Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Monday, June 27, 2011

Manis-Getir Kenangan / Bitter Sweet Memories

Kelelahan & kesibukan jadi alasan utama mengapa jurnal hari Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu baru bisa di buat dan dimasukkan ke blog pada minggu berikutnya. Tapi ada alasan lain mengapa setelah saya menundanya setelah saya tidak lelah dan sibuk.

Saya enggan melihat foto-foto yang saya buat di sekolah. Saya bahkan tidak ingin memikirkan semua itu. Mengingatnya saja sudah mampu membuat saya kembali ingin menangis.

6 tahun bukan 6 hari, saudara-saudara.

Saya menghadapi banyak suka duka di sekolah di mana Tuhan menempatkan saya selama 6 tahun ini. Ini adalah tempat kerja terlama saya. Sebelumnya saya hanya menorehkan waktu paling lama 3 tahun bekerja di satu tempat.

Bukan karena saya jenis kutu loncat yang berpindah kerja begitu mudahnya karena mengejar gaji dan fasilitas karena setiap kali saya berhenti kerja dari satu tempat, hal tsb terjadi karena dipepet sikon seperti perusahaan tutup, kontrak kerja tidak bisa diperpanjang, karena rasa tidak aman atau karena alasan kesehatan.

Tapi setiap kali saya berpindah kerja, saya tidak pernah menangisi tempat kerja itu atau orang-orang yang ada di sana. Padahal saya bekerja dari pagi sampai sore. Bahkan sampai malam karena lembur. Tidak sekali pun saya merasakan adanya ikatan emosi dengan tempat atau manusia-manusianya.

Berbeda sekali dengan sekolah ini.

Itu sebabnya agak sulit bagi saya untuk menulis jurnal mulai dari hari Rabu (22/6) sampai hari terakhir Sabtu (25/6).

Kamis pagi ini (23/6) anak-anak saya minta untuk memasukkan barang-barang mereka ke dalam kantong plastik putih karena hari ini juga semua itu akan mereka bawa pulang. Awalnya anak tidak mengerti maksud saya karena keranjangnya pun ikut dimasukkan ke dalam kantong plastik.




Yee, keranjangnya ngapain mo di bawa pulang juga? seru saya antara geli dan kesal. Itu kan punya sekolah. Hehe. Mereka pun tertawa.

Latihan menari hari ini aman-aman saja karena kepsek sibuk dengan kelasnya sendiri. Anak Playgroup kan masuk.

Saya nekad masih memberikan tugas kepada anak-anak itu karena memang masih ada beberapa tugas di buku paket yang belum tuntas dikerjakan. Hari ini berhasil juga mereka mengerjakan setidaknya 3 tugas, bahkan ada yang sampai 5 tugas terselesaikan. Itu untuk mereka yang memang kerjanya cepat. Tapi untuk mereka yang lambat, bisa selesai mengerjakan 2 tugas saja sudah luar biasa.



Target saya sebetulnya memang 5 tugas. Mulai dari menyempurnakan gambar kucing dengan cara menarik garis sesuai dengan urutan angkanya.


Lalu menebalkan & menulis huruf v. supaya cepat gambar vas & vandal tidak usah diwarnai.


Menulis 3 suku kata (ra-sa-ka) di buku kotak.


Berikutnya adalah menebalkan, menulis huruf r-a-d-i-o & mewarnai gambar radionya.


Terakhir menggunting & menempel baju sesuai dengan urutan angka dari 1-11.


Lalu gladi resik terakhir di atas karpet merah di ruang kelas saya.






Begitu semua anak pulang, mengisi perutlah dulu kami semua sebelum mulai pekerjaan membongkar ruangan kelas saya dan TK B serta membuat panggung.

Ruang kelas TK B. Sebelah sana ruang kelas saya (TK A) / B classrooms. Far right is my classroom
Kelas TK A / My classroom

 
B class teacher went down the desks / Aduh, wali kelas TK B sampai masuk ke kolong meja gitu
Besok mendekornya. Kami pulang jam hampir jam 1.30.
_________________________________________________________________

I didn’t feel like making any journal entry because I was exhausted & busy preparing the closing of school year event. It is why Wednesday, Thursday, Friday and Saturday journals are written and upload to this blog the following week.

But there’s another reason why I didn’t feel the mood to make those journals. I didn’t even want to look at the photos. I didn’t want to remember. It is hard for me to let go the past.

6 years are not 6 days, people. Funny that I don’t feel like this for my former work place and the people there despite the fact that I spent longer hours there. I didn’t feel any emotional attachment like the way I have in this school.

I never change jobs for money or material incentives. Situations forced me to change jobs. It is to explain that I don’t leave my teaching job because of money. I just had to go. But it’s so hard to let go.

I started the day on this Thursday morning (June 23rd) by asking the kids to put all their stuff into their plastic bags as they’re going to bring it home today. But some kids got confused that they put their baskets into the plastic bags.

You can’t take it home with you, I exclaimed. It's school's property. They laughed.

Our dance rehearsal went smooth today because headmaster was busy in her own class. Playgroup class has class every Tuesday-Thursday-Saturday.

I managed to give the kids 4 tasks though not all of them could complete it all. Those who work fast able to do all the task. The slow ones could only do 2 tasks. You can see from the photos what tasks I gave the kids today.

Once the kids were all went home we quickly had early lunch before started the work to dissemble my classroom and B classroom’s room dividers and put on the stage. Tomorrow we will  decorate them. We left school at around 1.30 pm.

No comments:

Post a Comment