Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Wednesday, July 1, 2015

Andre & Keke in Sketch

Bersyukurlah kita yang hidup di jaman sekarang karena kecanggihan teknologi memberikan banyak keuntungan dan kemudahan.

Be grateful  that we live in the present time where technology has gone so sophisticate that it gives lots of benefits and eases things for us.

Satu dari sekian banyak kecanggihan itu ada di hp Android dalam aplikasi bernama Momentcam yang dapat diunduh secara gratis dari Playstore.

One of those sophisticate technology is Momentcam application in Android cellphone, this apps can be downloaded from Playstore for free.

Kecanggihan apps yang satu ini adalah membuat sketsa diri kita dengan berbagai tema.

The thing about this application is it can make sketch of you in various theme.

Tentu saja harus ada foto diri sendiri yang tersimpan dalam hp karena Momentcam akan mengambil wajah kita dari foto tersebut.

There should be your photo stored in the cellphone because Momentcam will take your face from that photo.

Usahakan foto dimana muka anda terlihat jelas.

It is better if the photo shows your face clearly.

Momentcam kemudian akan mengajukan pilihan dari jenis rambut sampai kumis, ada juga pilihan aksesoris seperti kacamata, topi, bando, pita rambut dll.

Momentcam offers various types of hair to mustache, accessories such as glasses, hats, headbands, hair ribbon etc.

Sketsa diri yang pertama kali saya buat adalah ini,


This is the first self-sketch that I made,

Lalu saya membuat sketsa Andre.


After that I made sketch of Andre.

Andre melihat hasil sketsa-sketsa diatas yang saya unggah ke facebook dan dia jadi ikut-ikutan mengunduh momentcam, bahkan dia yang kemudian lebih banyak membuat sketsa. Sketsa-sketsa berikut ini adalah hasil buatannya.

Andre saw the above sketches that I uploaded to facebook and he got interested on them so he downloaded momentcam too, later he is the one who made lots of sketch. These sketches are made by him.

Dia menaruh judul untuk setiap sketsa yang dibuatnya dan menuliskan catatan pendek yang membuat sketsa-sketsa itu jadi punya arti tersendiri.

He put titles on each of his sketch and wrote short notes which make those sketches have their own special meaning.

*   *   *   *   *

“Amour Amour”

Aslinya sih tidak mungkin dia bisa mengangkat saya seperti ini dan badan saya juga tidak selangsing ini.. hehe..


In reality there is no way he could lift me like this and my body is not as slim as the one shows in this sketch.. lol..

Catatan yang dibuatnya tentang sketsa ini membuat saya tersenyum.

The note he wrote about this sketch made me smile.

“Mencintainya seperti menaiki roller coaster”

“Loving her is like riding on roller coaster”

Hehe.. tepat sekali *kedip-kedip mata*

Haha.. precisely *wink wink*

*   *   *   *   *

“Snooker with my girl”

Andre senang bermain bilyar dan setelah melewatkan beberapa tahun hanya menontoni dia bermain sendiri atau bermain bersama teman-temannya, rasa ingin tahu saya tergugah juga akhirnya.

Andre loves to play snooker and after spent few years just watching him played alone or played it with his friends, it finally got me curious to know how to play it.

Cuma rupanya ada perbedaan persepsi antara saya dan dia mengenai bilyar. Ini baru saya ketahui setelah dia mengajari saya serta setelah melewatkan beberapa kali bermain bilyar bersama.

Obviously we have different perception about snooker. I found out about this after he taught me how to play it and after spent some time playing it with him.

Buat saya bilyar tidak lebih dari suatu permainan dan untuk senang-senang. Saya tidak berpikir soal menang atau kalah. Saya cuma senang melihat bola berwarna-warni berjejeran, saya senang mendengar bunyi mereka saling berbenturan dan melihat bola-bola itu menggelinding..

For me snooker is nothing but a game and it is for fun. I don’t care about winning or losing. I just like to see colorful balls lined up, I like hearing the sound when they hit each other and seeing those balls roll.

Lain pemikiran Andre karena dia menemukan kepuasan kalau hasil perhitungannya membuat bola yang diincarnya masuk ke dalam keranjang. Buat dia hal itu seperti mengerjakan soal fisika, semuanya mengenai perhitungan antara kecepatan dan menentukan sudut.

