Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Wednesday, February 26, 2014

It’s The Things You Do..

Hal-hal yang kamu lakukan.. yang membuat saya menyayangimu..

It’s the things you do.. that make me love you..

Dalam dunia yang penuh dengan egoisme ini dimana orang mencari apa yang menguntungkan, membahagiakan dan menyenangkan bagi dirinya walau untuk itu dia harus mengorbankan perasaan, nafkah dan bahkan nyawa orang lain.. menemukan dan memiliki orang-orang yang tidak melakukan hal-hal seperti itu merupakan sesuatu yang sangat berharga.

In the world filled with ego where people seek what is profitable and pleasant to themselves eventhough it is at the price of other people’s feelings, livelihood and even lives.. finding and having people who don’t do that is something most treasured.

* * *

Hal-hal yang kamu lakukan.. yang membuat saya jatuh cinta padamu..

It’s the things you do.. that make me fall in love with you..

Pada suatu hari saya bertemu dengan sepasang suami istri kenalan saya. Dari percakapan mereka, saya mengetahui bahwa si istri menemani suaminya mengurus beberapa dokumen karena suaminya merasa kurang yakin kalau pergi sendiri.

One day I met a couple whom I know and I learned from their conversation that the wife accompanied her husband who needed to take care some documents because he felt less confident if he went all by himself.

Selama lebih dari 40 tahun saya menyaksikan orang tua saya bersama-sama melewati berbagai saat bahagia dan saat sulit. Saya melihat bagaimana mereka saling mendukung satu dengan lainnya, saling merawat dan berusaha untuk hadir ketika yang lainnya membutuhkan pasangannya.


For more than 40 years I witnessed my parents dealt with happy and tough times together. I saw how they supported each other, how they take care one another and tried to be there when the other was in need.

Kadang kita terjebak dalam pemikiran atau asumsi bahwa untuk dicintai seseorang, kita harus memiliki wajah yang cantik atau tampan, harus mempunyai badan langsing, tinggi, gagah, berotot, berkulit putih, berambut lurus, harus punya otak pintar atau berprestasi luar biasa di bidang tertentu, harus menjadi seorang yang sukses atau kaya raya, ataukah hanya mereka yang berusia muda yang boleh jatuh cinta?

Sometimes we let ourselves fell into these kind a thinking or assumption that to be loved by somebody, we have to be beautiful or handsome, must have a slim body, tall, muscular, fair skin, straight hair, should be smart or be a star in certain field, be a successful person or rich, or do you think young people are the only ones who can fall in love?

Selama 6 tahun kebersamaan kami, Andre selalu gelisah melihat ada saja laki-laki yang menyukai saya melebihi batas kekawanan.

In our 6 years of relationship, Andre has always restless seeing there is always men who like me more than just friends.

Belum lama ini seorang kawannya terang-terangan mengatakan dia menyukai saya. Tentu saja ini mengejutkan kami berdua.

Just recently one of his friend said he likes me. Of course this admission surprised us both.

“Heran saya, akhir-akhir ini kok banyak betul sih lelaki yang suka sama kamu” Andre nyengir antara heran, cemburu, kesal dan cemas.

“I just don’t get it, why is it there are many men fell for you lately” Andre grinned in between his confusion, jealousy, upset and concern.

Saya ikut nyengir karena pikiran saya tertuju pada seorang laki-laki yang menyukai saya. Dan dia sudah memiliki pasangan yang menurut saya memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan saya.

I grinned too as my mind flew to a man who likes me whose partner, in my opinion, has so many things which I don’t have.

Jadi ketika saya mulai melihat dan menyadari rasa sukanya kepada saya, saya bingung apanya yang bikin dia suka sama saya?

So when I started to see and notice his feelings for me, I wonder what makes him fell for me.

Soalnya secara fisik, saya kalah dengan pasangannya. Dalam penilaian saya, saya tidak cantik. Sementara pasangannya itu, sekalipun usianya jauh lebih tua dari saya tapi perempuan itu cantik, tinggi dan langsing. Saya? Aduh, saya kalah deh..

Because when it comes to physical appearance, I can’t be compared to his partner. In my own opinion, I am not pretty. In the meantime, his partner though much older than me but that woman is beautiful, tall and slim. Me? Oh hell, no, I am not even close to any of those.

Urusan gaya pun saya kalah karena pasangannya itu seorang yang feminin, lembut dan modis. Saya? Gaya saya ngoboi, saya tidak lemah gemulai, saya cuek dalam urusan penampilan, saya tomboy.

And she’s got style. She is feminine, graceful and elegant. Me? I am too down to earth, I am not graceful, I am careless about my appearance, I am a tomboy.

“Tidak selalu harus dari penampilan luar” kata beberapa orang yang saya tanyai.

“It’s not all about outer appearance” said few people when I asked their opinion.

Yah, saya tidak mau membentuk opini orang terhadap diri saya karena saya adalah perpaduan dari hal-hal baik dan buruk, terang dan gelap.

