Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Saturday, April 18, 2015

Father and Daughter

Beberapa hari lalu saya sedang berada di sebuah minimart ketika saya berpapasan dengan seorang bapak-bapak berseragam polisi, berkumis tebal  dan bertampang sangar.

Few days ago I was in a minimart when I crossed a middle aged man wearing police uniform with thick moustache on his rugged face.

Dia berjalan diiringi oleh pelayan toko dan ketika dia melewati saya, saya mendengar dia menyebutkan nama merek handbody..

He was followed by the shop employees and when he passed me, I overheard him mentioned a handbody lotion brand..

“Wah, pakai handbody juga ya” pikir saya sambil menyembunyikan senyum.

“Well, what do you know, the guy is looking for handbody lotion” I thought as I hid my smile.

Kami bertemu lagi di kasir. Tanpa sengaja kami bertatapan dan si bapak itu langsung nyerocos begini,

We met again at the cashier. Our eyes met and he just blurted out,

“Repot kalau punya anak perawan. Nitiplah segala macam belanjaan perawan. Kalau ga dibeliin, dia ngambek”

“This is how it feels to have a teenager daughter. These are her stuff she asked me to buy or she would throw her tantrum if I don’t do as she asked”

Tawa saya spontan meledak.

I spontaneously bursted out my laugh.

Rasa geli itu separuhnya karena saya teringat pada apa yang terpikir oleh saya ketika mendengar si bapak itu menyebutkan merek handbody, separuh lagi karena teringat ayah saya juga beberapa kali saya minta untuk membelikan beberapa benda khas perempuan ketika saya mengetahui dia akan berbelanja.


The thing that tickled me partly because when I overheard him said that handbody lotion brand I was reminded of how I too have asked my father to buy me few girl stuff when I knew he was going to the mart.

Malamnya saya menceritakan tentang si bapak-bapak itu pada orang tua saya dan di antara tawa kami, ibu saya nyeletuk,

I told my parents about that man and in between our laughs, my mother spoke,

“Ingat tidak dulu waktu si papa beli cairan antiseptik di apotik?”

“Do you remember when your father bought that antiseptic fluid in the drugstore?”

Kami bertiga kembali tertawa.

The three of us laughed.

Peristiwa itu terjadi lebih dari setahun yang lalu ketika ayah saya yang prihatin melihat siklus haid saya demikian lama, rupanya mampir ke apotik untuk membelikan saya cairan antiseptik pembersih vagina.

It happened more than a year ago when my father, deeply concerned seeing my haid cycle went so long, stopped by at a drugstore to buy me vagina antiseptic fluid.

Kelucuan terjadi ketika pegawai apotik itu, seorang gadis muda, terheran-heran dan dengan lugunya bertanya “Bapak keputihan?”

It got hilariously funny when the drugstore worker, a young woman, was perplexed and innocently asked “Having wet prep?”

Saya ngakak sejadi-jadinya ketika ibu saya menceritakannya.

It gave me a big laugh when my mother told me about it.

Papa sayang.. saya memeluk ayah saya sambil masih tertawa terpingkal-pingkal karena membayangkan muka heran si pegawai apotik itu dan muka ayah saya.

My dear dad.. I hugged my father as I laughed it out loud, imagining the look on that drugstore worker’s face and what was on my father’s face.

Ketika seorang ayah bersedia menanggung resiko menerima tatapan atau reaksi keheranan dari orang-orang yang melihatnya berbelanja barang-barang keperluan pribadi perempuan, percayalah, dia amat sangat menyayangi putrinya sampai yang dipedulikannya hanyalah kepentingan putrinya itu.

When a father is willing to take the risk of getting perplex stare or reaction from people who see him shop for woman/girl stuff, believe me, he loves his daughter so much that he cares only for what matters for her.

Saya memiliki ayah seperti itu dan saya amat sangat bersyukur karenanya.

I have that kind of father and I am so very grateful for that.

*    *    *    *    *

Kamu adalah anak papa juga..

You are daddy’s child too..

Hubungan anak dengan ayahnya menurut saya lebih unik dari pada hubungan anak dengan ibunya.