It’s another thing for Andre who finds it satisfying if his calculation can make the ball he aims get into the hole. For him it is like doing physics, everything is about calculating the speed and angle.

Main bilyar dengan dia bikin saya senewen karena setiap kali saya mau memukul satu bola, saya mendengar dia menghela napas atau menatap saya dengan tatapan yang seakan mengatakan ‘jangan bola yang itu’

Playing snooker with him make me nervous because everytime I am about to hit a ball, I hear him sigh or gives me the look that says ‘not that ball’

Bukannya saya tidak menghargainya, saya tahu dia benar dan dia pintar dalam hal ini tapi saya cuma ingin bermain untuk bersenang-senang dan menjadikan ini sebagai saat-saat kebersamaan kami.

Not that I don’t appreciate it, I know he is right and good at it but I just want to play for fun and makes it as our togetherness moments.

Belakangan ini dia menyesuaikan diri. Kami bermain bilyar cuma buat bersenang-senang dan untuk membuatnya semakin menarik, kami bertaruh dari mulai yang kalah harus cuci piring sampai ke coklat. Ya, bisa ditebak sendiri siapa yang paling sering kalah.. hehe..


Well lately he has adjusted himself to my perception regarding this game. We play snooker just for fun and to make it more fun we place a bet that vary from the loser has to do the dishes up to bet on chocolate. Well, you can guess who oftenly lost the game.. lol..

“Main bilyar dengan Keke berarti bersantai, lupakan semua aturan, langgar semua aturan, bersorak gembira tanpa peduli kamu menang atau kalah. Asyik juga terutama karena saya bisa menertawakannya.. haha.. tapi sesudahnya saya menghadiahinya dengan ciuman.

“Playing snooker with Keke means relax, forget all the rules, break the rules, cheers a lot whether you are winning the game or losing it. Well it’s quite fun because I can laugh at her.. haha.. but after that I give her lots of kisses.

*   *   *   *   *

“Bathroom session”

Kebersamaan kami tidak terjadi setiap hari. Selama lebih dari enam tahun kami bertemu paling banyak hanya tiga kali dalam setahun.

We can’t be together everyday. For more than six years we could only be together for three times at max in a year.

Baru dalam dua tahun ini kami bisa bertemu setiap akhir minggu setelah dia mendapatkan pekerjaan di negara tetangga yang dekat dengan Indonesia.

It is just been two years that we can meet in the weekend after he found a job in Indonesia’s nearest neighboring country.

 Apa yang membuat waktu yang kami lewatkan di kamar mandi menjadi suatu hal yang dianggap Andre istimewa terjawab dalam tulisannya dibawah sketsa ini.

What made our time spent in the bathroom as something special for Andre is written about this sketch.

“Ada banyak hal yang bisa membuat kita terbiasa dengan pasangan kita. Saya tidak ingin menjadi terbiasa dengan kebersamaan yang saya lewatkan bersama Keke dari saat saya menjemputnya sepulang kantor sampai ketika melihatnya menjalankan ritual paginya di kamar mandi”

“There are many things that can make we get used with our partner. I don’t want to get used with my togetherness with Keke from the time I pick her from work to seeing her doing her morning ritual in the bathroom”

Itukah yang ada dipikirannya ketika saya memergokinya sedang memandangi saya di saat-saat dimana saya tidak dalam keadaan ‘mengesankan’.. yah, misalnya ketika saya sedang menjilati sisa-sisa eskrim atau puding dengan ujung jari telunjuk saya.

Is that what he had on mind when I caught him staring at me when I was in my ‘unimpressive’ moments.. well, such as when I licked the left over ice cream or pudding with my forefinger.

Atau ketika saya sedang berdandan di kamar mandi.


Or when I was putting my makeup in the bathroom.

Hmm.. setelah lewat sekian tahun bersama dengan seorang laki-laki atau perempuan, masihkah dia bisa terlihat istimewa ketika dia tampil dengan kaos kaki yang berlubang atau melihatnya di pagi hari dengan muka berminyak dan rambut berantakan karena baru bangun tidur?

Hmm.. after years being spent with a man or a woman, would he or she still be seen as someone special when he appears wearing his holed socks or seeing her greasy face and messy hair after get up in the morning?

