Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Friday, July 19, 2013

You Are Not Alone..

Biar judulnya ini catatan harian tapi saya hanya menulis tentang hal-hal yang ingin saya bagi.


Though this is a diary, I only write the things I want to share.

Bukan supaya mereka yang mengenal saya dan kemudian membaca tulisan-tulisan saya di sini dapat berkata ‘oh, si Keke ternyata begini.. begitu...’ dengan nada mencela atau kaget.

Not to make those who know me and then read my posts could say ‘well what do you know, Keke is…’ with mock tune or surprisenes.

Tapi tujuan utama saya adalah supaya melalui beragam pengalaman dan pemikiran yang saya tuliskan di blog ini bisa membuat orang yang membaca apa yang dia alami, rasakan atau pikirkan ternyata juga dialami, dirasakan atau dipikirkan oleh orang lain.

My main reason by sharing my various experiences and thoughts in this blog is to tell  the readers that the things they have or are going through, feel or think are not theirs alone.

Misalnya, kalau anda (pernah atau sedang) mengalami kesukaran melalui sakit entah itu penyakit serius atau hanya recehan, dan anda merasa kesukaran itu demikian menyesakkan hati, membuat anda hampir bangkrut karenanya atau sangat putus asa, yakinlah bahwa anda bukan satu-satunya yang pernah atau sedang mengalaminya. Dalam beberapa postingan, saya menulis bagaimana orang tua saya sakit dan saya pun ikut sakit. Sampai saya pernah tiba di titik dimana saya demikian putus asanya, saya merasa tidak ingin hidup lagi.

For instance, if you (had or are) have hardship through illness, whether it is a serious one or a just a common one, and you feel the hardship pressing you, making you nearly broke or so desperate, be sure that you are or were not the only one who have or had it. In some posts I wrote how my parents got ill and then I was ill too. I have once reached the point where I was so desperate, I just wanted to die.

Kalau anda merasa marah atau kecewa dengan kehidupan, anda bukan satu-satunya yang merasa seperti itu. Saya pernah mengalaminya dan saat ini masih berjuang mengatasi perasaan demikian.

If you feel angry or disappointed with life, you are not the only one who feels that way. I have felt the same and still fighting those feelings.

Anda merasa bingung kemana kehidupan akan membawa anda? Hehe, saya juga. Apalagi karena yang terjadi tidak berjalan sesuai dengan apa yang saya rasa adalah panggilan hidup saya.

You are confuse thinking where is life taking you? Lol, me too. Especially when it does not go the way what I thought should be to fulfill my call.

Anda pernah mengalami di hina atau direndahkan orang? Saya menuliskan pengalaman saya dalam beberapa postingan di blog ini.

Have you been insulted or degraded by other people? I wrote about my experience on this subject in few of my posts.

Anda memiliki teman-teman akrab? Anda bersahabat karib dengan mereka, menertawakan hal-hal yang orang lain tidak mengerti, berbagi rasa dan rahasia, saling menolong, saling membela, saling mengasihi tapi kadang juga saling membuat jengkel satu dengan lainnya. Bukan hanya anda yang mengalaminya, saya menuliskan tentang sahabat-sahabat saya di beberapa postingan saya.

Do you have close friends? You be bestfriended with them, laugh about the things other people don’t understand, sharing the feelings and secrets, help each other, defend one another, loving and yet also upsetting each other. You are not the only one, I wrote about my close friends in few posts.

Anda pernah atau sedang jatuh cinta? Saya juga dan saya mengisi beberapa postingan khusus menceritakan tentang pengalaman serta perasaan saya tentang mereka yang pernah saya cintai atau laki-laki yang sedang saya cintai.

Have you been or are you in love now? So have I and so do I. I wrote about my past and present love.

Pernah tergoda dengan orang lain? Jangan khawatir, anda bukan satu-satunya yang mengalaminya. Saya pernah dan itu terjadi lebih dari satu kali. Bagaimana rasanya, kebingungannya, pertimbangan dan jalan keluarnya, semua saya tulis dalam beberapa postingan.

Have you got attracted to other man/woman that is not your partner? Don’t worry, you are not the only one. I had and it happened more than once. How did it feel, all the confusion, consideration and solution, I wrote all about it in my posts.

Pernah bepergian? Saya bukan traveller tapi saya toh pernah travelling dan hal-hal yang saya temui dalam perjalanan itu, mulai dari yang menyenangkan, menyebalkan, menakutkan sampai yang membingungkan bisa anda baca sendiri di blog ini. Anda bisa memahaminya bila anda pernah mengalami kejadian-kejadian yang saya alami. Kalau pun anda belum mengalaminya, apa yang saya tulis bisa menghibur atau memberi pengetahuan.

Have you been traveling? I am not a traveler but I did some traveling and the things I experienced during the trip, the fun part, the upsetting, scary to the confusing ones can be read in this blog. If you have had the same experiences, you can relate them with mine. If you don’t have it then I hope my writing can entertain or pass on the information.

