Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Friday, October 24, 2014

Smart Washing Machine

Benda kedua yang saya anggap mengagumkan setelah smartphone adalah mesin cuci milik teman saya.

The second awesome thing for me, after smartphone, is my bestfriend’s washing machine.

Ketika pertama kali melihatnya saya pikir mesin cuci ini sama saja seperti mesin cuci lainnya.


When I first saw it I thought it was just like any other washing machine.

Teman saya mengobrol dengan saya sambil mencuci baju.

My friend chatted with me as she washed her laundry.

Sambil lalu saya perhatikan dia membuka keran air untuk mengisi mesin cuci itu. Memasukkan baju-baju kotor ke dalam mesin cuci itu. Menuangkan deterjen cair. Sejauh itu tidak ada yang aneh..

I slightly saw her open the tap to fill the washing machine with water. Put the dirty clothes in it. Poured liquid detergent. So far nothing was out of ordinary..

Dia menekan tombol dan mesin cuci mulai berputar. Dituangnya cairan pewangi dan pelembut pakaian. Nah, ini mulai sedikit aneh..

She pressed the button and the washing machine started to work. She poured clothes softener. Well, it was started to look a bit odd..

“Kok dituang sekarang?

“Why do you put it on the washing machine now?”

“Iya, nanti kalau sudah dibilas, dia langsung ngerendam dalam pewangi” jawab teman saya dengan santai.

“Yes, after the clothes are rinsed, it will soak them in the softener” said my friend calmly.

Saya belum sepenuhnya mengerti bahwa semua itu dikerjakan sendiri oleh si mesin cuci. Saya kira teman saya yang akan mengerjakannya.


I didn’t completely grasp the idea that the whole thing would be done all by the washing machine. I thought that what my friend would do.

“Nah, beres” teman saya nyengir “Yuk kita cari makanan”

“I’m done” my friend grinned “Let’s get something to eat”

Lha, kan belon kelar nyuci..

Excuse me, you haven’t done with your laundry..

Teman saya ngakak menertawakan kebingungan saya “mesinnya bisa kerja sendiri”

This gave my friend a big laugh at my confusion “the machine can work by itself”

Maksud lo?

What do you mean?

Mesin cuci itu demikian canggihnya sehingga dia bisa mengatur sendiri berapa banyak air yang diperlukan sesuai dengan banyaknya cucian dan deterjen, lalu setelah sekian menit memutar pakaian, mesin akan berhenti bekerja dan membuang air, mengalirkan air bersih untuk membilas, memutar pakaian, membuang air bilasan, mengalirkan air bersih kembali dan mencampurkan cairan pewangi, sekian menit kemudian air rendaman itu dibuang dan pakaian pun dikeringkan.

The washing machine is so sophisticate, it can do its own measurement on the water needed to wash the clothes, few minutes after wash the clothes, it stops and let out the dirty water, put clean water into the washing tub to clean the clothes off the detergent, spin them all, let out the dirty water and put clean water again to be mixed with the clothes softener, few minutes later it let out the water and dry the clothes.

Gelooo.. hebat amat nih mesin cuci..

No kidding.. it’s really one hell of a washing machine you have there..

Ketika kami kembali ke rumah setelah membeli makanan, pakaian sudah kering. Hebat!

The clothes were dry when we returned home after went out to get something to eat. Awesome!

Wah, seandainya saya punya mesin cuci kayak gitu.

Man, I wish I have one like that.

Angkat jempol untuk mereka yang menciptakan benda-benda hebat seperti itu.


Thumbs up to those who invented awesome stuff like that.

No comments:

Post a Comment