Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Saturday, October 23, 2010

K I D Z A N I A

Ahirnya hari yg di tunggu datang juga ! Rabu , 20/10 ini kita ke Kidzania. 


yap, bisa di bilang semua datang tepat waktu so kira2 jam 7.10 pagi berangkatlah kita dg bis dari kecamatan Ciomas, Bogor ... yak, cabut !


aku duduk di belakang bareng evelyn, mamanya Ellen & mamanya Micky. anak2, kepsek & wali kelas TK B di depan kecuali ...


"Dion, duduk gih sana di depan sama temen2" kataku


tapi dari berangkat sampe pulang Dion, anak TK B itu bersikukuh duduk di sebelah aku.


wah, di tengah jalan mamanya Micky buka bekal ... mmm ... cumi ... kesukaanku .. 


"mau, bu? dia nyengir nawarin bekalnya sambil nyendokin nasi ke piring plastik kecil yg bikin aku geleng2 kepala geli. alamak, niat bener itu ampe bawa piring kecil segala .. he he he ... di kata mo piknik apa ?


tapi omong2, jadi ngiler d liat tu cumi so aku pun buka bekalku


"makan, bu?" mamanya Ellen ketawa, yg herannya ga tergoda ikutan laper liat 2 orang di dekatnya lagi makan


"mo krupuk, bu?" mama Michelle sigap nyodorin kerupuk bawaannya 


mmm ... kayak yg udah pernah aku tulis tentang pengalaman aku ngawal anak2 waktu ikutan lomba di Kebun Raya bulan lalu ... urusan logistik terjamin kalo jalan bareng emak2 ... he he he ... lha, liat aja sekarang ini. belon lama bis jalan, kantong2 cemilan udah beredar. dari yg namanya permen ampe kerupuk ada ... he he he ..


lagi asik2 makan tau2 Justin & mamanya datang ...


"sori bu, Justin kebelet pipis" kata mamanya Justin


suer, aku kira dia minta bis diberhentiin dulu. ga taunya ... aduh, untung aja aku ga keselek karena ketawa liat dia buka kantong plastik & ..... pipislah Justin di situ ... he he he ...


"bu, Dion pengen pipis" kata Dion beberapa menit kemudian


ampun ! kok ya jadi terinspirasi gitu setelah liat Justin pipis. duh, gimana nih ?


"bu, sori" kataku ke mamanya Justin yg baru aja selesai ngebungkus kantong kresek isi air kencing anaknya "Dion pengen pipis juga"


yah ... rame2lah yg lain ketawa


"emang dasar rejeki lu" evelyn ngakak ngeledekin mama Justin (sebelon anaknya keluar dari TK kita buat nerusin ke SD, evelyn memang udah gaul dg emak2 itu ... jadi mereka udah lama berteman sebagai sesama ortu murid. & ortu murid 2 angkatan terahir ini memang kompak banget)


so sembari senyum2 mamanya Justin buka lagi kresek itu & ... suuurrrr ... pipislah Dion ... he he he ...


wah, Jakarta makin keren aja rasanya. rupanya mamanya Micky juga sama2 mengagumi ibu kota. malah dia langsung sibuk foto2 pake kamera hpnya.  .. hmmm .. ternyata ada 2 rusa gunung masuk kota ya ... he he he ... noraknya jadi d ...


"tuh ... tuh ... gedung itu bagus" kataku "foto... foto ... eh, ntar upload ke fb ya biar aku bisa ambil juga" 


"sip" katanya nyengir 


nyampe Kidzania sebelon jam 9. lokasinya di Pacific Place Shopping Mall lt 6, Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Kawasan Niaga Sudirman (SCBD), Jakarta 12190. deket komdak. gampang kok nyarinya 


wah, langsung mulai riuhnya nih. anak2 yg jumlahnya 29 itu di bagi dalam 2 barisan. 1 barisan buat cowo & barisannya lain buat cewe. jalan kok di giring rasa2 rombongan bebek aja nih ... 


lantas masuklah kita. waktu lagi antri di depan lift Farell mulai panik. langsung nyari tanganku, minta dipegangin. Calvin malah udah kenceng banget meluk pinggangku. untung liftnya kualitas top. jalannya mulus ga pake endul-endulan so aku bisa meyakinkan mereka naik lift itu ga nakutin kok ..


