Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Friday, April 29, 2011

Hidup adalah sebuah perjalanan / Life is a journey

Kalau mengikuti catatan-catatan saya di blog ini akan terlihat bagaimana berwarna-warninya hidup seseorang. Berganti-ganti kisah lucu, sedih, menjengkelkan & membahagiakan. Setiap catatan berhias antara curahan hati yang gembira & keluhan. Hehe.

Saya tidak tahu kesan apa yang anda dapatkan tentang diri saya setelah membaca atau setia mengikuti blog ini. Saya cuma menulis apa yang ada dalam pikiran & perasaan saya serta tentang pengalaman saya setiap harinya menjalani kehidupan pekerjaan di sekolah.

Hari Selasa ini (26/4) syukur sejuta syukur teteh sudah masuk. Saya bukan ingin merutuki tempat di mana saya bekerja & belajar selama 6 tahun ini tapi di sini benar-benar saya merasakan seperti apa bekerja di tempat yang serba terbatas dalam segala hal. Sebut saja mulai dari dana, tenaga kerja, fasilitas & prasarana.

Tahun 1997-98 saya pernah bekerja di perusahaan asing yang jumlah karyawannya hanya 3 orang yaitu atasan saya, saya & supir. Jadi dalam keseharian di kantor saya menjalani tugas TKS juga (Tenaga Kerja Serabutan) tapi itu tidak pernah sampai mengharuskan saya menyapu & mengepel lantai 2 kali sehari karena saya memegang kas kantor yang membuat saya tidak ragu mengambil dana secukupnya untuk mengupahi / memberi tip pada orang untuk mengerjakan sesuatu yang saya rasa tidak sanggup untuk saya kerjakan. Selain itu kantor kami terletak di gedung bertingkat di pusat kota Jakarta. Sewa ruangan sudah termasuk pada pelayanan pembersihan kantor oleh pihak kebersihan & perawatan gedung.

Kalaupun saya melakukan juga beberapa tugas pembersihan maka hal itu tidak terasa terlalu menekan karena jumlah upah yang saya terima masuk hitungan jutaan.

Tapi di sini… haduh, mak! Sudah pekerjaannya berat, tanggung jawabnya besar, upahnya minim, wah… pokoknya betul-betul harus tahan banting & siap mental kalau mau memilih bekerja sebagai guru. Kalau tidak punya panggilan hati, jiwa idealis & ingin mengabdi, saya sarankan sebaiknya jangan coba-coba menjadi guru. Anda bisa tersiksa lahir & batin nantinya. Anda toh tidak mau memperpendek umur karena banyak stress kan? Hehe.

Saya sendiri tidak mengatakan bahwa sekolah ini adalah pelabuhan saya yang terakhir. Oh, tidak. Ini hanya tempat persinggahan sementara. Tempat di mana saya belajar, di didik, di tempa & di bentuk tidak hanya sebagai guru tapi juga dalam karakter, mentalitas & rohani. Tempat ini mempersiapkan saya untuk mengarungi samudera kehidupan yang lebih luas & dalam.

Hari ini kondisi fisik & jiwa saya sudah lebih baik. Istirahat & doa adalah obat yang sampai saat ini selalu terbukti manjur untuk diri saya.

Lagi-lagi saya bersyukur hari ini tidak terjadi hal-hal yang meresahkan pikiran & hati saya. Anak-anak tidak menyulitkan. Tugas-tugas berjalan dengan cukup lancar. Puji syukur pada Tuhan karenanya.

