Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Wednesday, January 30, 2013

House Cleaning (1)

Sweeping and Mopping The Floor

Setelah Andre pulang barulah saya bisa mulai membersihkan rumah. Selama 3 minggu saya tidak bisa betul-betul membersihkan rumah karena selama Andre ada di sini tentunya waktu saya setelah pulang dari kantor dan pada hari libur lebih banyak dihabiskan bersama dengan dia.

Jadi saya mulai dengan menyapu dan mengepel lantai. Sofa, kulkas, kursi dan rak plastik di geser supaya kolong-kolongnya bisa di sapu dan di pel. Bahkan saya sampai merangkak-rangkak ke bawah meja makan, meja hias dan tempat tidur. Cleaning servisnya niat banget bebersih, kata nyokap. Hehe.

Hacih! Hacih!.. haduh, sampai bersin-bersin saya. Rumah yang hanya di huni oleh 3 orang dan seekor anjing ternyata bisa menyimpan banyak debu. Gimana kalau rumah dengan penghuni berjumlah lebih dari setengah lusin ya? Hehe..

Sebetulnya saya mewajibkan diri untuk menyapu dan mengepel rumah seminggu sekali karena bokap cuma bisa menyapunya sekali sehari saja. Yah, dari 3 penghuninya, hanya saya yang paling muda, paling kuat dan paling sehat sehingga bagian tugas menyapu dan mengepel rumah secara keseluruhan diserahkan kepada saya. Tapi ya karena saya kerja kantoran maka 2 pekerjaan rumah itu hanya bisa saya kerjakan seminggu sekali saat saya libur. Jadi tidak heranlah kalau debunya di tabung seminggu.

Ya bukan debu aja. Ada rontokan bulu si Doggie, ada kotoran cicak, kadang juga ada bangkai kecoak atau cicak dan noda-noda dari ceceran makanan atau nasi.

Ga heran kalau saya selalu mengepel dengan gaya melata alias tidak memakai alat pel yang bertongkat. Dengan cara melata begitu, segala noda dan kotoran di lantai bisa lebih terlihat dan lebih bisa dibersihkan.

Nah, di musim hujan begini…, pagi di sapu dan di pel, siang atau sorenya hujan mengguyur. Kalau cuma gerimis sih tidak apalah. Tapi ini langsung hujan deras, bahkan tidak jarang seperti badai. Haduh mak!! Ubinku sayang yang tadi cling, sekarang bukan cuma basah tapi juga kena cipratan tanah. Belum lagi doggie yang dengan santainya masuk ke rumah dengan kaki basah.

Grrrrrr!!!...

Tapi enaknya nyapu dan ngepel di musim hujan, ya, udaranya sejuk jadi tidak bikin saya keringetan. Hehe.

Yang pasti sih pekerjaan rumah yang satu ini ngabisin tenaga banget. Jadi sebelum mulai kerja, saya sarapan sedikit dan setelah selesai serta habis mandi, saya pasti makan sedikit lagi. Kalau tidak begitu, dari pengalaman, tekanan darah saya bisa anjlok. Ini ketahuan dari pandangan mata yang tiba-tiba berkunang-kunang.  

Anggapan umum bahwa olah raga atau beraktivitas menjadi cara untuk menaikkan tekanan darah tidaklah selalu benar. Buktinya dari dulu sampai sekarang tekanan darah saya malah turun kalau saya berolah raga atau beraktivitas yang terlalu menguras tenaga.

Jadi, saya salut sama para pembantu rumah tangga atau ibu rumah tangga yang dalam sehari bisa melakukan pekerjaan rumah lebih dari satu jenis. Eh, jangan anggap enteng pekerjaan menyapu, mengepel, memasak, cuci piring, cuci / setrika pakaian. 

Pembantu rumah tangga di kompleks tempat tinggal saya umumnya bekerja antara 2-5 jam sehari. Gile itu tenaganya!!.. ya bayangin ajalah, lebih dari 3 macam pekerjaan rumah dikerjakannya dalam waktu sesingkat itu. Tidak heran mereka umumnya tidak ada yang gendut. Hehe. Tapi ceking-ceking gitu jangan di kira tenaganya tidak ada. Coba aja salaman sama mereka, wih, genggaman bionic woman. Hehe.

Cuma omong-omong, kalau pekerjaan banyak harus dikerjakan dalam waktu terbatas, hasil pekerjaannya kayak gimana ya? Terjamin ga kebersihan atau kerapihannya? Trus, ada berapa banyak piring dan gelas yang pecah ya? Hehe..
_________________________________________

I could not really clean my house when Andre was still around because I spent most of my time after work and on my day off with him.

My style when mopping the floor :)
So I started with sweeping and mopping the floor. Chairs, sofa, refrigerator, shelves were put a side. I even crawled myself under the tables and beds. What a cleaning lady do we got, said my mom. Lol.

And it made me sneezed! The house stores quite a lot of dust. And there are just 3 people and a dog live in this house. How if it is inhabit by more than half a dozen people?. Lol.

I put sweeping and mopping the floor as a once a week task. My dad can only sweep the floor once a day. So being the youngest, the strongest and the healthiest member of the family make me be the one who have to regularly do the sweeping and mopping the floor. No wonder if most of the dust is saved for a week.

It is not just dust. There are Doggie’s fur, house lizard droppings, dead lizard or cockroach, food or rice stains on the floor.

It is why I prefer to mop the floor not using the mopper. When I crawled around the floor with the mop, I can locate the stains easily and can clean it thoroughly than when I use the mopper.

In this rainy season I can’t expect to have my clean floors last long in the afternoon. It wasn’t just a drizzle. Most of the times it was pouring rain. My poor shiny clean floor… not only it wet, the drop of muds covered it. And doggie, my dog, walked inside the house with its wet paws.

Grrrrrr!!!...

Anyway, the good thing about sweeping and mopping floor in rainy season is the nice temperature make me don’t get sweat.

One thing for sure is the work takes lots of energy. It is why I always take light breakfast before doing both work and after it’s done I take a bath and then take another light snacking. If I don’t my blood pressure would drop. Common opinion is doing exercise and being physically active can boost up blood pressure. Well, they don’t work on me. Infact, doing too many physical activities makes my blood pressure drop.

So thumbs up to maids, cleaner or housewives who can do lots of house chores in a day. You can’t underestimate the work of sweeping and mopping the floor, cooking, washing the dishes, wash the laundry or ironing. They take lots of energy.

The maids in my neighborhood spend about 2-5 hours to do more than 3 house chores. I can’t imagine how they do all those work in short time. What an energy they have! No wonder rare have over weight. They have got horse power in those tiny bodies. Don’t believe me? Try shake their hands. That’s a bionic woman’s handshake they have got there. Lol.

Oh but I wonder about the quality of a work when it is done in short timeAre the dishes or the clothes cleanAnd how many glasses or plates have been broken in the process?

No comments:

Post a Comment