sampe di dalam ... wih, yg terpesona bukan cuma anak2 kalo anaknya sendiri ... mmm ... liat aja tuh contohnya Calvin yg malah berkali-kali ampe ampir di tabrak mobil pemadam, taxi, ambulans yg lagi hilir mudik ... he he he ... saking terbengong-bengongnya ... 


itu pertama kalinya aku masuk Kidzania ... ngggggg .. jadi pengen jadi anak kecil lagi .. ga adil, jaman aku kecil dulu mana ada model kayak gini ..


asli, 4 jam di sana ga berasa banget. ga ada capek. padahal entah berapa kilo aku udah jalan muter2 di situ ... he he he ...


sayangnya Kidzania masukin terlalu banyak pengunjung. yg aku perhatiin TK aja ada 4, SD ada 3. rasanya kita yg rombongannya paling dikit jumlah pesertanya karena waktu lagi duduk ngaso nungguin 6 anak dlm kelompokku, aku sempet ngobrol dg ortu murid dari SD di Jakarta yg rombongannya ada 200 orang ! so bisa aja ada 1000 pengunjung pada sesi pagi hari Rabu ini ...




ortu murid & aku berpendapat jumlah pengunjung terlalu banyak itu malah bikin suasana jadi kurang nyaman. udah antrian jadi lama, kita terbirit-birit ngegeret-geret anak2 karena takut kehabisan waktu. jadi rasanya nilai pendidikannya kurang maksimal di serap anak2. mending kalo anaknya daya tangkapnya tinggi ... kalo yg masih banyak bengongnya ... gimana coba ? apa yg di ingatnya dari kunjungan kita di Kidzania ?




aku terhitung beruntung bisa masuk 6 permainan : jadi wartawan, pemadam, dokter, bikin sim, jadi petugas pom bensin & nyetir mobil. yg lain rata2 cuma dapat 3-4 permainan ..


tapi karena waktu & jumlah pengunjung yg kelewat banyak, aku kecewa banget ga sempet bawa anak2 ke simulasi pesawat terbang, ke swalayan, jadi dokter gigi, ke resto pizza, pabrik susu, pabrik minuman mineral. aku & rombonganku cuma ngider di lantai dasar ...


ini pengalaman pertama sekolah kita ke Kidzania sih so belon pada pengalaman. mudah2an ini di bikin jadi program rutin karena aku pasti akan lebih siap kalo kita ke sini lagi.


di rombonganku ada Vivien, Michell & Nico dari kelas aku (TK A) + Dion, Calvin & Ellen dari TK B


aduh, yg aku kira mellow malah anteng2 aja. yg keliatannya gagah perkasa malah di tengah jalan ngadat ...




ga lama masuk jadi wartawan, Dion nangis. ngadat. nyebelin banget dah ah ! ... begitu Dion ok, Vivien jadi histeris waktu kita masuk ke pemadam kebakaran. aiihhh .. !! aku udah lagi kriting ama kepsek yg nyebelin, lagi sibuk mikir tempat mana lagi yg mau kita masukin, baru lega Dion anteng .. ah, ada lagi cobaan berikutnya .. & ngebujukin Vivien lebih lama lho .. harus aku ajak jalan muter dulu baru tenang dia ... aku betul2 lebih capek emosi dari pada capek fisik hari ini ...


jam 1.30 kita udah dikumpulin sama petugasnya & di giring keluar tepat jam 2. yah, belon puas nih ...


"cowonya pada ganteng2 ya" bisik mama Micky ngomentarin petugas2nya dari awal kita sampe di sana


"berondong pula, coy" tambah mama Justin


buset dah ! sempet2nya ... aku yg masih single aja malah lebih tertarik ngeliatin gedungnya, liftnya, permainan2nya ... kagak normal juga ni orang satu, ledek evelyn ... xixixi ...


pulangnya Calvin pindah duduk di sebelah kiriku & Dion jadi di sebelah kanan aku. kok jadi rasa2 punya anak kembar ya .. he he he ... apalagi karena pas makan aku nyuapin mereka bergantian


abis makan ... lha .. pada teler ?? .. dua2nya tidur nyender ke aku. sepanjang jalan pulang ke Bogor aku jadi ga berani gerak2. tangan kananku ampe pegel megangin kepala Dion