A child relationship with his/her father in my opinion is more unique than the child’s relationship with his/her mother.

Ini karena hubungan ibu dengan anaknya biasanya lebih erat dan mesra mengingat mereka terhubung sejak sang anak masih berbentuk setitik darah dalam rahim ibunya.

This is because mother and her child usually has strong and close relationship as the bond has developed since the child was just a dot of blood in the mother’s womb.

Nah, jadi di tambah dengan fakta bahwa sembilan bulan mengandung, harus melalui proses melahirkan yang penuh perjuangan, harus menyusui dan kewajiban mengurus anak itu jatuh di pundak si ibu membuat para ibu tanpa sadar merasa memiliki hak monopoli atas anak itu.

So, adding it with the fact of nine months being pregnant, have to struggle through painful labor process, breastfeeding and the obligation to care for the child fell on the mother’s shoulder make them think, unconsciously, that they have absolute right on the child.

Sang ayah pun tersisih.

The father is cast aside.

Naluri ke’ayah’an seorang laki-laki harus dilatih dengan cara mengajaknya ikut berperan sebagai pendamping selama istri/pasangannya hamil, saat melahirkan dan sesudah anaknya lahir. Karena jangan dikira naluri itu langsung muncul dalam diri setiap laki-laki di saat dia mengetahui istri/pasangannya sedang mengandung anaknya.


A man’s fatherly instinct must be trained by involving him as his wife/partner supporter, during the labor and after the child is born. Don’t think that instinct automatically present in every man once he knows his wife/partner is pregnant with his child.

Saya sudah sering melihat ayah-ayah yang tersisih karena anaknya sudah dimonopoli sepenuhnya oleh sang ibu. Akibatnya hubungan mereka dengan sang anak menjadi kaku, kagok, berjarak dan beberapa lelaki bahkan akhirnya mengambil sikap tidak peduli.

I have seen many of this outcasted fathers because their children have been monopolized fully by the mothers. Their relationship with their children thus become stiff, uncomfortable, distanced and some of them have even turned away.

Kalau hal ini terbawa sampai anak itu bertumbuh besar, efeknya psikologisnya tentu tidak akan baik untuk dirinya.

If this goes on until the child grows older, it gives bad psychological effect on him/her.

*    *    *    *    *

Seorang ayah adalah pahlawan di mata anaknya..

Father is a hero in his child’s eyes..

Anak mencintai ibunya dan mengagumi ayahnya.

A child loves his/her mother and admires the father.

Beberapa anak bahkan memuja ayahnya.

Some children even worship their fathers.

Mungkin karena secara fisik, laki-laki memberi kesan kokoh dan kuat bagi anak-anaknya. Figur maskulin yang membawa kesan berwibawa dan melindungi.

Maybe because physically speaking, the male gives solid and strong impression on his children. The masculine figure that represents authority and protection.

Maaf saja, rasa seperti ini tidak bisa sepenuhnya diberikan oleh ibu mana pun.

Sorry moms, these kind of feelings are not something any of you can provide.

Perasaan ini penting untuk anak perempuan.

They are important for any daughters.

*    *    *    *    *

Ketika seorang laki-laki menyayangimu..

When a man loves you..

Sebelum saya jatuh cinta dan berkencan dengan laki-laki mana pun, tanpa disadari ayah saya telah menunjukkan bagaimana dan seperti apa hal itu ketika dia dan saya pergi makan berdua, berjalan-jalan sambil makan eskrim, nonton, menemani saya belanja dan pergi ke toko buku.


Before I ever fell in love and dated any man, my father has actually showed me what and how it would be like when the two of us went out for lunch or dinner, took a walk as we ate ice cream, went to the movie, went shopping and accompanied me to the bookstore.

Lewat hal-hal tersebut dia menunjukkan bahwa kelak laki-laki yang tertarik pada saya akan melakukannya untuk saya. Bahwa hal-hal itu membuat saya merasa istimewa.

Through those things he showed me how one day man who attracted to me do the same thing for me. How they make me feel special.

