Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Monday, October 27, 2014

If A Photo Could Talk..

“Fotonya makanan mulu” begitu komentar seorang teman.

“You have been taking photos of food lately” was a friend’s comment.

Sebetulnya bukan pertama kalinya saya memajang foto makanan, foto saya sedang makan atau foto ketika saya bersama teman-teman melakukan kegiatan masak-memasak. Jadi saya senyum-senyum sendiri saja membaca komentar seperti itu.


It is not the first time I put photos of meals, photos of me having meals or photos of me and friends cooked a dish or some dishes.

“Buat bikin orang ngiler” jawaban saya untuk komentar teman itu.

“To make people drool” was my answer for that friend’s comment.

Sebetulnya bukan itu tujuan saya. Terpikir saja tidak.


It is actually not my intention. Not even crossed my mind.

Kalau saya memajang foto makanan di facebook saya, pasti ada keterangan itu makanan apa atau keterangan makanan itu jadi menu sarapan, makan siang atau makan malam atau sekedar cemilan.


When I put photo of a dish on my facebook wall, I wrote what dish is that or if it was my breakfast, lunch or dinner menu or just me snacking.


Kalau saya memajang foto saya menghadapi makanan atau foto saya bersama teman atau hanya teman saja yang sedang makan siang maka fokusnya bukan pada makanan atau makan lagi, makan lagi. Tapi itu mengenai suatu momen, suatu kegiatan, suatu kebersamaan. Foto-foto itu pasti selalu saya sertai dengan catatan tentang dimana, kapan atau dalam rangka apa.


When I put my photo facing a dish or some dishes or my photo with friends or just my friends having lunch, the focus is not on the food or is about dining, dining again. It is about a moment, an activity, a togetherness. I have always written about where the photos were taken, when they were taken or on what occasion.


Sama halnya dengan foto masak-masak.


It goes the same with cooking photos.

Itu adalah suatu momen, kegiatan dan kebersamaan dengan teman-teman. Kegiatannya mungkin tidak terlalu istimewa dan tidak juga menghasilkan masakan yang luar biasa istimewa. Tapi karena dilakukan dengan teman-teman maka kegiatan itu, momen itu dan kebersamaan itu menjadi sangat berharga dan sangat istimewa.


It was a moment, an activity and a togetherness with friends. It might not be a super special activity and not resulted in making super special dish. But because it was done with friends made the activity, the moment and the togetherness become priceless and super special.


Alasan lain saya memajang foto-foto seperti ini adalah untuk menunjukkan makanan khas Indonesia pada teman-teman saya yang bukan orang Indonesia.Lengkap dengan pedagangnya yang sudah pasti tidak ada di negeri mereka.


Another reason why I put those kind of photos is to show Indonesian dishes to my foreign friends. Along with the vendor which definitely can't be found anywhere in their countries.


Seandainya foto-foto itu bisa bicara.., maka itulah yang akan diceritakannya..

If those photos can talk.., that is what they would tell you..

Sayangnya mata manusia seringkali hanya melihat apa yang ada dipermukaan.

Unfortunately most of the time human eyes can only see what’s in the surface.

Jadi ketika melihat foto tentang makanan atau kegiatan yang melibatkan makanan.. yang terlintas dalam pikiran adalah seperti komentar dari teman itu ‘fotonya kok makanan mulu’ atau seperti komentar seorang dosen teman saya ‘fotonya makan-makan melulu’.

So when seeing photos of dishes or activity involving food what crosses to mind is like that friend’s comment ‘the photos are about food’ or just like my friend’s teacher’s comment ‘the photos are all about dining’.

Yah, sayang sekali kalau hanya itu yang bisa diterima oleh pengertian mereka..

Well, such a pity if that was what they could grasp through their understanding..

Padahal sebuah foto dapat menceritakan tentang banyak hal..

Where infact, a single photo can tell about lots of things..

No comments:

Post a Comment