Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Thursday, May 19, 2011

Hey, Chill Out

Wali kelas TK B pergi ke Purworejo dari kemarin sore. Sabtu ini (14/5) sebetulnya kelasnya di isi oleh guru gambar tapi ybs berhalangan karena harus menjadi juri dalam acara lomba. Sebetulnya tidak terlalu jadi masalah karena pak guru meninggalkan gambar untuk anak-anak TK B warnai.

Teteh pun dengan segala senang hati menunggui kelas TK B. Jelas lebih nyamanlah. Di TK B dia hanya duduk manis mengawasi anak-anak di kelas itu bekerja mewarnai gambar masing-masing. Terlepaslah dia dari kewajiban harus ngangon kepsek dan anak PG. Hehe.

Tapi agaknya hanya kami berdua yang berpikir bahwa sikon itu tidak terlalu menjadi masalah. Kepsek mengeluh dan menggerutu panjang lebar karena tidak mengetahui guru gambar tidak bisa menggantikan wali kelas TK B sebagaimana yang telah disepakati sebelumnya.

Nah, berhubung hal itu tidak menyangkut kelas saya dan mengira baik wali kelas TK B dan guru gambar sudah memberitahu kepsek tentang berhalangannya guru gambar hari ini membuat saya tidak bicara apa pun mengenai hal ini sebelumnya kepada kepsek.

“Kamu pegang 2 kelas kalau begitu” kata kepsek.

Sambil cengar cengir saya memunculkan diri di kelas TK B melalui celah terbuka di antara loker-loker yang memisahkan kelas saya dengan kelas itu. Celah selebar badan saya itu dalam keadaan normal di tutup oleh 2 lemari plastik setinggi dada saya.


“Gimana? Aman tenteram saja kan?” tanya saya pada teteh yang segera mengacungkan jempolnya.

“Sip” jawabnya membalas cengiran saya.

Dari awal sampai akhir semua memang berjalan dengan baik. Untung juga dari 17 anak di TK B ada 7 yang tidak masuk jadi suasana terkendali. Yang masuk pun tidak terlalu grasah grusuh. Jadi yang murang maring tidak karuan juntrungan itu cuma kepsek. 

Mbok ya tenang dong kenapa sih. Ngapain harus jadi gelisah sih?

Padahal di mana-mana yang namanya komandan itu kan justru yang harus paling tenang supaya tidak membuat resah anak buahnya. Lha, yang terjadi di sekolah ini justru kebalikannya.

Saya tidak mau terlalu ribet hari ini. Jadi cuma 2 tugas saja yang saya berikan kepada anak-anak setelah kami selesai latihan drama. Pertama mewarnai gambar 6 ayam.



Lalu menebalkan & menulis huruf n.




Pulangnya saya mampir ke warnet tidak jauh dari kecamatan. Hanya untuk mengisi waktu saja menunggu jam 2 saat harus berkumpul di TK yang letaknya di sisi kecamatan. Guru-guru TK cabang 3 yang meliputi daerah Ciomas, Taman Sari dan Dramaga memang di minta berkumpul di sana jam 2 siang untuk berlatih 2 lagu yang akan dinyanyikan hari Senin (16/5) dalam acara Ultah IGTKI (Ikatan Guru TK Indonesia) yang ke 61.

Jam 1.30 saya sudah tiba di TK itu. Wah, kok masih sepi? Yang ada baru kepsek. Lalu bapak pemain keyboard yang merangkap pelatihnya. Jadilah saya memanfaatkan sikon dengan memotret TK itu. Hm, kapan ya saya punya TK sendiri sebesar dan seluas ini?






Latihan selesai jam 4 sore. Heh! Capek!
___________________________________________________________________

B class teacher went out of town since yesterday afternoon. She supposed to be replaced with drawing teacher but he couldn’t come as he had to be a jury in drawing competition today. He left drawings for B class kids to be colored.

So things were under control. But headmaster kept grumbled and complained because she wasn’t informed. I thought drawing teacher or B class teacher had informed her about it and that’s why I didn’t say a thing about it.

“You take charge in B class too then” she said to me eventually.

With a big grin on my face I went to B class which was being charged by school’s cleaning lady who didn’t mind at all as she’d rather be there than to be in PG class babysitting the kids there as well as babysitting headmaster.

“Everything under control here?” I asked her.

She gave me a thumb up “Yep”

Good thing is out of the 17 kids in B class, there were 7 absent so it was quiet and therefore easy to handle. It is really not a big deal at all. So, chill out, will ya? 

But it was once again headmaster who made big fuss out of minor things. Every commander should remain calm and composed as not to make their men restless. It works differently in this school. We are the ones who remain calm and composed while headmaster doesn’t.
 
I gave simple tasks to the kids in my class. The first one is to color the 6 chickens.

The last is to write the letter n.

Went to this kindergarten near the subdistrict office to attend singing rehearsal for Teacher’s Organization’s 61st anniversary that will be held in Monday, May 16th.

I’ve got there at 1.30 pm. No one there except headmaster and the guy who played the keyboard and was to become our singing coach. So I looked around, took some photos and wondered when will I have my own kindergarten as wide and big as this one?

The rehearsal went till 4 pm. Man, I was so tired.

No comments:

Post a Comment