Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Tuesday, April 5, 2011

Ngantuk / Sleepy

Sedihnya tidak punya rekan guru di kelas adalah keharusan untuk tetap hadir di sekolah dalam sikon apa pun. Tidak fit, mengantuk bahkan sakit tidak bisa dijadikan alasan untuk bolos kerja. Syukur pada Tuhan yang membuat badan saya jauh lebih tahan banting. Anehnya justru setelah umur bertambah tua. Orang lain sehat & kuat saat mereka masih muda. Saya kebalikannya. Hehe.

Keteteran betul saya sejak Evelyn berhenti awal bulan Maret karena kandungannya makin mendekati saat untuk melahirkan.

Keteteran karena biasanya kami berbagi tugas. Evelyn bisa dikatakan mengambil alih hampir seluruh pekerjaan mengajar sehingga memberi keleluasaan bagi saya untuk melakukan pekerjaan sebagai tenaga administrasi, pengajar bahasa Inggris (terutama di kelas TK B) & pengajar les calistung anak TK B untuk ke 5 anak dalam rombongan saya.

Nah, sejak dia berhenti maka saya harus melakukan semuanya sendiri. Kalau sebelumnya saya sudah sampai di sekolah dari jam 7.15 maka setelah dia berhenti kerja saya tiba di sekolah jam 7. Ini memberi waktu 1 jam pada saya untuk dapat mengambil buku paket yang akan dipergunakan hari tsb, menulis soal untuk les calistung anak TK B / soal / catatan bahasa Inggris anak TK B. Bahkan kadang mengisi daftar absensi anak TK A hari sebelumnya pun saya lakukan pada pagi hari itu karena tidak sempat melakukannya hari sebelumnya.

Ini saja saya sudah terlambat membagikan hasil test bahasa Inggris anak TK B. Masalahnya saya tidak bisa menemukan waktu lowong untuk meninggalkan kelas TK A & pergi ke kelas TK B untuk membagikan kertas-kertas test itu kepada mereka. Aih, maaf ya anak-anak. Bu Keke sibuk banget sekarang.

Jadi kalau yang urusan sekolah saja saya keteteran begitu, ya tidak heran bila tanggal segini saya baru membuat catatan blog untuk hari Kamis (31/3). Hih, telat banget inputnya. Banyak  tantangan & godaan yang jadi penghalang untuk membuat saya bisa membuat draft blog di rumah. Kelelahan membuat saya mati ide & kehilangan selera untuk duduk manis & mulai mendraft materi untuk blog. Jeleknya adalah sekali sudah on, saya bisa bekerja kadang sampai lewat tengah malam. Sebagai akibatnya tentu saja keesokan harinya saya mengantuk & kalau ini di tambah dengan kelelahan setelah beraktivitas seharian tentu saja malamnya saya malas untuk mendraft materi blog / naskah buku.

Di kelas ngapain aja kita hari ini? Begitu masuk kelas, saya mendapati pemandangan langka. Justin & Dea berpelukan erat demikian manisnya. Wah, harus diabadikan nih karena 2 anak ini biasanya bagai kucing & anjing. Justin jahil & Dea tipe senar tipis. Yang ada adalah bukan damai di bumi kalau sudah begitu.

Justin & Dea. Big hug. Peace! / Berpelukan
Menyusul main memanjat, bergelantung & berayun. Tidak ada foto karena tidak memungkinkan untuk memotret berhubung saya sibuk memberi petunjuk, mengawasi & berjaga-jaga kalau-kalau ada yang hilang keseimbangan saat melakukan kegiatan ini.

Kembali ke dalam kelas, kami bermain drama sederhana tentang 3 anak yang tiba di sekolah, masuk ke kelas & menyalami guru. Saya tidak menduga anak-anak menyukainya. Mungkin seru karena yang berperan sebagai guru adalah teman mereka juga.

The kids played a simulation of enter the classroom & greet the teacher / Bermain drama masuk kelas & memberi salam pada guru
“Bu, main ular naga ya” dari kemarin Nico sudah meminta saya untuk melakukan permainan ini. Ok. Ada waktu beberapa menit. Mereka gembira sekali. Tapi masa badan ularnya putus sih. Akhirnya saya terpaksa harus menghentikan permainan yang berkembang menjadi tidak terkendali & sedikit liar karena menjadi ajang dorong mendorong.

Played catch the dragon / Main ular naga
Catch me or just catch my tail, said the dragon / Tangkap ekornya saja deh
Kegiatan inti adalah menggambar orang dari 2 garis lengkung.
Draw a girl / a boy from circle / Menggambar orang dari garis lengkung
Lalu menebalkan & menghubungkan garis pada huruf di tulisan ‘polisi’ & mewarnai gambar pak polisi itu.

Write the words 'Police' & color it / Menebalkan tulisan Polisi & mewarnai gambarnya
Yang terakhir adalah menggunting & menempel gambar kacamata di kotak yang menghubungkan ke mata; gambar earphone di kotak yang menghubungkan ke telinga & bando di kotak yang menghubungkan ke rambut. Mudah? Ternyata masih ada yang tidak bisa melihat garis yang menghubungkan kotak dengan mata, telinga & rambut sehingga terbalik-baliklah menempel gambarnya.
Place drawing on the right box / Menggunting & menempel 3 gambar pd kotak yg tepat

Aduh, jam 11 s/d 12 mengajar les calistung anak TK B. bĂȘte nih.
_________________________________________________________________

The sad thing for not having a partner in class is that I no longer can’t skip work. So sleepy or not, unwell or not, I’ve got to go to work. Thank God for He makes my body grow stronger as I get older. So different with most of people who are healthier & stronger when they’re young.

I’ve become overwhelmed by the work since Evelyn resigned in early March because of her pregnancy was getting nearer with labour date.

We used to split our work with her done most of the teaching that gave me time to teach English mostly in B class & tutoring B kids in my group. Now I’ve got to do it all by myself. If before this I’ve got in school at 7.15, I’ve getting in school since 7 am after she resigned. It gives me an hour to prepare everything.

No wonder if I am so exhausted out of work that it effected my ability to consentrate, to find idea, mood & time to draft my blog material. I’m so behind on making blog entry. Look at the present date & I’m input the material from Thursday, March 31st!

The day started with a rare view of Justin & Dea hugging each other in class. I’ve got to have it on camera because they were known to behave like cat & dog toward each other. Justin the teaser & Dea the easily stung aren’t a good pair to have peace on earth. Why don’t we get along well with each other, I told the kids. It would make everybody’s day.

We did some climbing & swinging. No photo because I needed to give direction, to help the kids & watch them at the same time just in case they lost their grip.

We did simple play of kids arriving in school, enter the classroom & greet the teacher. The kids got quite excited on this play perhaps because the teacher was their own classmates.

“Could we play catch the dragon?” Nico has been asking me this since yesterday. Ok. We had few minutes left but I had to stop the game because it had become a bit wild as they were pushing at each other.

We drew a boy / girl from circle.

After that we wrote police & colored the police.

The last one is cut the drawings of glasses, earphone & hairband. Glued each of them on the right box that has line connected to eye, ear & hair. Some kids were having problem to see the line so they glued the drawing in incorrect box.

We had tutoring for B class kids from 11 am to noon. Oh man. I was so not in the mood. I was so sleepy today. I went to bed late last night after drafting blog material. I was also exhausted out of work.

No comments:

Post a Comment