Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Wednesday, October 6, 2010

minggu yg baru / new fresh week

Senin pagi (4/10) ga lama nyampe sekolah udah ngurusin duit bayaran SPP & kasih info soal biaya ke Kidzania.

kalo anak aja yg ikut bayarannya cuma Rp.150.000 (utk transport bis pp, makan, masuk kidzania), kalo ditemenin 1 org dewasa jadi Rp.200.000 (itu ga ngikut masuk kidzania) tp kalo mo ikut masuk Kidzania jadi bayar Rp.280.000,-

"aduh, kok mahal sih bu. mana anak ada 2. bisa dpt diskon ga ya ?" wah, kalo aku yg kepseknya & aku yg ngurus semuanya, aku tau & punya kuasa utk nentuin hal2 kayak gitu. nemuin kepseknya d .. tapi adakalanya ortu murid berasa lebih enak ngomong dg aku.

nah, jadi terbukti yg berperan utama dlm keberhasilan seseorang ga cuma otak pintar / jabatannya tapi karakternya.

kalo mo di adu soal otak & kreativitas .. jujur aja, kepsek jauh unggul di atas aku. tapi kenapa dlm keseharian justru aku yg lebih bisa di terima dlm pergaulan dg ortu murid & lebih beken di antara murid2 ? sifat & kepribadian yg bikin perbedaan itu jd sangat menyolok.

aku ga bilang aku yg super duper baik & kepsek sosok antagonisnya. kalo pun ada alasan utk aku seneng itu adalah krn bersukur kepribadianku yg dianugerahkan & di bentuk Tuhan selama 39 thn ini mempermudah & nolong aku dlm bekerja, berkarya & bergaul. itu bukan krn keke nya yg hebat. itu krn Tuhan yg hebat krn aku tau betul seperti apa diriku dulu & sekarang.

Senin upacara bendera. sebelon jd guru ga kebayang bakal hrs ketemu lg dg yg namanya upacara bendera. dr sekian banyak alasan aku lega banget waktu lulus SMA, ga perlu ikut upacara bendera adalah 1 diantaranya.

waktu 1 1/2 thn kerja di BUMN Indosat thn 94-95, aku lebih sering ngacir dr pd ikut upacara bendera. mana tahan, gitu loh ... udah cantik2 dandan trus di jemur di lapangan ... luntur semua dong bedaknya .. udah gitu pake sepatu berhak di suruh berdiri diam lama ... ih, sori2 aja d, jek !

nah, udah lebih dr 1/2 thn ini aku yg rutin jd pembina upacara. kepsek ogah. wali kls TK B idem ditto. so ... aku d tp eh, .. kan pembina upacara biasanya kepsek ya, kl gitu itung2 latihan lah .... he he he ... ntar ga kagok lg kl jd kepsek beneran ...

Kelvin & Vivien mulai lg angotnya .. tapi kalo Kelvin bisa dg tegas kita tarik & angkat di bawa masuk ke dlm kelas, Vivien ga.

soal manja & takut bisa aja sama tu 2 anak tp kelvin si anak bungsu lebih gampang buat disikapi dg ketegasan & di kasih pengertian so jelas aja dia lebih cepet jd mandiri dibandingin dg vivien si anak sulung yg dlm hal kepintaran juga jauh di atas kelvin.

dari pengalaman, anak perempuan biasanya lebih cepet & gampang beradaptasi & belajar mandiri. so vivien agak di luar kebiasaan entah apa sebabnya krn sampe saat ini aku lon bisa nembus tembok pertahanan dia. anak ini kayak punya agak berlapis kepribadiannya.

terpaksa naro claris duduk di kursi hukuman selama 5 menit krn kok ya bisa2nya dia masukin kertas lipat ke dlm tempat lem waktu pelajaran merobek & menempel. udah lg kriting ama vivien yg masuk ke kls ogah tp di ajak pulang jg ogah ... eh, ada lg yg bikin ulah...

tapi kursi hukuman adalah metode yg aku adaptasi setelah rajin nonton "super nanny" & "nanny 911" di metro tv.

Justin kenyang duduk di kursi hukuman. terpaksa .. krn ulahnya sendiri yg terlalu rajin nyubit, mukul, ganggu & ngisengin temen2 sekelasnya entah itu krn dia lg marah, seneng, bosen. teguran ga mempan, hukuman fisik ga dianjurin sebagai cara mendidik anak .. nah, metode kursi hukuman terbukti efektif.

buktinya Justin ahirnya pelan2 ngerti ada ulah yg ga bisa di tolerir yg bikin dia kena hukuman so belakangan ini dia sendiri yg ngomong "di hukum?" kalo dia berasa melakukan perbuatan yg salah bahkan sebelon aku sendiri negor dia ... he he he  ...

jam makan ... "bu keke, ini buat ibu" farell & stevanny ngebagi biskuit bekalnya ..

ini 1 hal yg aku ga dpt dr pekerjaan2ku dulu. bukan soal makanannya dong ... tapi hal2 nyenengin setelah terjadi hal2 yg nyebelin di tempat kerja so selalu ada keseimbangan.

lagi pula ada kasih, kemurnian & ketulusan dlm diri anak2 ini. hal yg sama timbul dlm diri aku. & yg luar biasa indahnya adalah kita saling mengalirkan 3 hal tsb pd 1 dg lainnya. selama aku kerja kantoran ga pernah aku nemuin ini dlm diri aku, rekan2 kerja & atasan krn semua sibuk dg ego, ambisi, kesibukan & masalahnya sendiri ... bikin lebih gampang ngeluh dr pd bersukur ...