Ketika saya sakit, ayah saya menemani, mengurusi dan memperhatikan saya. Saat hati saya sedang penuh beban, dia mau mendengarkan saya. Sewaktu saya gagal dan kecewa, dia tetap berada di sisi saya.

When I was sick, my father accompanied, took care and looked after me. When my heart was weary, he listened to me. When I failed and disappointed, he stood by me.

Dia menjelaskan bahwa laki-laki yang tulus mencintai saya akan menerima saya apa adanya dan tetap berada di samping saya bahkan ketika saya sedang berada di keadaan paling merana.

He explained that man who loves me sincerely accepts me just the way I am and remains by my side even when I am in my lowest point.

Ibu tidak bisa mengajari tentang hal-hal tersebut pada putrinya. Ibu hanya bisa mengajari dan menunjukkan bagaimana seorang istri dan ibu harus bersikap kepada suami dan anak-anaknya.

Mothers can’t teach those stuff to their daughters. Mothers can only teach and show how a wife and mother should be to her husband and children.

Ini yang membuat hubungan ayah dengan anak perempuannya menjadi unik.

This is what makes father-daughter relationship unique.

*    *    *    *    *

Saya menyayangimu seperti saya menyayangi ayah saya..

I love you like I love my father..

Ibu mengajari dan menunjukkan pada anak perempuannya tentang melayani dan berkorban untuk suami dan anaknya.

Mothers teach and show their daughters how to serve and sacrifice for the husband and children.

Bahkan dengan pelayanan dan pengorbanan yang diberikannya itu, belum tentu suami dan anaknya bisa menghargainya. Kebanyakan suami dan anak menerimanya sebagai sesuatu yang memang harus mereka terima dari istri dan ibu.

Even with her service and sacrifice, her husband and children may not give her the appreciation. Most husband and children accept it as something that their wives and mothers should give them.

Ayah yang penuh kasih sayang menunjukkan bagaimana seorang laki-laki mencintai dengan tulus dan mendapat balasan cinta yang tulus.

                                                  Duo : Kevin Costner with his daughter

A loving father shows how a man loves sincerely and gets sincere love in return.

Di dunia ini ada banyak sekali cinta yang tidak tulus. Ada banyak hal-hal tersembunyi di balik perhatian, pemberian, kata-kata, pelukan dan ciuman. Laki-laki dan perempuan sama-sama mencari apa yang menguntungkan bagi dirinya.

There are many insincere love in this world. There are many hidden agenda behind the attention, gift, words, hugs and kisses. Man and woman both are looking what is profitable for them.

Saya puas karena telah merasakan berbagai macam cinta. Deretan mantan pacar saya merupakan saksi dari keragaman cinta itu.

I am content because I have tasted those kind of love. My long list of former boyfriends are evidence of those various love.

Laki-laki yang bisa bertahan di sisi saya adalah orang yang bisa menyayangi saya dengan setulus hati.

The man who can stand by my side is the one who loves me sincerely.

Dan saya mengujinya. Kalau dia bisa menyayangi saya seperti ayah saya menyayangi saya, maka dia adalah laki-laki yang memiliki kasih yang tulus.

And I test him. If he can love me like my father loves me, he is the man who has sincere love.

*    *    *    *    *

Saya menuliskan ini bukan untuk mengecilkan peran atau arti seorang ibu.

I write this not to degrade the role or the meaning of a mother.

Tapi kita sering terjebak dalam pengagungan sang ibu sehingga sepertinya lupa kalau seorang ayah juga punya peran yang besar bagi anak-anaknya.

But sometimes we fell into the trap of idolizing the mother that we forget that father too has bigger role for the children.

3 comments:

  1. saya juga deket sama bapak. waktu yg lain dibonceng pacar, saya mah cukup diojekin bapak :)

    ReplyDelete
  2. jadi sedih juga kalau ingat perjuangan alm bapak aku. Semoga Dia tenang dan bahagia di sana.

    ReplyDelete
  3. mbak Kania & mbak Rani, tq buat komennya.

    ya, kita masing2 punya kenangan khusus tentang bapak2 kita.
    peran & kasih sayang seorang ayah besar artinya bagi anak2nya

    ReplyDelete