Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Thursday, June 20, 2013

Ritual

- Always done in a particular situation and in the same way each time - 
Merriam Webster's Learner Dictionary

Ritual adalah julukan saya untuk hal-hal rutin yang dilakukan manusia setelah bangun tidur di pagi hari.

I called Ritual as the things each of us do after we wake up in the morning.



Minum Air Putih / Drink Water
Ada yang menyarankan untuk minum air segelas setelah bangun tidur untuk alasan kesehatan tapi buat saya sih, minum air 1-2 teguk itu wajib karena setelah tidur malam selama 7-8 jam tanpa terbangun jelas bikin tenggorokan kering.

Some suggest to drink a glass of water once we wake up in the morning. For me personally, drink 1-2 sip of water is a must because after spending a non waking 7-8 hours of night sleep really dries my throat.

Alasan lain adalah air dingin yang mengalir melewati kerongkongan itu bikin saya sadar sepenuhnya. Sebelum itu saya merasa masih setengah tidur.

Another reason is the cold water needed to make me awake fully. Before that I was half awake. I was half a sleep.

Yang terjadi adalah seperti ini; Alarm berbunyi, saya mematikannya, menunggu 1-2 menit sebelum bangun dari tempat tidur, berjalan tersaruk-saruk membuka tirai jendela kamar dan minum air 1-2 teguk… nah, setelah minum barulah mata saya betul-betul terbuka, pikiran saya jadi terang dan kesadaran saya berfungsi sepenuhnya. Hehe.

What happens is like this; alarm rang, I turn it off, wait 1-2 minutes before getting up, walk half a sleep to open my bedroom’s curtain and take 1-2 sip of water.. then, my eyes really open, my mind works and I really awake. Lol.

Hanya saja kalau saya sedang menginap di rumah sewaan Andre, sebelum tidur saya harus menyiapkan dua gelas air. Satu untuk saya dan satu untuk dia.

The thing is whenever I stay at Andre’s rented house, I have to put two glasses of water. One for me and another one for him.

Soalnya saya tipe orang yang jarang sekali bangun di malam hari, kecuali kalau saya terlalu banyak minum sebelum tidur sehingga terbangun di tengah malam karena ingin pipis. Atau kalau tiba-tiba perut mules. Tapi ini jarang sekali terjadi.

You see, I rarely wake up in the middle of night unless I drank too much before going to bed and it wakes me up with the urge to pee. Or I have stomache. But this is very very rarely happen.

Andre kebalikannya dari saya. Setiap malam dia pasti terbangun setidaknya sekali. Nah, perkaranya adalah dia malas pergi ke dapur untuk ambil minum setelah pipis sehingga air di gelas saya yang diminumnya. Lha, kalau dia bangun tiga kali, tiga kali pula dia minum air di gelas saya. Ya, besok paginya di jamin tinggal gelasnya aja. Isinya sudah pindah semua ke perutnya. Hehe.

Andre is far different with me. Every night he awakes at least once. But after peeing, he is too lazy to go to the kitchen to grab a glass of water so he drinks my water. Now if he awakes up three times, it means he drinks my water three times. What left for me in the morning than an empty glass because all of the water has been drank by him. Lol.

Jadi tinggalah saya terheran-heran melihat gelas saya kok kosong melompong. Wah, ada maling air, kata saya antara kesal dan lucu sementara Andre cuma cengar-cengir.

I stared at that empty glass, amazed. Someone stole my water, I said half grumbled, half joking while Andre just grinned broadly.

So, dari pada saya jadi uring-uringan cuma karena perkara air, sebelum tidur, saya taruh 2 gelas di meja dekat tempat tidur. Sengaja gelas yang agak besar untuk Andre karena dia kan bisa bangun lebih dari sekali. Kalau tidak, begitu air digelasnya habis, air di gelas saya yang dia minum. Hehe.

So, to avoid the bad mood just because of water, I specifically put two glass of water on the desk near the bed. Andre’s glass is bigger than mine because he awakes up more than once every night. If I put the water in the same size of my glass, it can’t last long. And when he has drank all the water in his glass, he would drink my water. Lol.

Buang Air Kecil / Take a Pee
Kayaknya ini kebiasaan umum setiap manusia. Langsung ke kamar mandi buat pipis begitu bangun tidur.

This one is universal ritual. Going to the bathroom to pee after waking up in the morning.

Saya justru tidak. Saya sarapan dulu. Baru masuk kamar mandi buat pipis, pup, gosok gigi dan mandi.

Well, not me. I have breakfast first before going to the bathroom to pee, poop, brush my teeth and take a bath.

Banyak orang heran melihat saya kok bisa tahan semalaman tidak terbangun karena kepingin pipis dan bangun tidur juga masih bisa tahan tidak pipis.

