Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Wednesday, June 19, 2013

It’s summer, everyone!

Cuaca di Bogor seperti kebingungan. Bisa satu hari mendung dan hujan. Besoknya panas kering.

The weather in Bogor is confusing. It could be cloudy and rainy the whole day. Hot and dry the next day.

Kadang sudah mendung banget tapi tidak hujan. Kalau berangin kencang sih mending. Tapi tidak jarang jadinya malah bikin pengap, panas.

Sometimes it was heavily cloudy but didn’t rain. It would be okay if it was windy. But mostly it made suffocating heat.

Cuaca begini membawa akibat;

This kind of weather makes;

Banyak orang kena pilek. Untung saya pilek tidak sampai seminggu.

Lots of people are catching cold. Luckily, my cold was gone in less than a week.

Cucian cepat kering. Biar pun tidak ada matahari tapi kalau udaranya panas, gerah, pengap, cucian cepat kering.

It dries the wet laundry quicker. Even when it is cloudy. The suffocating heat can dry the most wet laundry.

Bikin susah tidur. Kalau sudah gerah dan panas begitu, mau rasanya pindah tidur ke lantai kalau tidak takut masuk angin besok paginya.

Restless sleep. In the suffocating heat, I feel like sleeping on the floor if not for the worry to get sick in the morning.

Jadi ‘Miss lilin’. Hehe. Saya dijuluki begitu karena kemana-mana pasti payungan. Takut meleleh kena terik sinar matahari.

Becoming ‘Miss wax’. Lol. I am dubbed that because I always have my umbrella covers me or I would melt in under the burning sun.

Ganti baju bisa lebih dari sekali sehari. Biasanya saya hanya ganti baju sekali sehari karena saya kan kerja. Jadi baju bersih yang dipakai setelah mandi pagi bisa dipakai lagi sorenya dan baru diganti besok paginya. Tapi cuaca panas bikin saya keringatan terus. Ya, baju basah keringat mana enak buat dipakai.

Have to change twice a day. I usually change my clothes in the morning after I take a bath. I wear that same clothes in the evening after I get back from work. But the heat makes me sweat a lot and it is uncomfortable to wear wet clothes.

Gampang masuk angin. Saya termasuk orang yang gampang berkeringat. Kalau di rumah, baju basah karena keringat bisa langsung diganti. Tapi kalau di luar rumah, ya baju itu kering lagi di badan kena angin. Akhirnya ya sebentar-sebentar badan jadi terasa pegal linu, perut kembung, pusing dan kalau sudah parah malah bisa bikin saya merasa seperti orang meriang.

Easily get nausea. I am a sweaty person. The heat and physical activities make me sweat. When I am at home I can change my wet sweat clothes. But not so if I am not at home. The wind dries them. But this makes me get nausea easily, my body feels stiff, muscle pain, stomachache, dizzy and at worst it makes me feel of having a fever.

Kalau tidak karena baju basah kering di badan, saya masuk angin karena tidur tanpa baju atasan. Enak sih kalau kena tiupan angin yang masuk dari lubang angin. Tapi udahannya ya masuk angin. Serba salah..

If not because of wearing wet clothes that dries by the wind, I would get those symptoms after spending nights sleeping shirtless and only wearing shorts. It is so good to feel the wind breezes through the ventilator. Only to wake up in the morning having one or sometimes all of those symptoms.

Jadi rajin mandi. Sehari saya mandi cuma dua kali. Tapi belakangan ini saya bisa mandi lebih sering. Rasanya enak betul mengguyur badan dengan air dingin. Kalau ada di rumah sewaan Andre atau di hotel, saya paling senang berendam di bathtub. Mau pakai air panas atau dingin, berendam di bathtub itu rasanya sedap betul. Sampai saya suka lupa waktu. Beberapa kali Andre masuk untuk mengecek apa saya ketiduran di dalam bathtub. Hehe.

Taking a bath more than two times a day, out of my own habit. It is just feel so nice to let the cool water running on the body. I like to soak myself in the bathtub when I am in Andre’s rented house or in the hotel. Whether it is soaking in the hot water or cold water, it feels so nice. It can make me lost track of time that Andre had to come inside to see if I have fell to sleep in the bathroom. Lol.

