Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Monday, March 24, 2014

Me, Inspire and Inspiration

“Blognya menginspirasi”

"Inspiring blog"

Sudah beberapa kali komentar seperti ini diutarakan oleh teman-teman saya tentang blog ini.

Such comment has been given by my friends about this blog.

Senangkah saya karenanya?

Is it pleased me?

Lebih banyak bikin saya heran dari pada merasa senang.. hehe..

It amazes me more than it pleases me.. hehe..

Karena ketika saya membuat blog ini pada bulan September 2010, saya hanya ingin memiliki media pribadi untuk menyalurkan bakat saya dalam menulis dan karena pada waktu itu saya masih bekerja sebagai guru TK, saya ingin supaya orang tua murid bisa membaca tentang kegiatan belajar anak-anak mereka di kelas yang saya pegang.

Back in September 2010 when I started this blog, my intention was just to have my personal media to write and since at that time I was working as kindergarten teacher I wanted the parents of my students could read sort of a report about what their children learned in my class.

Membuat orang kagum atau terinspirasi sama sekali tidak ada dalam pikiran saya.

I have never thought to impress or inspired people.

Kalau hal seperti itu ada dalam pikiran saya maka saya akan jatuh dalam kebanggaan dan ego yang tolol.

If I had such thoughts, it surely would make me fall in to stupid pride and ego.

Saya menulis karena ada begitu banyak hal dalam pikiran dan saya harus mengeluarkannya atau pikiran-pikiran itu akan bikin saya jadi gila... hehe.. 

I write because I have many thoughts in my mind and I just have to get them out of my mind or they would make me insane... hehe..

Karena saya bukan orang yang dibesarkan, terlatih, terbiasa atau berkepribadian asertif.

Because I am not brought up, trained, accustomed or having assertive personality.

Faktor gen dan situasi membentuk saya menjadi orang yang tidak banyak bicara, yang tidak berani untuk bicara, yang tidak tahu bagaimana harus bicara dan yang merasa tidak perlu untuk bicara.


Genes and situation formed me into a person who talk less, who dares not to speak, who doesn’t know how to speak and who feels better be silent.

Tapi diam tidak berarti tidak memiliki banyak pemikiran.

But talk less doesn’t mean to have thought less.

Dalam diam, saya mengamati hal-hal yang terjadi dan orang-orang di sekitar saya.

Quietly, I observe things and people around me.

Dan saya menuliskan semua itu; hal-hal yang saya alami, yang saya rasakan dan yang saya pikirkan.


And I write it all; the things I experience, the things I feel and the things I think about.

Manusia adalah mahluk yang unik karena masing-masing tercipta dengan memiliki kepribadian, jalur nasib dan kehidupan yang berbeda.

Human is a unique creature because each of us is created to have our own personality, fate and life.

Tapi kita semua mengerti tentang kebahagiaan dan kesedihan, kepuasan dan kekecewaan, memiliki dan kehilangan, mencinta dan membenci, optimisme dan keputusasaan, kebanggaan dan aib, kekuatan dan ketidakberdayaan, impian dan kenyataan, kejujuran dan kebohongan, prestasi dan keterpurukan, tersakiti oleh manusia dan menyakiti manusia lain..

But all of us understand about happiness and grief, satisfaction and disappointment, about having and losing, love and hatred, optimism and desperation, pride and shame, power and inferiority, dreams and reality, truth and lies, achievement and failure, hurt by people and hurting people..

Hanya saja, kita sering merasa dunia hanya berputar bagi diri kita sendiri.

The thing is we often think that the world revolves only for us.

Ketika kita berhasil, kita merasa dunia ada di tangan kita, rasa bangga, kuat dan unggul menguasai diri, lalu pemikiran dan rasa itu kita bawa kemana pun kita pergi, kita terapkan dalam berbagai situasi dan pada setiap orang yang kita temui.


When we have our success, we feel the world is in our hands, the feelings of pride, power and superiority overcame us thus we bring those thoughts and feelings where ever we go, we apply them to many situation and on every people we met.

Kita lupa bahwa kita hanyalah mahluk yang rapuh. Hari ini kita adalah seorang Attila, besok belum tentu. Nasib orang bisa berubah entah dari kepala menjadi ekor atau kebalikannya.

We forgot that we are just fragile creatures. Today we are Attile the Hun, will we still be that one on the next day? somebody’s fate can change any time. The head becomes tail and vice versa.

Di sisi lain, ketika kesusahan sedang menimpa diri atau kehidupan kita, kita terjebak dalam pemikiran bahwa di seluruh dunia ini hanya diri kita saja yang paling susah, paling menderita dan paling sial.

In other side, when the going gets rough we fell into the trap by thinking that in this entire world we are the only one who suffer, being miserable and so doomed.

Kehidupan saya mungkin belum terlalu panjang, buku kehidupan saya mungkin tidak terisi oleh banyak kisah dan saya mungkin tidak mencoreng-moreng lembar-lembar kehidupan saya tapi saya telah mengalami ketika menjadi kepala dan ketika menjadi ekor.


I may not have a long live, my book of life may not filled with many stories and I may not put dirt on sheets of my life but I have been in both position; when I was head and when I was tail.

Saya telah belajar melalui berbagai peristiwa dan lewat bermacam manusia bahwa kebanggaan tidak boleh menghancurkan saya dan kepahitan tidak boleh melindas habis seluruh diri saya.

I have learned through so many things and through many kinds of people that pride should not destroy me and bitterness should not run over my entire being.

Saya mengisi blog ini dengan tulisan ketika saya mengalami hari-hari indah dan ketika hari-hari sedang tidak indah.

I fill this blog with my writings when I have bright days and when I have rainy days.

Diri kita masing-masing sebetulnya membawa pelajaran baik atau buruk bagi orang-orang di sekitar kita.


Each of us brings good or bad lesson to people around us.

Dan diri kita masing-masing juga membawa pengaruh baik atau buruk bagi orang-orang di sekitar kita.

Each of us also brings good or bad impact on people around us.

Entah baik atau buruk, kita adalah inspirasi bagi mereka.

Whether it is good or bad, we are their inspiration.

Baik atau buruk, mereka menginspirasi kita.


Good or bad, they inspired us.

Saya harap tulisan-tulisan saya memberikan pelajaran, dampak dan inspirasi positif pada siapa pun yang membacanya.

I hope my writings give positive lesson, positive impact and positive inspiration to anyone who reads them.

No comments:

Post a Comment