Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Saturday, October 9, 2010

the kids r my rainbow

Kamis (7/10) Echa ngadat krn saltum (salah kostum). seragam kotak merahnya ke cuci lon kering so dateng ke sekolah pake seragam biru. ujung2nya ga bs di bujuk. di bawa pulang lg d ...

"Mungkin di bawa dulu, bu. di ajak ngomong kayak waktu Vivien ngadat hari senin, saya ajak jln dulu, saya biarin dia nangis sejadi-jadinya, baru saya ajak ngomong" kata mamanya Vivien

"gimana kl di pinjamin seragam Claris ?" usul mama Clarissa "saya bs pulang ambil"

terhibur jg hati jadinya. ada saat2 tertentu di mana aku kesel ke diri sendiri krn ga bisa ngatasi masalah anak2. ya, berurusan dg anak ga bisa di samain dg kalo kita bermasalah dg mesin ... ambil buku petunjuk, pencet tombol ini, bongkar yg itu / telpon mekaniknya, hubungi bagian maintenance...

ga peduli seberapa lama aku jd guru / seberapa banyak buku tentang pendidikan yg udah aku baca / seberapa rajin aku ngikutin tayangan "super nanny" di metro tv, berurusan dg anak rasanya kayak menyelam di laut tanpa dasar. tambahan lg aku anak tunggal, seumur2 lon pernah punya anak, di rmh jg ga pernah ada anak2 sebaya / balita.

waktu pertama kali jd guru, rasanya kayak orang ga bisa berenang langsung di ceburin ke laut ... wah, gelagapan abis2an ...

goa ga ada habis2nya. Tuhan adalah kekuatanku. tiap kali ketemu anak yg bermasalah aku nanya ke Tuhan "apa yg hrs aku lakukan ke anak ini ? semua cara udah aku coba" & Tuhan selalu nolong.

malah ada saat2 aku ampe nyaris putus asa ngadepin anak2 tertentu. kepsek malah pernah ketawain aku .. coba toh, bukannya kasih saran / dorongan semangat ... lha, malah di bilang itu ga ada apa2nya dg si a b c yg hrs dia tanganin. Tp Tuhan ga pernah ketawain aku & berkali-kali aku liat gimana Dia tolong aku. buktinya anak2 yg pernah bikin aku puyeng berkembang jd anak2 yg ok. hebat kan Tuhan ? bukan bu keke yg hebat tuh .... he he he ...

Kelvin harus 1/2 di geret lg masuk ke kls tp ga nangis kayak sebelonnya ... sukur lah ...

"kenapa, bu?" March berdiri di depan pintu kls ngeliatin aku ngadepin Echa & Kelvin & begitu aku masuk kls dg pikiran agak kacau mikirin Echa yg di bawa pulang itu, dia langsung gandeng tanganku ... aduh, anak2 ini punya insting tinggi. seakan-akan mo hibur aku, March duduk & tanganku yg masih digandengnya itu trus di .... cup ... cup ... cup ... di cium ... aduh nak, kamu ga tau besarnya arti ciuman itu buat aku ...

Justin bersin & ingus kental langsung keluar ... yaiks ! untung aku ga jijikan... he he he ... mana sini, dibersihin dulu.

bu, kita udah mo makan ya ? Justin nanya krn liat aku ambil sabun cairku & dia langsung nyanyi keras2 "sebelon kita makan ... cuci tanganmu dulu" .. hush ! aku ketawa. baru jg jam 9. aku mo cuci tangan abis kena ingus kamu nih ... oh, & Justin pun ber - he he he ...

tapi di tengah pelajaran mewarnai waktu aku lagi berdiri di sampingnya, dia peluk aku & ngelap idungnya di bajuku .. aduh, kemaren jg lg basah keringat dia gosok dahinya ke tanganku ... Justin, Justin ... apa di kira bu guru ini lap berjln ? .... he he he ...

abis makan pd pergi gosok gigi ... aduh, penuh d kamar mandi secuil itu dg anak2 ... sabar dong ... jangan masuk semua ... bs saling tumpang tindih nih nantinya kita ... toh, dasar anak ... maunya nerobos masuk aja ...

kemaren anak2 di kasih tugas bawa gambar ayam / anjing.

mama Dea bela2in nyari di internet.