jam 10.30 omanya Stevanky minta ijin pulang duluan krn mo ambil kunci. kunci apa, ga jelas .. he he he .. abis elain udah tua, ngomongnya ga jelas krn bhs indonesianya becek. maklumlah, lebih sering pake bhs cina. kalo anak cucunya sih ga. si oma ini masih 24 karat d tionghoanya ... kayak almarhum opa aku kali ya ...

nah, selama 5 thn aku liat banyak pribadi2 yg berubah jd lebih baik. ga cuma anak2. orang2 dewasanya juga. Oma stevanky termasuk di antaranya. thn lalu dia bawel banget, ga percayaan orang, ga pernah senyum. eh sekarang orangnya mau ngobrol, mau senyum & malah cukup humoris juga ... siapa kira kan ...

jam 8 irene, anak TK B tergopoh2 nyamperin aku "bu keke, irene dah ga ikut les lagi ya" katanya ke aku.

18 anak TK B dr agustus di bagi dlm 3 kelompok ikut les calistung. irene yg paling pintar dlm kelompok aku so dr awal aku udah geber dia dg pelajaran2 kls 1 SD. tapi ortunya pengen supaya dia belajar di rumah aja. aku kaget juga waktu permintaannya ini di acc kepsek krn lon pernah terjadi mengingat les ini wajib di semester ganjil.

aku lebih kaget lg krn kok Charlos yg masuk dlm kelompoknya kepsek langsung buru2 minta pindah ke kelompok aku. tu anak emang udah lama ngincer pengen masuk ke kelompokku so begitu tau Irene mengundurkan diri, tanpa buang waktu lagi langsung hari ini juga gabung ke kelompokku kayak takut aja keduluan anak lain ... he he he ...
____________________________________________________

I've already busy receiving school's monthly fee payments & answering questions regarding school's trip to Kidzania on Oct 20th, once I arrived in school this morning (Monday, Oct 4th).

Rp.150.000/kid (transportation, lunch box & kidzania entrance fee), Rp.200.000 if the kid is accompanied by an adult & it's exclude kidzania entrance fee & Rp.280.000 incl. the entrance fee.

"I've 2 kids. can I get discount?" asked a mother. ask the headmaster, I don't have the authority to decide such thing, I told her. but some mothers feel more at ease to talk to me than to headmaster ..

so I learn that it takes more than IQ & position to make a person success in life, work & social life. one's character plays quite big part on that.

the headmaster maybe more superior in everything compared to me but howcome I'm more popular among parents & kids ?

I'm not saying she's a bad person & I'm an angelic one but if there's a reason to be happy is to thank God for giving & forming my characters so they make my life, work & socializing easier. it's a blessing.

we've got flag ceremony every monday morning which I thought I'd be free of it once I graduated high school & no longer worked in government's company. I never could stand flag ceremony especially as an employee with make ups & high heels to stand under the hot sun ..

but for more than 6 months I've become the flag ceremony's superintendent. it usually held by school's headmaster. mmmm ..., a practice to become headmaster ?

Kelvin & Vivien, 2 kids in my class, were again had trouble getting inside the classroom as if they were in their first day of school ... sigh ...

but it's easier to pursuade & deal with kelvin than vivien which a bit unusuall because girls are more adaptable, mature & independent than boys.

it's more unusuall because vivien is the oldest child of 2 siblings while kelvin is the youngest & also the only boy in his family.

had to put Clarissa in naughty char because she put folded paper into the glue bottle.

naughty chair is a method that I adapt after watching "super nanny" & "nanny 911" on tv.

Justin is so familiar with this chair because warning couldn't make him understand that bad behaviours aren't acceptable. these days he'd quite quick recognizing his own mischief even before I say anything about it.

got biscuits from Farell & Stevanny at snack time. this is a thing I never got in my former jobs. not the snack that I'm referring to of course ... lol .. but it's lovingkindness, sincerity & love in innocence in these kids ..

people working in business / politics are busy with their egos, ambitions, hipocrisies & problems making them quick to complain & slow to be gratefull. I'm glad I was freed from them.

10.30 am & Stevanky's grandmother asked me to allow him to leave early.

in my 5 years working time here I've seen lots of kids & also adults changed into a better person. Stevanky's grandmother is 1 of them. a year ago she was grumpy but now she's friendly, nice to talk to & quite humorous too. however, one thing remains the same & that is her poor indonesian language making it still hard to understand when she speaks .. lol .. she's a 24 carat chinese just like my late grandfather ..

earlier at 8 am Irene, a kid from the class for the 5 year olds came to tell me that she won't be in my tutoring group anymore.

as they are going to enroll in elementary school next year, these 18 kids in that class are put under reading & math tutoring which is compulsory for this semester. that's why I'm surprised that headmaster agreed to release Irene off the tutoring under her parents request. they thought since she's smarter than her classmates they can tutor her at home.

in the meantime, not waiting to waste more time, Charlos, who heard about it, demanded to be put in my group. the boy was in headmaster's group & I heard he's been nagging his mom to be put in my group. so once he was sure Irene is off my group, he saw no reason not to join my group ... lol ..

No comments:

Post a Comment