Some people wonder how can I sleep the whole night without waking up to go peeing and still not have the urge to pee after waking up.

Kalau saya kebanyakan minum sebelum tidur, ya, tengah malam saya bisa terbangun karena ingin pipis atau besok paginya langsung lari ke kamar mandi untuk pipis. Tapi kadang bisa juga karena Andre suka ‘manasin mesin’ saya di pagi hari, ujung-ujungnya  jadi pingin pipis. Hehe.

If I drink too much before I go to bed, yes, it sometimes waking me at night to pee or make me go to pee once I awake in the morning. Sometimes it is because Andre likes to ‘warm me out’ in the morning and at the end it makes me wanted to go pee. Lol.

Sarapan / Breakfast
Kebiasaan orang sarapan pun berbeda satu dengan lainnya.

Each people has different way of having breakfast. 

Ada yang cuma minum juice, teh, kopi atau susu.

Some people just drink juice, tea, coffee or milk.

Ada yang makan makanan enteng seperti sereal, roti atau buah.

Others prefer light meals such as cereal, bread or fruit.

Ada yang makan makanan berat dan lengkap seperti roti isi atau nasi dengan lauk pauk.

But to some people, breakfast must contains full course meal from sandwhich or rice and its complete dishes.

Saya? Ayah saya menjuluki sarapan saya ‘nasi 9 butir’ karena takarannya mungkin hanya sesendok. Hehe. Ini karena saya baru merasa lapar setelah jam 10 pagi. Nah, repotnya kalau saya menginap di rumah orang lain karena saya jadi tidak enak hati menolak kebaikan hati tuan rumah yang sudah menyajikan sarapan lengkap.

Me? my father nickname me ‘the nine grains of rice eater’ because I can only eat about a spoon of rice for breakfast. I feel hungry after 10 am. Problem occurs when I stay at other people’s house because the host has kindly serve full course of breakfast and I don’t want to offend them by eating in my usual ‘nine grains of rice’ portion.

Repotnya kalau sarapan dalam porsi lebih, perut saya suka melilit. Repot kan kalau dalam kendaraan tiba-tiba saya kebelet boker. Atau justru datang di jam-jam yang tidak menguntungkan. Wah, sampai merinding-rinding saya menahannya. Hehe.

Having breakfast in excessive portion means it gives me stomachache. Not fun to have the urge to poop when I am in the car or when it comes in inconvenient hours. I have got goosebumps when my stomach feels like. Lol.

Saya heran juga kalau lihat orang sudah sarapan di rumah tapi masih bisa mengisi perut dengan jajanan kelas berat seperti makan bubur ayam, mie ayam, soto daging, bakso.

I am amazed to see people who have breakfast at home can still have serious snacking such as porridge, noodles, beef or chicken soup, meatball dish.

Repotnya kalau ada teman atau atasan yang berbaik hati membelikan saya makanan-makanan seperti diatas itu. Masalahnya makanan-makanan itu enaknya dimakan panas-panas. Nah, kalau saya menerimanya sebelum jam 10 atau kalau saya sedang sibuk, mana bisa saya langsung makan. Ya apa boleh buat, terpaksa saya makan dalam keadaan dingin. Kerupuknya sudah melempem, mienya sudah mangkak. Hehe.

It gives me quite a headache when a friend or a boss kindly buys me one of those kind of meals because they are better eaten while hot. The problem is what if I got it before 10 am or when I was busy. I could eat it later. And it is already cold. The chips were no longer crispy, the noodle has became bigger.

Tapi yang paling tidak ada tandingannya adalah sarapannya Andre; rokok.

The toppest breakfast is Andre’s; cigarette.

Gile aja tu orang. Bangun tidur, minum air, nyiapin sarapan, terus ngebul deh di kamar mandi sambil pipis atau nangkring di atas closet, kemudian mandi. Selesai mandi, ngerokok lagi.

He is just unbelievable. He wakes up, drink a glass of water, preparing breakfast, light his cigarette and go to the bathroom to pee or poop, take a bath after that. Not long after he gets out of the bathroom, he lights another cigarette.

Kalau saya lagi jahil atau kesal, rokoknya saya umpetin atau malah saya buang semua. Sebodo, berantem deh situ pagi-pagi gara-gara rokok.

Either I am in the mood to joke or simply because it upsets me, I hid or throw away all of his cigarette. There, I don’t care if we have a fight in the morning over those damn things.

Andre itu mirip dengan ayah saya. Setelah bangun pagi, yang dipikirkannya adalah menyiapkan sarapan untuk saya. Tapi dia sendiri jarang sarapan. Paling cuma ngopi. Ya ga heran, sudah kenyang duluan sama asap rokok, ledek saya.

