Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Saturday, March 26, 2011

Smile, you’re on camera!

Pulang sekolah (Kamis, 24/3) saya bela-belain menyempatkan diri mampir ke warnet. Kalau bukan karena ada blog mungkin saya tidak sesering ini ber-online. Apalagi sekarang dengan adanya kamera digital ini semakin memacu saya untuk sering-sering online. Hehe.

Fotografi & menulis adalah 2 hal yang saya sukai.

Bahkan dulu sebelum seseorang memberikan kamera digital ini kepada saya, kegemaran saya pada fotografi sudah tertanam sejak saya melihat benda bernama kamera.

Saya suka setiap kali saya membidik suatu obyek & sangat menyukai setiap kali melihat hasilnya tercetak bagus. Padahal menggunakan kamera manual yang saya beli tahun 1989 berarti sebagian besarnya mengandalkan intuisi saya saat memperhitungkan jarak & cahaya. Berbeda dengan kamera digital yang punya pengaturan otomatis sehingga bisa dikatakan kita tinggal menekan tombol tanpa perlu berpikir lagi.

Kamera yg di beli thn 1989 / The camera that I bought in 1989. Fuji Dl 15
“Bu, kita kok di potret mulu sih” kata Dea pagi ini saat saya kembali beraksi di kelas “Kayak kita mau muncul di majalah saja”. Hehe.

Sudah saya katakan tadi bahwa fotografi & menulis adalah 2 hal yang saya sukai. Nah, sekarang keduanya saya gabungkan. Hasil foto-foto saya kini menghiasi halaman-halaman blog saya walaupun kadang foto saya unduh belakangan karena keterbatasan waktu untuk online.

Satu jam online saya pakai untuk memasukkan entry baru di blog, mengecek & membalas email-email yang masuk di facebook / di alamat-alamat email lainnya, bermain game & selalu saja ada teman (termasuk pacar tentunya.. hm, hm.. hehe) yang mengajak chatting begitu melihat saya sedang online.

Saya jarang bisa online lebih dari satu jam mengingat saya harus pulang untuk mandi & menyempatkan tidur siang biarpun cuma 15 menit sebelum kembali berangkat untuk mengajar les di siang / sore hari.

& saya tidak mau online sepulang dari mengajar les karena di rumah ada pekerjaan yang mengantri dari mulai pekerjaan rumah tangga sampai menyiapkan materi pelajaran untuk keesokan harinya, membuat draft blog & menyusun naskah.

Saya mengupayakan semua itu harus selesai selambatnya jam 10 karena tidak mau tidur terlalu malam. Saking padatnya saya menyusun jadwal kerja di sore sampai malam hari itu sampai-sampai saya jarang bisa menonton tv. Mengobrol dengan orang tua saja sudah sulit untuk bisa dilakukan. Bermain dengan doggie hanya bisa saya lakukan di siang hari sepulang sekolah. Karena itu saya menganggap sungguh suatu keuntungan bahwa saya tidak bersuami & tidak mempunyai anak. Tidak terbayang bagaimana capek & tegangnya saya kalau masih harus diganduli dengan tanggung jawab sebagai istri & ibu. So bagi saya status jomblo bukanlah hal yang menakutkan apalagi membuat stress.

Nah, foto-foto yang dihasilkan oleh kamera digital ini menyemarakkan blog ini. Satu hal yang selalu saya inginkan adalah merekam kegiatan di kelas saya melalui foto. Dulu juga saya lakukan tapi tidak bisa sesering ini karena kamera manual saya membutuhkan dana yang lumayan besar untuk ukuran gaji seorang guru TK dari mulai dana untuk membeli filmnya, untuk cuci cetaknya & yang terakhir untuk biaya scan.

Sekarang dengan hanya Rp.3.000/jam di warnet, seluruh foto yang ada di kamera digital bisa saya unduh ke akun saya di facebook / situs lain dalam hitungan tidak lebih dari 10 menit! Canggih! Betul-betul saya bersyukur pada Tuhan yang memberikan manusia kepintaran sehingga bisa menciptakan teknologi sehebat ini & untuk menggerakkan hati orang sehingga mau bermurah hati memberikan kamera digital kepada saya. Semua banyak sekali gunanya untuk saya.

Keinginan saya untuk merekam kegiatan di kelas adalah supaya orang tua murid yang memiliki akun Facebook & sudah terhubung dengan saya di akun itu bisa melihat hal-hal apa saja yang kami lakukan di kelas. Itu sebabnya saya tidak hanya memotret anak-anak saat mereka sedang mewarnai / menggunting / melakukan aktivitas lainnya tapi saya juga memotret lembar halaman di buku yang menjadi kegiatan kami pada hari tsb.

Beberapa orang tua pernah menanyakan kepada saya apa saja kegiatan anaknya di kelas karena biarpun saya selalu melakukan review / ulasan tentang apa saja yang mereka lakukan di kelas pada anak-anak sebelum mereka pulang tapi umumnya begitu mereka di tanya oleh orang tuanya tentang apa yang mereka lakukan di kelas maka jawabannya adalah “Tidak tahu”. Hehe. Yah, jangankan anak berumur 5 tahun, anak SD pun belum tentu mampu merekam tentang apa saja yang mereka pelajari / lakukan di kelas dalam 1 hari.