Well, I don’t want to give people certain image about myself because as a person I am a combination of good and bad, light and dark.

Ketika orang menyukai, menyayangi atau jatuh cinta pada saya maka anda harus bertanya pada orang itu apa yang membuatnya bisa merasa seperti itu.

When somebody likes, loves or falls in love with me, you have to ask that person what have made him/her feel that way toward me.

Tapi kalau ditanya mengapa saya bisa menyukai, menyayangi atau jatuh cinta pada seseorang, maka jawabannya kira-kira seperti ilustrasi dibawah ini.

But when I am asked what makes me like, love or fall in love to somebody, maybe the answer can be found in the illustration below.

Seseorang pernah bertanya apakah saya mau jalan dengannya. Pertanyaan yang bikin saya bingung. Kenapa saya tidak mau jalan dengannya? Dia seorang yang baik, menyenangkan, waktu telah membuktikan bagaimana dia berada di sisi saya ketika saya berada dalam keadaan lemah, dia membuat saya merasa nyaman dan aman. Jadi setiap kali saya berada bersamanya, hal-hal itulah yang saya lihat, bukan bagaimana penampilan fisik atau usianya.

Somebody asked me if I would like to go out with him. A question that confused me. Why wouldn’t I want to go out with him? He is a good and nice person, time has proved how he stood by my side when I was weak, he makes me comfortable and safe. So whenever I am with him, those are the things I see, not his physical appearance or his age.

* * *

Hal-hal yang kamu lakukan..

It’s the things you do..

Kita sering uring-uringan, ngambek, marah, tersinggung, kesal ketika orang tidak melakukan hal-hal yang kita inginkan atau harapkan.

We have tantrum, feel upset, mad, offended when people don’t do what we wanted or wished.

Akibatnya hal-hal baik yang mereka lakukan jadi tidak masuk hitungan lagi..

This makes all the good things they do no longer counts..

Bicara dari pengalaman pribadi.. saya melewatkan sebagian besar usia saya dibesarkan dan tumbuh sebagai anak tunggal yang membuat saya terbiasa menerima perhatian dan kasih sayang berlebih dari orang tua. Hal ini membuat saya menjadi orang yang penuntut, terutama pada mereka yang saya tahu memperhatikan dan menyayangi saya.


Speaking from personal experience.. I spent most of my age raised and grew up as an only child which makes me get used to have full-extra attention and love from my parents. It forms me into a demanding person especially to those who I know have attention and love me.

Saya bisa ngambek cuma gara-gara perkara sepele misalnya saat orang tidak bisa melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan atau keinginan saya.

I could get mad over small stuff like when somebody couldn’t do things according to my wishes.

Tapi kemudian saya menyadari hal itu membuat saya tidak lagi berpikir rasional karena saya dikuasai oleh rasa kesal atau marah sehingga saya tidak mau bersabar, tidak mau menerima alasan apa pun dan parahnya saya jadi lebih berkonsentrasi pada hal-hal yang tidak dilakukan oleh orang itu dan melupakan hal-hal baik yang ada dalam dirinya atau yang telah dia lakukan bagi saya.

But later I realized how it made me think irrationally as I was so annoyed or upset that I lost my patience, I didn’t want to accept any excuse and worst thing is I focus on the things that person didn’t do and forgot the good things in him/her or the things he/she has done for me.

Jadi saya pikir hal-hal di atas itu adalah bagian dari mencintai atau menyayangi seseorang.

So I think those are the part in loving somebody.

* * *

Hal-hal yang kamu lakukan untuk saya..

It’s the things you do for me..

Yang membuat saya tahu kamu menyayangi dan peduli pada saya.

That tells me you love and care for me.

* * *

Hal-hal yang kamu lakukan untuk saya..

It’s the things you do for me..

Yang membuat saya menyayangimu.

That make me love you.

* * *

Hal-hal yang kamu lakukan untuk saya..

It’s the things you do for me..

Yang membuat dirimu istimewa bagi saya.

That make you special to me.

Karena dalam segala keterbatasan, kelemahan, kekurangan, kelelahan, kesibukan dan berbagai hal yang harus kamu kerjakan, atasi dan pikirkan.. kamu melakukan hal-hal, entah itu besar atau kecil, untuk menyenangkan hati saya, sebagai bentuk perhatianmu kepada saya dan menjadi cara untuk menyatakan kasih sayang serta kepedulianmu pada saya.

Because in all of your limitation, weaknesses, exhaustment, things that make you busy, things you have to deal with or to think about.. you do things, either big or small, to make me happy, finding ways to give your attention to me and to let me know you love and care for me.
* * *

Saya gembira memiliki orang-orang seperti ini dalam hidup saya, saya menghargai mereka dan saya menyayangi mereka dengan seluruh hati saya.

I am happy to have these people in my life,  I appreciate them and I love them with all of my heart.


No comments:

Post a Comment