Andre and my father are a like. Once he wakes up, all he thinks about is to prepare breakfast for me. He himself rarely have breakfast. Coffee is his only breakfast. Yeah, no wonder, I tease him, you are already full with the smoke from your cigarette.

Untungnya sudah 2 tahun ini dia merokoknya sudah tidak gila-gilaan lagi. Gaya hidup dan pola makannya juga sudah lebih sehat. Mungkin karena merasa diri makin tua. Hehe.

I am glad that he has been smoking less for 2 years. His lifestyle and his eating have become healthier. Maybe because he feels he is getting older now. Lol.

Buang Hajat / Pooping
Hehe. Jarang ada yang punya kebiasaan tidak B.A.B di pagi hari. 

Lol. It is rare for people not having this habit in the morning.

Ada yang bisa langsung buang hajat tidak lama setelah bangun tidur. Ayah saya contohnya. Hehe.

Some people would go poop not long after they wake up in the morning. My father is one of them. lol.

Tapi ada yang seperti saya yang baru bisa boker setelah sarapan. Kegiatan itu saya lakukan sesaat sebelum mandi.

Some are just like me, pooping after breakfast, which I do before taking a bath.

Payah kalau cuma ada 1 kamar mandi di rumah. Kalau penghuni rumah punya jam buang hajat beda-beda sih ga bakal jadi perkara. Gimana kalau ada yang samaan atau beda-beda tipis? Bisa jadi bahan buat berantem atau menemukan pemandangan ada yang lagi menekuk badan di depan kamar mandi. Sudah kebelet boker tapi kamar mandi masih di daulat sama orang lain. Hehe.

It is quite tricky if you have just 1 bathroom in the house. It wouldn’t be a big problem if the house inhabitants have different pooping time but how if they don’t? Well, be ready to have arguments over the using of bathroom or seeing someone bent over in front of the bathroom, having stomachache and wanting so much to poop only to find the bathroom is already occupied.

Rumah sewaan Andre juga cuma punya 1 kamar mandi tapi ukurannya besar sehingga bisa ada kloset dan bathtub. Jadi kalau yang satu pengen boker sementara yang lain lagi mau mandi, dua kegiatan itu bisa dilakukan sekaligus. Hehe. Aman. Kami tidak pernah berantem karena berebut pakai kamar mandi.

Andre’s rented house has just 1 bathroom but it is wide so it has enough space for the water closet and the bathtub. So when one wants to poop while other wants to take a bath, no worry, we can do our own business in that room. Lol. No need to fight over who’s taking the bathroom first.

Nonton TV / Watching TV
Ada yang punya kebiasaan langsung nyalain tv begitu bangun tidur? Atau nonton tv sambil masak atau sarapan?

Any of you have a habit to turn on the tv after you wake up? Or watch it while you are cooking or having breakfast?

Keluarga saya tidak punya kebiasaan seperti itu jadi saya pun tidak terbiasa untuk nonton tv pagi-pagi.

My family don’t have such habit so I am not used to watch tv at early hours.

Tapi Andre selalu menyalakan tv begitu dia bangun tidur. Yang ditontonnya berita. Karena dia bangun lebih dulu dari saya, yang sering terjadi adalah saya bangun bukan karena suara alarm tapi suara tv.

Andre has always turn the tv on once he wakes up in the morning. He likes to watch the news. Since he wakes up earlier than me, what wakes me is not my alarm but the sound of the tv.

Masih ada banyak lagi ritual di pagi hari yang dimiliki oleh masing-masing orang. Misalnya saja langsung mengaktifkan telpon genggam, langsung online, menyiapkan baju yang mau dipakai atau perlengkapan yang mau dibawa kerja, dandan.

There are many other morning rituals that each of us has such as activate cellphone, going online, preparing the clothes or stuff for that day, put on the makeups etc.

Anda bisa memperhatikan dan mencatatnya seperti apa ritual yang anda atau keluarga anda lakukan di pagi hari. Lalu lihatlah bahwa ada yang lucu, menyebalkan sampai menemukan hal-hal yang mungkin harus diperbaiki untuk mendukung kelancaran aktivitas anda di pagi hari seperti misalnya pakaian serta sepatu atau benda-benda yang mau dibawa keesokan harinya sebaiknya dipersiapkan dari malam sebelumnya biar lebih praktis dan meminimalkan resiko ada yang lupa untuk dibawa.


You can put attention or note on your own morning rituals and discover funny or annoying sides, things to be corrected to make your morning activities can go smoother. For example, you can prepare the clothes or shoes you want to wear or the things you want to bring in the morning from the previous night to make it practical and minimize the risk of forgetting to bring them.

No comments:

Post a Comment