Membuat catatan dalam buku penghubung tentang materi / kegiatan yang saya sampaikan kepada anak di kelas pada 1 hari tsb belum tentu bisa saya lakukan karena itu artinya saya harus menulis minimal 7-8 point (karena kegiatan di bagi 3-4 macam sebelum kegiatan inti & 2-3 macam kegiatan inti) di dalam 16 buku (sesuai dengan jumlah murid di kelas TK A).

Bisa gempor saya. Lagi pula, kapan pula saya bisa menuliskannya kalau buku itu harus diserahkan kepada anak sebelum mereka pulang? Sedangkan untuk dapat duduk manis selama 1 menit saja sulit untuk dapat saya lakukan selama anak-anak itu masih ada di sekolah.

Kecuali kalau di awal semester sekolah mengeluarkan buku cetakan tentang program harian kelas tapi ini membutuhkan dana ekstra & selain itu saya kira hal seperti ini tidak lazim dilakukan di sekolah manapun yang ada di negeri ini.

Jadi saya harap dengan adanya foto-foto yang saya ambil di kelas saat kami sedang melakukan kegiatan & yang kemudian saya unduh ke akun saya di Facebook bisa menjadi semacam laporan tersendiri untuk orang tua murid-murid di kelas saya.

Sayangnya saya belum tentu bisa mengunduh foto-foto tsb setiap hari & tidak semua orang tua murid di kelas saya memiliki akun di Facebook. Sejauh ini dari 16 anak di kelas saya hanya mamanya Justin, Kim, Clarissa, Dea, Nico & Echa yang memiliki akun di Facebook. Sayang sekali kalau kecanggihan teknologi saat ini tidak bisa dimanfaatkan oleh guru & orang tua murid. Faktor gaptek, waktu, tenaga & minat ikut mempengaruhi.

Foto-foto ini menjadi laporan tentang apa saja yang kami kerjakan di dalam kelas sehari ini
Jump / Melompat ke dalam simpai
Jump, Justin!
I can jump, said Kimberly

_________________________________________________

I had to stop by at the internet café after school (Thursday, March 24th). If it’s not for the blog I wouldn’t go online as often as I do now. Much more after I’ve been given this digital camera.

Photograpy & writing are 2 things that I like.

My interest to photography started long before someone kindly gave me a digital camera. It started after I saw that thing called camera.

I take pleasure to take picture of an object & to have it more pleasure seeing how nice it came out. Though using the manual camera that I bought in 1989 meant that I used intuition on calculating lighting & shot range. It’s so much different with digital camera that make it all convenient for the user.

“You’ve been taking our pictures as if we were going to appear on magazine” said Dea this morning when once again I took their pictures in the classroom. I grinned to her.

As I mentioned above that Photograpy & writing are 2 things that I like. I am combining them now. It is nice to have not a plain blog page. Digital camera makes it possible for me to do that. Though I can’t download the photos at the same time I made blog entry because I can only go online for an hour.

I can’t do that more than an hour because I need to go back home to shower & take a nap though it’s only a catnap before I leave to tutor in the afternoon.

An hour online is used for make blog entry, check the emails, play online games & chat with friends.

I can’t go online after I get back from tutoring because there are house chores waiting at home, I must also prepare teaching materials for the next day & drafting the blog material & for the book script. The time is so tight because I want them to be done before I go to bed at 10 pm. It makes me barely watch tv. It’s even hard to have a chat with my parents. I can only play & cuddle with doggie after I get back from school. Therefore I consider it benefiting for me being single because I can’t imagine what kind of stress & tension it would befell upon me if I were a wife & a mother. Being single isn’t stressful for me.

So the photos makes my blog appears more interesting. I’ve been taking pictures long before I’ve got this digital camera but it took me quite a budget to buy the film, to develop it & to scan it. It’s way that my teaching salary can afford so I can’t take pictures often.

It’s so different now. Internet café charge less than half a dollar for an hour & I can download all the photos in less than 10 minutes.

The photos record my class activities so parents can see what do their kids do in class everyday because not all five year olds can tell to their parents what they do in class though I always review to them what we do in class that day before class dismissed.

So parents have asked me about the class activities. I certainly can’t make a personal report book of class daily acitivities. When can I find time to write about 7-8 activities that I do in my class on 16 books? I can’t even sit not long than a minute in class.

Except if school issued a daily activity program book but it definitely needs extra budget & I don’t think it’s customary to have such book issued in any schools in this country.

So I hope the photos can be sort of a report for the parents though I can’t have a daily download & not all parents of the students in my class have Facebook account. Out of the 16 kids only the moms of Justin, Kim, Clarissa, Dea, Nico & Echa have been connected with me on Facebook.

I hope we can make the most of today’s high technology for our kids’s benefit.

No comments:

Post a Comment