Berenang. Yap. Panas-panas gini enaknya memang berenang. Biar ga bisa berenang, saya tetap senang nyebur ke kolam renang. Lumayan buat ngedinginin badan. Dan sudah lama juga nih tidak ke kolam renang. Andre juga sudah nanyain kapan kita bisa pergi berenang. Hmmm... kapan ya, say?

Go swimming. Yep. Nothing more pleasant than to go swimming in a hot day. I love it though I can't swim. Whenever I go to the swimming pool, it is to cool my body and to have fun splashing around in the water. But I haven't gone swimming in quite a long time. Andre has been asking when can we go swimming. Hmmm... I have been thinking about it too, hun.  

Makan es krim. Yam.. yam... saya bisa puas-puasin makan es krim kalau Andre ada disini. Sekalipun dia tidak terlalu suka makan atau minum yang manis-manis tapi dia selalu punya stok es krim literan di kulkas rumahnya karena dia tahu saya penggila es krim. Hehe. Tinggal saya yang harus bisa ngerem. Ingat-ingat tenggorokan.

Ice cream. Yummy.. I can only eat ice cream as much or as often as I want when Andre is here. He stocks his fridge with ice creams because he knows I am an ice cream lover. He himself is not too fond on sweet stuff like that. Yep. It is just up to me now to control myself from not eating it all or I'd have sore throat. Lol. 

Bersahabat karib dengan AC. Di tempat yang tidak ada pendingin ruangan mau tidak mau bikin saya harus pasrah mengandalkan kesejukan dari angin. Tapi kalau di kantor, di mall atau di rumah sewaan Andre, di jamin, saya bakal uring-uringan kalau tidak ada AC.

Making friends with AC. I have no choice than to rely on the breeze of the wind when I am in places that have no AC. But at work, malls or Andre’s rented house I will go crazy if those places don’t have AC.

Cuma lucunya, saya tidak bisa tidur dengan AC yang dihidupkan. Biar pun sudah dinginnya sudah disetel yang paling tidak dingin, saya bakal bangun dengan badan terasa tidak enak.

Funny thing is I can’t sleep with the AC on. No matter it is set on the lowest temperature, it will waking me up feeling unwell.

Repotnya kalau saya sedang menginap di rumah sewaan Andre. Soalnya dia tidak bisa tidur tanpa AC yang dihidupkan. Maklum, dia datang dari negeri dengan 4 musim. Jadi badannya tidak terprogram untuk menghadapi cuaca tropis negeri Asia. Itu sebabnya dia lebih tidak tahan panas dari pada saya.

Problem comes when I stay at Andre’s rented house. He can’t sleep if the AC is off. Well, he comes from a country that has 4 seasons so his body is not programmed to cope with Asia’s tropical weather. He is much worst than me when it comes to deal with this heat.

Jadi setiap malam kami berdebat soal tidur pakai dan tidak pakai AC.

So every night we have arguments about sleeping with AC on or sleeping without it.

Lebih banyaknya sih saya yang mengalah. Tapi saya tidur selimutan. Hehe.

Most of the times I let him have the AC on. And I wrap myself with the blanket. Lol.

Atau saya akan pindah tidur di sofa di ruang tamu kalau saya terbangun karena kedinginan. Biasanya Andre baru sadar saya sudah pindah lokasi tidur kalau dia terbangun malam-malam atau baru besok paginya. Hehe. Bingung dia nyariin saya. 


Or I would sleep on the livingroom sofa when the chilling AC woke me up. Andre would realize I was not in bed when he awoke at night or the next morning. Lol. He woke up wondering why I was not in bed with him. 

Ya, mau bagaimana lagi. Rumah itu cuma punya satu kamar tidur. Sejauh ini sih cuma AC yang bisa bikin kami pisah ranjang. Hehe.

What could we do? The house has only one bedroom. So far, AC is the only one that can make us sleep in different room. Lol.

Musim panas membawa banyak kegembiraan tapi juga banyak keluh kesah.

Summer brings many joy but also many complains.

No comments:

Post a Comment