Dan tidak memandang hal-hal kecil yang dilakukan bersama pasangan sebagai sesuatu yang tidak menarik.

And not seeing small things we do with our partner as uninteresting.

“The Bathroom artist”

Karena saya mandi selalu dengan air panas maka selesai mandi bisa dipastikan cermin di kamar mandi pasti berembun.

Since I always bathing with hot water so it fogged the mirror in the bathroom.

Dan saya tidak mengusap embun itu. Saya justru akan menulisi atau menggambarinya.


I don’t wipe it off. I write or draw on it.

Andre yang mendapat giliran mandi setelah saya jadi tahu dengan kebiasaan ini karena dia menemukan graffiti saya di cermin kamar mandi. Kadang saya sengaja meninggalkan pesan seperti “AM, I luv U”

Andre who takes a bath after me found out about my habit when he looked at my graffiti on the bathroom mirror. Sometimes I deliberately wrote a message on it “AM, I luv U”

Lama-lama dia juga ketularan kebiasaan saya dan kami berdua bahkan beberapa kali menggambari cermin itu.

Eventually he caught my habit and there were times when the two of us drew on that mirror.

“Untuk Keke, seniman kamar mandi, yang menggambar jerapah seperti dinosaurus”

“For Keke, the bathroom artist who draws giraffe like a dinosaur”

Hal kecil yang membahagiakan kami berdua. Hal kecil yang menjadi istimewa. Biarlah tetap demikian adanya..

Small thing that make us happy. Small thing that becomes special. May it remains that way..

*   *   *   *   *

“My girlfriend, the explorer”

Lucu bahwa kesukaan saya jalan-jalan malah datang usia 42, setelah umur banyak, setelah napas tidak lagi panjang, setelah kaki tidak lagi kuat.. hehe..

Funny how my interest in traveling came when I was 42, not when I was younger, not when I had better breath, not when my feet were strong.. lol..

Bukan berarti sebelumnya saya tidak pernah jalan-jalan.

It doesn’t mean I never travelled before I turned 42.

Hanya saja saya jalan-jalan karena di ajak teman atau Andre, lalu juga karena acara yang diadakan kantor. Saya tidak pernah berinisiatif untuk jalan-jalan, apalagi pergi sendiri.

It is just that the traveling I made was because I was asked by a friend or Andre, there were traveling made by the office where I worked. I never took initiative to take my own traveling, let alone made on my own.

Gara-gara sakit, saya jadi berpikir bahwa hidup itu semakin tidak bisa ditebak kemana arahnya. Apa yang ada saat ini, bisa hilang kapan saja. Saya merasa kehidupan tidak memandang saya sebagai seorang yang memiliki arti dan karena itu saya yang akan memberi arti pada diri saya dan pada hidup saya.

I was ill, it made me thought that life has become more unpredictable to where it wanted to go. What is in store this moment can just gone at anytime. I felt life sees me meaningless as a person and therefore I am going to give meaning to myself and to my life.

Saya tidak hanya menjadi seorang traveler, saya menjadi seorang explorer.

I am not just becoming a traveler, I am an explorer.

“Dia tidak pernah terlihat demikian hidup, bahagia, bebas, damai dan puas ketika berhasil melakukan suatu perjalanan dan bereksplorasi”


“She has never looked so alive, happy, free, peaceful and content as when she went on a traveling and explored a place”

*   *   *   *   *

Sebuah gambar dapat bercerita tentang banyak hal.

A picture can tell many stories

2 comments:

  1. ya ampuuunnnn kalian cocok bgt sih kalo baca cerita di atas mba ^o^... seneng bacanya... :) Aku ngebayangin kalo nulis kata2 gitu di kaca yg berembun, suamiku kurasa ga bakal ngeh ampe dia kluar dr kamar mandi lg ;p... udh apal bgt ama sifatnya :D

    ReplyDelete
  2. hehe.. tergantung orangnya juga sih. Dasar rejeki saya aja dapat cowo yg romantis, jadi dia ngeh banget sama hal-hal kayak gitu. Tapi tiap orang kan ada lebih & kurangnya. Suamimu mungkin ga ngeh sama tulisan di kaca yg berembun tapi ada hal-hal lain yg dia pasti ngeh banget.. hehe

    ReplyDelete