Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Friday, June 17, 2011

Sekolah Impian / The Dream School

5 anak tidak masuk hari Kamis (16/6) dan hanya 2 yang memberitahu saya melalui sms dan telpon. 3 lainnya entah kemana. Tidak teringat untuk memberitahu. Entah mengapa hal seperti ini masih terulang biar pun sudah berkali-kali saya mengingatkan. Mungkin karena terlalu sibuk. Saya kelihatannya kalah sibuk dengan mereka rupanya. Hehe.

Kami berlatih menari. Lalu sisa waktu yang ada saya isi dengan mengadakan permainan menyusun balok-balok menjadi menara.



Di jam inti yang berlangsung dari pukul 9 sampai 10 saya memberi mereka tugas pertama adalah menulis angka 10.



Kemudian memberi huruf b (baik) pada lingkaran yang tersedia di bawah gambar anak yang mau membagi makanannya dengan temannya. Setelah itu menggunting dan menempel gambar di kotak.




Terakhir adalah mewarnai gambar yang belum selesai diwarnai. Hari Selasa lalu anak-anak menggambar dan mewarnai gambar 2 anak di pantai tapi ada beberapa yang belum selesai mewarnainya.

Saya harus berpindah ke kelas TK B jam 9.30 karena akan mengajar dan memberikan test bahasa Inggris di kelas itu. Waktu tersisa hanya tinggal hari ini dan Senin depan.

Aduh, hasil test menunjukkan kepada saya bahwa ada beberapa anak yang membuat saya khawatir karena dari 10 soal test hanya 3 yang benar dan bahkan ada yang sama sekali tidak benar / tidak di jawab sampai membuat saya heran melihat sedikitnya perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris yang masih masih tersisa di otak mereka. Bahkan ada 1 anak yang total tidak bisa menjawab satu pun!

Yang menyebalkan dari posisi saya adalah anak-anak itu sebentar lagi akan meninggalkan TK yang membuat saya tidak bisa terus memantau & mengajar mereka. Karena itu salah satu cita-cita saya adalah mempunyai satu set sekolah yang mencakup dari TK sampai SMA jadi anak-anak itu sebagian besarnya tetap ada dalam pantauan gurunya dari mulai TK.
_________________________________________________________________

5 kids in my class were absent & only 2 of them informed me by phone and text. The others three were obviously forgot or too busy to inform me.

We had dance rehearsal & then I ran a game of building up towers using wooden blocks to fill the time left.

From 9 to 10 am I gave the kids tasks to write the number 10.

Write b (baik / good) below the girl who shares her snack with her friend and cut – stick the drawing in the box.

The last is to color the drawing for those who haven’t completed the coloring from Tuesday’s drawing class.

I myself had to go and teach English in B class at 9.30 am. I also ran English test. I don’t have much time. I have today and next Monday to teach them English.  

The test outcome really concerned me to see how little of English vocabulary left in 4-5 kids memory. Now if they could make me concern because they could give 3-4 right answers out of the 10 questions, how would it make to find out the one kid couldn’t even remember any word!

The upsetting part is they would graduate from kindergarten to enroll in elementary school making it difficult for us here to follow up on their academic ability. It is exactly why I want to have a set of school from the kindergarten all up to high school so teachers still able to follow their former students development.

2 comments:

  1. paudnya didaerah mana :) k' bisa cuman 2 yang masuk

    ReplyDelete
  2. ini taman kanak-kanak (TK) bukan paud. lokasinya di bogor. murid saya di kls TK A ada 16 orang. bukan cuma 2. saya bingung juga kok bisa di bilang cuma 2 yg masuk? hehe. mungkin krn di foto yg terlihat cuma ada 2 anak ya? tapi di bawah masih ada foto murid2 lainnya di dlm kelas itu. coba lihat lagi deh.

    ReplyDelete