Stevany & aku bawa foto anjing masing2.

Farell yg paling top, bawa karton gambar binatang2.

Vivien gambar anjingnya kecil banget.

Justin, kok ayamnya cuma kepalanya aja ? mana badan & kakinya ? oh, masih di supermarket, bu, nyokapnya nyengir ... he he he ... dasar ... ada2 aja ...

aku mulai ngajar Devi & Wilson ahiran 'ng'. Wilson bikin juling aku krn berulangkali bang di bawa wang, bing di baca ying, bung di baca sung ...

Cindi bikin lega krn udah lebih melek huruf jd kita ga usah berminggu-minggu muter2 terus di a i u e o & ba bi bu be bo .. sekarang aku udah tambahin dg sa si su se so ..

pulang les ... pak budiiiiiii, tunggu, mo ikut !! & aku pulang numpang mobil jemputan sekolah ... lumayan ngirit ongkos transport ... he he he ...
____________________________________________________

Echa gave me a headache this thursday morning (Oct 7th). arriving late & wore different uniform & then had tantrum because she afraid her classmates would laugh at her. I tried everything but she couldn't be soothed so her dad took her home.

"maybe if her dad could take her for a ride to calm her down & then talk to her, that's what I did when Vivien had tantrum on monday" Vivien's mom told me

"I could lend her Clarissa's uniform" Clarissa's mother gave a suggestion

it really soothed my feelings to see their symphatetic suggestions.

dealing with kids aren't the same with dealing with machine where u could read the mannual book, press that button, disamble it, call the mechanic, contact MTC dept.

no matter how many years I've spent working as teacher, read so many books about education / psychology, watch educational tv program such as "supper nanny", dealing with a kid is like diving in a very deep ocean with no bottom & plus, I'm an only child, never have kids of my own & we've never had kids in the house making it difficult for me to understand a kid.

The first time I worked as teacher it was like plunged into the sea without knowing how to swimm !

never stop pray. God is my everything. when I've problematic kids I ask Him "tell me what I should do with this kid" & He always helps me. I've seen so many of those kids made positive progress.

God is my guide & supporter. headmaster once laughed at me when I said I was nearly gave up on a kid, she compared to the problematic kids she must dealt. I found no advice & suggestion from her but God never laughes at me. He's the key for every achievement I've made.

Kelvin once again had to be 1/2 carried to to the classroom but so glad he didn't cry ..

"what's up ?" March stood at the door watching me dealt with Echa & Kelvin. he took my had as I entered the classroom & as he sat on his chair he kissed my hand ... I think 3 times ... he didn't know how much it meant for me since I was upset to myself for not able to deal with Echa.

Justin sneezed & oh ... oh .. ! his mucus hanging down .. so glad I don't get disgust easily. making me perfect for the job, eh ? .. lol .. well, later he hugged me & wiped his face to my uniform. yesterday he took my hand & wiped his sweating forehead to my arm ! .. hey, do u think I were a walking towel ?? ... lol ...

is it snack time ? asked Justin seeing me took the liquid soap & he sang the song we always sing before having snack time "wash ur hand before having meal ..." hush ! I laughed. it's only 9 am. I'm washing my hand because I had ur mucus all over it ... oh ... & Justin laughed ...

yesterday we asked the kids to bring chicken / dog drawing to school today.

Dea's mom searched the net.

Stevany & I brought our dogs photos.

Vivien cut a dog pic from a magazine but it's thumb nail size

Justin's chicken drawing has no body & legs. where r they ? I asked his mom. at the market, she said grinned widely

but Farell's drawing is the top because he bought a big once that shows lots of animal on it ...

rode on school bus from school ...

No comments:

Post a Comment