Jadi sekalipun guru gambar kami kembali absen hari ini tapi hal itu tidak merisaukan hati saya. Beliau meninggalkan gambar untuk anak-anak warnai & saya pun sudah membekali diri dengan kegiatan cadangan seandainya pak guru tidak bisa mengajar. Hm, sepertinya memang harus selalu siap dengan kegiatan cadangan karena pak guru kita yang satu ini sepertinya agak terlalu sering absen akhir-akhir ini.
Syukur lagi kepsek & wali kelas TK B pergi menghadiri open house dari taman bunga / taman apalah, saya juga kurang jelas. Lokasinya ada di dekat Gadog, Puncak. Jadi mereka berangkat sekitar jam 10.40. Bagus. Hehe. Dalam kesunyian sekolah saya bisa lebih berkonsentrasi mengisi absensi anak-anak, menulisi catatan di buku bahasa Inggris anak TK B & menulisi soal di buku anak les TK B yang masuk dalam rombongan saya. 

Sebetulnya pekerjaan belum selesai semuanya tapi mumpung kucingnya tidak ada maka saya bisa pulang lebih awal. Lumayanlah. Saya bisa mampir di warnet untuk mengejar ketinggalan saya memasukkan jurnal ke blog ini, mengunduh foto di akun Facebook saya & mengecek email.

Nah, begitulah catatan perjalanan kehidupan saya pada hari ini. Bagaimana dengan perjalanan hidup anda pada hari ini?

Adakah anda membuat catatan harian? Tidak merugikan untuk membuat catatan harian karena setelah lewat sekian waktu, anda bisa membacanya lagi & melihat hal-hal apa saja yang terjadi di masa lalu, seperti apa keadaan anda pada waktu itu & bagaimana Tuhan melakukan banyak hal baik pada diri anda / keluarga anda.

Catatan harian akan menjadi semacam prasasti pribadi dari perjalanan hidup seseorang.
_________________________________________________________________

If you follow my blog you can see how colorful a person’s life is. There are funny stories, sad stories & upsetting stories. Each journal has been painted with expression of light heart & burdened heart.

I don’t know what impression you’ve got on me after you read the journals in this blog. What I know is I am just writing what I’ve on mind, what I feel & what I experience at work.

Well anyway, so glad school’s cleaning lady is in today (Tuesday, April 26th). I don’t mean to cuss on the place where I’ve work for 6 years but this is the first time I’ve ever work in a place that has so many limitation. You name it. Fund, human resources, facilities & infrastructure.

In between 1997-98 I worked in a multinational company that had only 3 employees; me, my boss & the driver. So I did the whole office work, not just the paper work. However,  I’ve never had to sweep & mop the floor twice a day because I kept office funds that enabled me to pay or tip somebody to do the work I knew I couldn’t do. Beside that the office was in a building on the prestige central business in central Jakarta. The rent was include cleaning service by building’s management.

Even if I did some cleaning work it didn't become a matter as my salary was paid in millions of Rupiah at that time.

But here, in this kindergarten.. oh, man! The work is hard, the responsibility is big & the wage is minimum. You’ve got to be tough & mentally prepared if you want to work as teacher. If you don’t have the call, idealism & want to serve the community I suggest don’t even try to take teaching as a job. You’d get torchure physically & mentally. What’s the point to make you live short because of having lots of stress? Lol.

I am doing a whole lot better mentally & physically today. Get enough rest & prayer are my best cure.

& thank God I’ve got no additional burden. Things went smooth. They kids didn’t give me any hard time. The absence of our drawing teacher didn’t even bother me. I’ve prepared back up stuff as class activity in case he doesn’t come, well, I guess I should always keep one because he’s been absent quite often lately, & he left drawing for the kids to color.  

I’m glad that headmaster & B class teacher left school at around 10.40 am to attend an open house of this botanical park. I could concentrate doing my work in the nice tranquility.

& I also could leave school early. I needed to go online as I am a bit behind on making blog entry, downloading photos to my facebook & checking emails.

So this is my journal today. What about your day today? Do you keep your own journal? You’ve got nothing to lose to keep a journal / diary because after some time you can read it & see the things that have happened in the past, how you were when you went through phases of life & how God was there with you.

Diary / journal is sort of a personal inscription of one’s life journey.

No comments:

Post a Comment