Janganlah mengira bahwa untuk menjadi seorang yang berhasil dalam hidup, anda harus sangat pintar dalam segala bidang. Saya pernah menulis bahwa saya tidak pernah menikmati masa 12 tahun sekolah karena saya tidak pintar. Bakat saya di bidang sastra, fotografi dan komputer baru muncul belasan atau mungkin puluhan tahun kemudian. Saya di anggap ‘under dog’, diremehkan oleh sanak saudara, guru, teman-teman dan kenalan.

Don’t think that you have to be smart in every subject to success in life. I have written how I never enjoyed my 12 years in school because I was not a smart kid. My talents in literature, photography and computer came to the surface many many years later. I was an ‘under dog’, underestimated by families, teachers, friends and acquaintances.

Anda mengatakan tidak ada satu pun hal menarik dalam hidup anda? Haha. Tidak mungkin. Saya telah menulis tentang berbagai hal ‘biasa’ dalam kehidupan saya dan membuatnya menjadi sesuatu yang menarik untuk di baca. Hidup anda mungkin malah lebih menarik dari hidup saya. Jadi kenapa tidak mulai merekamnya melalui tulisan, kamera atau media lainnya?

You said nothing interesting in your life? Haha. That is impossible. I have written about many ‘ordinary’ things in my life and making them interesting material to read. Your life probably is more interesting than mine. So why not start to have it record through writing, camera or other media?

Menjadi seorang penulis sulit? Harus punya IPK atau IQ tinggi? Harus sering traveling? Harus belajar ilmu jurnalistik dulu? Bah! Kata siapa? Saya menulis tentang orang-orang atau hal-hal yang ada di sekitar saya, misalnya tentang orang tua saya, murid-murid, pacar, teman-teman, anjing peliharaan, rumah, kamar mandi, sabun sampai kecoak.

Is it hard to become a writer? Need to have high GPA or IQ? Has to travel often? Must learn journalism first? Hell! Says who? I wrote about the people or things around me such as my parents, students, boyfriend, friends, dog, house, bathroom, soap to cockroach. 

Anda memiliki impian tapi belum juga terwujud? Wah, itu artinya anda harus berjabat tangan dengan saya karena kita samaan dong dalam hal ini. Hehe. Impian saya banyak dan bukan impian sederhana. Tapi yang terjadi adalah, saya bertambah usia namun rasanya belum juga mendekati impian-impian itu, setidaknya begitulah perasaan saya. Apakah saya berniat untuk melupakannya? Atau menyederhanakannya? Tidak. Sama sekali tidak. Di saat saya sedang berada dalam kondisi yang sangat rendah pun, impian-impian itu tetap ada dalam hati saya.

Do you have any dream that has not came to pass? Well, it means we should shake hands because you and I have a common. Lol. My dreams are many and not simple. But what happen is I get older but yet I am not getting closer to my dreams or it seems that way to me. Would it make me forget them? Or simplifies them? No. I will never do that. Even in my lowest point, the dreams stuck in my heart.

Seringkali kita merasa hanya kita satu-satunya yang mengalami kesukaran. Tapi sebetulnya ada banyak manusia lain yang mengalaminya juga.

Sometimes we feel we are the only one who are in trouble. But in reality there are many others are having it too.

Kita bisa saja tinggal di kota atau negara yang berbeda, tapi yang namanya kesulitan itu tidak pilih-pilih berdasarkan letak geografi, suku, agama atau usia.

We may live in different town or country but hardship does not picky on this, it does not sort us according the place we live geographically or by ethnic, religion or age.

Ketika sedang mengalami kesulitan, apalagi yang nampaknya seperti tidak ada akhiran atau tidak ada jalan keluar, saya beberapa kali terjebak dalam ketakutan, kecemasan, kemarahan, keputusasaan dan bahkan depresi. Dan saya yakin saya bukan satu-satunya yang pernah merasakan atau mengalami hal seperti ini.

When I had to endure hardship, especially when it seemed it had no end or there was no way out, I found myself fell to fears, worries, anger, desperation and even depression. And I am sure I am not the only one who have felt or experienced it.

Dalam keadaan demikian, kadang tanpa sengaja saya mendengar, melihat atau membaca tentang orang-orang lain yang sedang mengalami kesukaran dan biasanya hal itu membuat saya merasa masalah atau penderitaan saya jadi seperti tidak ada artinya bila dibandingkan dengan apa yang pernah atau sedang mereka alami.

When I was in that situation, sometimes I heard, saw or read about people who have endured or enduring hardship that made me feel my problem or hardship is nothing compares to theirs.

Jadi saya membagikan berbagai pengalaman serta pemikiran saya antara lainnya untuk tujuan demikian. Ketika anda sedang mengasihani diri sendiri atau sedang mengalami kesusahan, ingatlah bahwa ada banyak orang lain yang kesusahannya mungkin jauh lebih besar dari kesusahan anda tapi mereka berjuang untuk tetap bertahan dan pada akhirnya mereka dapat melaluinya. Dengan demikian anda bisa menemukan kembali semangat atau kekuatan yang hilang.

So I share my various experiences and thoughts for that reason too. When you have self pity or dealing with hardship, just remember that there are many others whose hardship is probably bigger or harder than yours but they hang in, they won’t give up and at the end they get through it. Hopefully it can inspire you to find your lost spirit or strength.

No comments:

Post a Comment