Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Thursday, January 10, 2013

December Flashback – Off Tutoring

Pengalaman saya sebagai guru les jauh lebih lama dari pada sebagai guru TK karena sebelum mengajar di TK, saya sudah lebih dulu mengajar les. Kemudian setelah saya berhenti mengajar di TK, saya tetap mengajar les.

Lucunya lagi pernah penghasilan saya dari mengajar les mencapai dua kali lipat dari gaji saya sebagai guru.

Yah, mengajar les memang tetap saya pertahankan sampai sekarang untuk menambah penghasilan. Kalau gaji yang saya peroleh dari pekerjaan sudah mencukupi tentunya tidak akan mau saya mencari penghasilan tambahan. Saya bukan tipe manusia mata duitan atau yang ambisi mengejar uang. Buat saya kalau penghasilan saya mampu menghidupi saya dan ortu serta sisanya cukup untuk membuat saya bisa bernapas, ya itu saya anggap sudah cukup.

I tutor some of the kids in this photo
Mana yang lebih saya sukai? Mengajar di sekolah atau mengajar les? Masing-masing ada enak dan tidak enaknya. Kalau di sekolah semua sudah teratur. Tapi tidak enaknya jumlah murid di sekolah lebih banyak membuat proses belajar tidak maksimal kalau di kelas gurunya hanya ada satu.

Karena itu saya membatasi jumlah murid les saya. Paling banyak hanya 4 anak per sesi. Dengan demikian setiap anak bisa menerima perhatian dari saya sama besarnya.

Tidak enaknya mengajar les adalah soal kedisiplinan individual. Ada anak yang bisa datang tepat waktu atau malah beberapa menit lebih cepat tapi ada juga yang bawaannya telat mulu.

Saya pernah sampai ketiduran saat menunggu murid-murid les saya datang, yang oleh karena satu dan lain hal berhalangan datang tepat waktu dan tidak memberi tahu saya. Nah, awalnya saya menunggu sambil membaca buku. Lama-lama capek juga saya membaca sehingga saya pikir untuk berbaring sebentar di sofa ruang tamu saya. Eh, tidak tahunya saya ketiduran dan baru terbangun saat mendengar suara mereka di sebelah saya karena ketika mereka datang mereka langsung masuk ke ruang tamu. Hehe. 

Di minggu pertama bulan Desember lalu mereka telah menjalani ulangan umum semester ganjil dan tinggal menunggu penerimaan raport. Jadi saya meliburkan les mereka. Yang ingin dan perlu istirahat bukan hanya mereka tapi juga saya.

Lagi pula pekerjaan mulai banyak menjelang natal dan tahun baru. Saya tidak ingin badan babak belur karena capeknya dobel dari bekerja dan juga mengajar les. Salah satunya harus diliburkan.

Kesehatan saya juga sempat kembali menurun di bulan Desember. Jadi saya ingin di hari-hari libur saya bisa total istirahat tanpa sepanjang siang sampai sore harus mengajar les.

Dan Andre pun akan datang di akhir bulan Desember. Kami memang tidak merencanakan akan bepergian karena saya tidak mengambil cuti, cuaca dan kesehatan saya juga tidak mendukung tapi setidaknya di hari libur saya dan sepulang kerja, kami bisa bersama-sama seharian.

Jadi itulah yang terjadi dalam urutan peristiwa berikutnya di bulan Desember 2012. Yang pertama adalah nyokap ultah. Minggu berikutnya anak-anak les saya liburkan.
___________________________________

I have longer experience working as a tutor than a teacher. I have tutored before I worked as kindergarten teacher and I am still a tutor even after I resigned my work as kindergarten teacher.

Funny thing is I once made more money from tutoring than from teaching.

I am still doing the tutoring to make ends meet. I am not a materialistic person nor I am so eager to get more money. I am doing the tutoring because my salary from my present job can’t make ends meet. If I make enough money to support myself and my parent then I would not do side job like tutoring.

Which one I like better? Teach in school or tutor? Well, in school everything is run by fixed term and rule. The disadvantage of teaching in school is there are too many students in every class making it difficult to give equal attention to each student, especially when there is only one teacher in a class.

It is why I accept only 4 students in my tutoring session. This makes me able to give them one on one attention.

The thing I kind a dislike about tutoring is individual ability to come on time or few minutes before tutoring. There are kids who can’t come on time for their tutoring. Always come late.

I was once fell to sleep while waiting for the kids I to come for their tutoring. For some reason they couldn’t come on time and they didn’t call or text me to let me know about it. So I read as I waited them to come. After a while I felt I would lie down on the livingroom sofa. I didn’t know I fell to sleep not until I heard their voices next to me. It was when I realized they were already in the house and stood next to the sofa. Lol.

Now they had their exam in the first week of December so I fred them from tutoring. They were not the only one who needed a break. I needed it too.
Beside, Christmas and new year meant more work to do and I didn’t want to wear myself off to have to do double job. I had to put one of them on a break.

My health was also had another set back in that month. off tutoring means I could have more time to rest after work and on my day off. 

And Andre would be coming at the end of December. We don’t make any traveling plans due to the bad weather and my health but without tutoring means I can spend my time to be with him after work and on my day off.

So that’s what happened in the second week of December 2012. My mother’s birthday was in the first week. Taking a break from tutoring followed in the second week.

No comments:

Post a Comment