Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Wednesday, January 28, 2015

Office Sweet Office

Dari semua kantor yang pernah menjadi tempat kerja saya, kantor yang sekarang ini adalah yang paling enak.

Of all the office I have worked in, the present one is the nicest.

Bagaimana saya bisa tahu? Yah, karena saya telah bekerja sejak tahun 1994 dan sejak itu saya sudah berpindah tempat kerja sebanyak lebih dari sepuluh kali.

How can I tell? Well, because I have joined work force since 1994 and eversince then I have changed jobs for more than ten times.

Dulu pemikiran saya tentang tempat kerja adalah kantor yang bertempat di gedung bertingkat. Dan beberapa kali saya bekerja di kantor seperti itu.

PT. Indosat, Jakarta, 22nd floor

In the past my idea of a work place is an office taken place in multi-storey buildings. And I did work in such offices.

Keadaan berubah ketika saya menjadi guru taman kanak-kanak.

Things changed when I worked as kindergarten teacher.

Ruang kantor saya ya.. ruang kelas tempat saya mengajar.


My office was.. well, the classroom where I taught.

Kondisinya tentu saja jauh berbeda dengan ruang kerja kantor. Tapi ini kantor yang paling saya sukai karena didalamnya ada murid-murid yang saya sayangi dan berada di antara mereka adalah hal yang paling membuat saya bahagia.


It is surely different with office room. But it was my most loveable office because there were my students whom I loved and I was happiest when I was being with them.

Setelah enam tahun bekerja sebagai guru di taman kanak-kanak itu, saya berpindah kerja ke tempat kerja saya sekarang ini.

After six years working as teacher in that kindergarten, I found a job that brought me to my present office.

Nah, beda lagi bentuk kantor saya. Karena dulunya adalah rumah maka setelah menjadi kantor pun bentuk asli rumahnya masih dipertahankan.

Well, another place, another office.. It used to be a house that later turned into an office so basically it is still in the form of a house.

Semakin lama saya bekerja disini, semakin terasa seperti bekerja di rumah sendiri sampai saya menjulukinya sebagai rumah kedua.

The longer I work in this place, the more I feel at home that I even called it my second home.

Saya menyimpan baju dan berbagai perlengkapan lainnya setelah terjadi beberapa kali saya harus menginap karena urusan kerja atau ketika saya harus mengikuti acara sampai malam atau ketika hujan turun demikian deras.. yah, dari pada saya ngotot pulang menerjang hujan deras (dan Bogor tidak main-main hujannya), sampai di rumah malam atau dalam keadaan basah lalu jadi sakit, kan lebih baik saya menginap di kantor.

I have keep some clothes and other stuff incase I have to spend a night at office because of work or when I have to attend an event or whenever there is pouring rain (and I am telling you, you can’t underestimate the rain in Bogor).. so yes, I would rather stay over in the office than to persistently go home under the pouring rain or at late hours, get home late at night or soaking wet and then get sick.

Ada untungnya menginap di kantor. Malam setelah mandi dan istirahat (saya bahkan bisa tidur sebentar di kamar tamu) saya kembali ke ruangan saya untuk bekerja. Awalnya sulit untuk kerja malam tapi lama-lama bisa juga. Malah enak kerja malam. Suasananya sepi. Penghalangnya cuma rasa kantuk dan nyamuk.. hehe..

There are some advantages about stay over at the office. In the evening after taking a bath and rested (I could even sleep in the guest room) I return to my room to work. At first it was hard to work at night but then I get used. Infact it is nicer to work at night. It is quiet. Sleepiness and mosquitos are the only challenges.. lol.

Saya makin suka bekerja malam setelah ada mahasiswi yang magang di kantor karena dia suka menemani saya. Berhubung kami berdua punya rasa humor yang sama gilanya, rasa kantuk, bosan, pegal dan bahkan nyamuk jadi tidak terasa mengganggu karena kami bercanda, mengobrol, bernyanyi atau bisa berjingkrakan tidak karuan mengikuti musik.

I like it better after an intern work in my office because she likes to accompany me. since we have same sense of humor, sleepiness, boredom, muscle stiffness and even mosquitos are no longer become nuisances because we joke around, talk, sing or play the music and dance like nuts.

Kadang kami membeli makanan atau cemilan untuk dimakan sebelum atau sambil kerja.


Sometimes we bought some meals or snacks to be eaten before or while working.



Hal lain tentang tempat kerja saya ini adalah karena bentuknya rumah, pasti ada dapurnya.. bukan sekedar pantry kecil seperti di kantor-kantor dimana saya dulu pernah bekerja. Jadi kalau menginap, pagi-pagi bisa bikin nasi goreng di dapur itu dan bahkan bersama teman-teman sekantor kami beberapa kali mengadakan acara masak-masak.


Another thing about my workplace is since it is located in a house, there is a kitchen.. not just a small pantry as the one in the my former offices. So when I stay over I can make fried rice in that kitchen and along with some friends at work cooked sidedish for our lunch.


Keunikan lain dari kantor saya yang sekarang ini adalah karena bentuknya rumah maka ada ruangan yang cukup luas kalau kami perlu mengatur barang-barang.


Another thing about my present office is since it is in a house whenever we need wide space to arrange stuff, there is quite large room for us to do that. 

Tapi tentu saja tidak ada yang sempurna di dunia ini. Kantor saya ini juga memiliki kekurangan-kekurangan. Misalnya saja bocor. Satu perkara yang tidak pernah bikin pusing saya sewaktu saya masih kerja di gedung bertingkat.

Well of course nothing is perfect in this world. My office has its own imperfectness. The leakage for example. One thing that never brought me headache when I worked in multi-storey buildings.

Yah, biar pun gedung bertingkat tempat saya bekerja tidak pernah ada masalah bocor tapi kalau terjadi gempa.. waduhh.. gedung itu bergoyang dan terbayang tidak harus lari turun lewat tangga darurat dari lantai belasan atau puluhan ke lantai dasar. Saya pernah mengalami hal ini. Gempor deh tu kaki turun dari lantai dua belas.., mana lengkap pula dengan panik.. widih..


The multi-storey buildings I have worked in may never had any leakage problem but when there was earthquake.. ohh.. the building swayed and imagine you have to run down the stairs from the tenth or twentieth floor to the ground floor. I have had that experience. My poor feet trembled when I ran down the stair from twelveth floor.., not to mention the panic.. noo..

Jadi, saya pernah bekerja di kantor yang sesuai dengan gambaran saya tentang sebuah kantor, lalu saya bekerja di kantor-kantor lain yang tidak sesuai dengan gambaran ideal itu tapi ternyata malah lebih membuat saya sehat jasmani-rohani.

So, I have worked in offices that fitted my ideal picture of what an office should be, then I have worked in other offices that didn’t and doesn’t fit the ideal picture but those places have made me physical-mentally healthier.

No comments:

Post a Comment