya belakangan ini memang agak menurun. Biasa begini setiap kali saya kecapekan atau sedang berbeban dalam hati. Tapi yang jelas setiap kali pulang dari sekolah setiap kali itu pula saya merasa pikiran jadi sedikit ringan. Mampir dulu deh di warnet.

Dua jam online tapi tidak bisa tuntas memasukkan semua draft blog dan mengunduh foto. Aih, masih setengah jalan juga. Sudah ah, pulang. Capek. Mendung pula.
__________________________________________________________________

This is what it like to work in a place with minimum number of workers. 3 class. 3 teachers. 1 janitor. The problem comes when one of us have to take a day off. The others would then have to juggle of doing double work.

School’s cleaning lady’s brother got married yesterday so she has been taking a day off since yesterday. She did come yesterday but left at 07.00 am. Today we had to do all the sweeping and mopping our own classroom, cleaning the basin used by the kids to wash their hands before having snack time and empty the garbage.

Really an exhausting day. I’ve got in school at 07.00 am to find headmaster mopped the classrooms’ floor.

This is one thing that don’t make sense to me because we’ve done it yesterday and school has no more activity after we left, no visitor either so the floors are still very much clean. Why do we’ve to clean it again as if we’re a bunch of people with lots of energy and time?!

So while it was raining outside, it was also raining of sweat. There goes my make-up.

And it happened that today (Saturday April 9th) is my turn to tell a biblical story in our service. Geez. I therefore glad when I finally could sit after it was all over. We sat on the carpet, playing throw & catch the ball made from newspaper sheets. We still sat there as we sang some children songs. After that I asked them to write down 3 words that I wrote on the whiteboard.

Once they’ve done with it I ‘kicked’ them out of the room so I could fold the 2 heavy carpets. But gosh, Kelvin was still there. Once again being the last one to finish the task. It surprised me even more when I saw him wrote everything upside down as if I read something reflected by the mirror. & he wrote from the right side. We don’t write in Arabic, Kelvin, so we write from left to write.

16 kids. 16 ‘colors’. No wonder Evelyn was surprised to see me shrinking when we met at her house 3 days ago. We haven’t met for a month so she notice the difference in my physical appearance while I myself didn’t. I wouldn’t notice it either if it wasn’t because of her comment on it. Lol.

“Miss Keke being the janitor” said Calvin, a B class kid, when he saw me sweeping my classroom floor after school “The cleaning lady was off, does she?”

Why then you ask? I grumbled quietly. And teased me too. Would you like me throw this broom to your head? Lol!

Things were so quiet once all work was done as each of us sat in our own classroom. Busy with our own business. No one talked. It was completely quiet for about 45 minutes. Lol.

Hesitantly I opened my lunch box that I bring to school every day. I’ve been loosing appetite lately. It usually happens when I get too tired or have a troubled mind.

But one thing for sure is I feel light every time I leave school. Such as today. Stop by at my favourite internet café.

Still unable to post all of my blog draft & download the photos despite the fact that I’ve gone online for two hours. Better go home. So damn tired. It’s cloudy too.

1 comment:

  1. bu boleh tau buku apa saja(judul + penerbit) yang ibu pakai saat ibu mengajar di tk A dan tk B? terima kasih

    ReplyDelete