Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Thursday, January 31, 2013

House Cleaning (4)

Without You By My Side

Rumah memang sudah waktunya dibersihkan tapi bukan itu satu-satunya alasan mengapa saya menyibukkan diri dengan urusan ini.

1-2 minggu pertama setelah Andre kembali ke negerinya adalah saat-saat yang sulit bagi saya. Selalu ada rasa kehilangan yang besar. Kekosongan yang bisa bikin saya merana. Kesepian yang menekan syaraf.

Jadi saya mencari kegiatan yang menyibukkan badan dan pikiran. Badan yang capek bikin saya bisa langsung tertidur begitu membaringkan diri di tempat tidur. Tidak perlu berbaring dengan pikiran melayang kemana-mana.

Memasuki minggu ke tiga biasanya saya sudah mulai terbiasa dengan keadaan tanpa kehadiran Andre. Saya kembali pada diri saya yang mandiri secara fisik dan emosi. Tapi untuk sampai ke minggu ini, ada waktu 1-2 minggu yang menyengsarakan. Hehe. Anda tidak bisa mengerti sepenuhnya tentang arti ini kecuali anda mengalami sendiri terpisah dari keluarga atau orang tercinta dalam jarak yang cukup jauh dan waktu yang lama.

Ada suka duka dalam menjalin hubungan jarak jauh. Sisi baiknya adalah melatih kemandirian. Saya merasakan bahwa berada dekat dengan orang tua atau Andre justru membuat saya cenderung jadi manja dan tidak mandiri. Mereka terlalu memperhatikan, menjaga dan mengurusi saya. Begitu saya terpisah dari mereka, nah, di situ saya di paksa sikon untuk bisa mandiri sepenuhnya.

Yang tidak enaknya dalam urusan kebersamaan. Kehadiran orang-orang terkasih sangat menolong pada waktu kita sedang berada dalam kondisi tidak kuat secara fisik atau mental. Karena segagah atau setegar apa pun seorang manusia, dia tetap membutuhkan dukungan orang lain. 

Nah, jadi setelah sapu-pel, mengelap meja-jendela dan memandikan Doggie, tas ransel, sepatu, kulkas serta pajangan di atas lemari dan yang menempel di tembok pun tidak luput dari pembersihan, trus, apa lagi ya yang bisa dibersihin?.. nyari sasaran lain nih ceritanya.. hehe...
_____________________________________

The house did and does need to be cleaned but it is not my only reason. I have other reason why I keep myself busy with cleaning work.

1-2 weeks after Andre returned to his country have always been the hard time for me. There is this feeling of loss. The emptiness is a torture. Loneliness would eat my nerve if I didn't distract myself. So when I am tired I would fall to sleep easily and my mind wouldn't wander around. 

Those feelings ease up in the third week because I usually have overcome those feelings and back to myself. Living independently, physically and mentally, without Andre by my side. You wouldn’t understand this perfectly unless you are in the same situation or have been in there before.

There are positive and negative sides on long distance relationship. The good thing about it is it forces anybody to be independent. I was more independent when I lived far away from my parents and Andre. The way they care and protect me does not make me independent.

The bad side about living separately from them is not having their presence that is needed during hardship. The presence of the loved ones is really a big support any living human, no matter how tough that person might be.

Soafter sweeping and mopping the floor, dustingwindows-shoes-backpack-fridge cleanings including the  knick knacks on the shelves and the walls, and bathing the dog, what's more to clean?.. lol..

No comments:

Post a Comment