"Dion, bangun yuk" aku tepuk2 pipinya waktu kita udah makin deket dengan kecamatan 


"vin, bangun dong" aku gantian bangunin Calvin setelah Dion bangun tapi .... yaaa ... pas aku nengok ke kanan ... Dion udah pules lagi ! yee .. jadi aku bangunin dia & .... yaelah ! ... Dion bangun, Calvin molor lagi ... pret ! ... he he he ... aku ampe di ketawain mamanya Ellen ... aduh, begini rupanya rasanya kalo punya "anak kembar" ... he he he ...


puji sukur Tuhan kabulin doa kita. pulang pergi lancar. padahal rame berita kalo ni hari orang Jakarta mo pada demo. yah, mungkin ama Tuhan di bikin demonya belon mulai waktu kita sampe di Jakarta & demonya udah bubar waktu kita mo balik ke Bogor so kita ga kena macet ... he he he ...


aih, Tania - Cleymens - Calvin pulang ama bu guru ya. tadi pagi Tania di drop ke rumahku ama mamanya yg ga bisa nganterin. 


Cley kok ga ada yg jemput nih.


Calvin katanya mo di jemput di depan kompleks (kebetulan aku & 3 anak itu tinggal di kompleks perumahan yg sama) ..


"bu, aku bawa Tania ya" tegor mama Dion tiba2


lho ? tadi pagi bilang ga bisa ...


"ya, urusanku ternyata udah kelar" katanya bikin aku lega


"sore, bu" tiba2 papanya Calvin nongol


lho ? tadi bilang jemputnya di depan kompleks ..


"oh, saya pikir saya jemput di sini aja d" katanya bikin aku makin lega ... makasih, Tuhan ..


jadi tinggal Cleymens ..


"pak, boleh ga kita ikutan ?" aku nanya ke papanya Calvin


"ayo" dengan segala senang hati dia ngajak so meluncurlah kita pulang rame2 naik motor ... mudah2an ga gembos bannya ... he he he ...
________________________________________________________________
The long awaited day is finally here ! hooray !


everybody came at 7 am sharp so about 10 minutes later off we went to Kidzania theme park in Jakarta, the capital city by bus


I sat at the back row seat while the kids, headmaster & the teacher in the class for the 5 year olds were all at front


well, except Dion who persistently chose to sit next to me


Micky's mom offered me her squid dish .. mmm ... I love squid dish & it sure made me felt hungry so I too open my meal box .. lol .. I'm amazed Ellen's mom didn't get tempted though she had 2 people eating next to her .. lol ..


I was enjoying my meal when Justin & his mom came


"sorry .. Justin wants to pee" she grinned broadly to me


I thought she asked the bus driver to pull over so her son could pee but ... whatta ?? .. she opened a black plastic bag & Justin peed there ! I bursted out my laugh .. oh my .. !!


"miss, I wanna pee too" said Dion few minutes later when Justin's mom has just neatly wrapped the plastic bag that contains Justin's urine


"umm .. sorry, Dion wants to pee too. could you help him?" I asked Justin's mom who along with evelyn & the other mothers laughed


"it's just ur lucky day" teased evelyn


Jakarta is amazed me with its concrete buildings ..Micky's mom took pics of them ... I wanna have them too once you upload them to ur fb, I told her


"the guys hot" wishpered Micky's mom to me once we got at Kidzania & were greeted & escourted by its officers


I'm amazed the moms seemed to quickly recognize this .. lol .. while all that took my attention was the kids, the building & then the premise.. lol ..


it really made me wished I were a kid again ..


it was so crowdy ! I think there were about 1000 people because there was a elementary school that brought 200 people & there were about 3 elementary schools & I think about 4 kindergartens. it wasn't really comfortable for all of us ..


Dion cried & then Vivien too ... oh dear ... lucky, they could be soothed though it took longer time to make Vivien stop crying ..


thank God no traffic jam. I heard from the news that people in Jakarta would make demonstration in commemorating the president's one year in the house. we didn't get stuck by any traffic jam ..


rode on Calvin's dad's motorcycle along with Cleymens .. got home at around 4 pm .. it's been a long exciting but also exhausting day ..but I hope we can make this field trip again next year. there are plenty of games that we haven't played ..

No comments:

Post a Comment