Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Sunday, October 7, 2012

Hairstyle and Hairpin


“My girlfriend is a GI Jane” begitu ledek si bule ke saya setiap kali saya muncul didepannya sehabis memotong rambut. Sudah putus asa juga dia karena saya lebih menyukai gaya rambut cepak.

“Oh, shut up” saya menertawainya. Ah, tutup mulut.

Untuk beberapa alasan, saya merasa rambut pendek lebih pas buat saya. Pertama, rambut pendek tidak perlu waktu lama untuk mengaturnya. Bahkan saya tidak pernah membawa sisir. Dalam sehari saya hanya dua kali menyisir rambut. Pagi sebelum berangkat kerja dan sore setelah mandi. Kalau saya lihat rambut saya sedikit acak-acakan, tinggal saya rapihkan saja dengan memakai jari-jari saya. Beres.

Lalu rambut pendek tidak perlu perawatan yang ribet. Saya hanya perlu shampoo dan kondisioner.

Dan rambut pendek itu tidak terlalu rontok. Serta tidak bikin gerah.

1990 in campus
Tapi bukan berarti saya tidak pernah memanjangkan rambut. 22 tahun yang lalu saya pernah berambut panjang sebahu. Saat itu saya mikir kalau wisuda nanti saya tidak mau berambut cepak.

Kali kedua saya berambut agak panjang adalah saat awal-awal saya menjadi guru taman kanak-kanak, sekitar tahun 2005-2006. Pada waktu itulah saya mulai memakai jepit rambut.

Namun ya akhirnya kembali lagi saya ke rambut pendek. Mungkin masa-masa centil saya sudah lewat atau memang karena rambut cepak sesuai dengan tipe kepribadian saya yang tomboy.

Yang pasti sih sekitar 2 bulan lalu tiba-tiba saja saya bosan dengan gaya rambut saya sehingga saya merubahnya dan menambahinya dengan jepit rambut supaya bisa tetap rapi. Pikir saya sih rasanya tidak ada yang aneh dengan semua itu. Tapi rupanya apa yang biasa-biasa saja buat saya ternyata luar biasa buat orang lain. 

“Hello, Annie” si bule nyengir ketika melihat saya muncul dengan gaya rambut baru berhias jepit rambut.

“Annie? Who’s that? Your sister? Your friend? Your ex?” tanya saya ngasal. Siapa itu? Sodara kamu? Temen kamu?Mantan kamu?

“Annie the little girl from that old movie” dia menepuk pipi saya “you remind me to her”. Annie, anak perempuan kecil di film jadul itu. Kamu bikin saya jadi inget dia.

“Oh, that Annie” saya mengerutkan kening. Tapi rasanya saya tidak mirip anak perempuan itu. Tapi biarin deh. “So I look like her?”

“Yes, you are” dia senyam senyum.

Sampai di kantor, bu Rini langsung heboh memanggil saya ‘Dede Ita’ karena katanya saya mirip dengan keponakannya yang juga suka pakai jepit rambut. Nah, akhirnya ibu Martha juga ketularan ikut memanggil saya ‘Dede Ita’.

“Ih.., itu pake..” anak perempuan dari seorang anggota badan pengurus dari tempat kerja saya ini nyengir sambil menunjuk jepit rambut saya. Padahal saya kira dia tidak akan melihat karena badan saya jauh lebih tinggi dari dia.

Saya pikir cuma itu saja komentar orang. Ternyata…

“Aduh mbak Keke, sekarang rambutnya jadi kelihatan lucu” kata tetangga saya.

“Eh, perhatikan deh, Keke kok sekarang jadi kelihatan beda” komentar seorang teman cowok saya “jadi cantik”

Nah lu..
______________________________

“My girlfriend is a GI Jane” my ‘dear’ friend teased me everytime I just had a haircut. He has given up all hope to see me come to my senses of not cutting my hair so very short. Lol.

“Oh, shut up” I laughed at him.

For some reasons I like short hair better than long hair. First it is for practical reason. It takes only few seconds to comb it. Infact, I never bring a comb. I only need to comb my hair twice a day; before I go to work in the morning and after I take a shower in the afternoon. How if wind makes it messy? I need only to comb it with my hair and it’s neat again.

Short hair doesn’t need special treatment. I only need shampoo and conditioner.

And short hair makes less fall off than long hair. It doesn’t make me feel hot either.

But it doesn’t mean I never had my hair grew long. I had shoulder length hair about 22 years ago when I entered college. It was simply because I didn’t want to go to the stage receiving my college diploma with my GI Jane kind a hair.

The second time was in my first year working as kindergarten teacher in 2005-2006. It was also the time I started wearing hairpin.

However, I always return to my short hair style. Maybe because I have passed my coquettishness era or maybe because short hair fits my tomboy personality.

One thing for sure is I suddenly felt bored of my hairstyle and invented a new one and adding hairpin. I thought no one would notice. It turned out that what I thought is just an ordinary stuff is actually extraordinary to others.

“Hello, Annie” my ‘dear’ friend grinned when he saw me with that new hairstyle and a hairpin on it.

“Annie? Who’s that? Your sister? Your friend? Your ex?” I asked as if I really cared.

“Annie the little girl from that old movie” he patted my cheek “you remind me to her”

“Oh, that Annie” I knew that movie but I don’t think I look like her character “So I look like her?”

“Yes, you are” he smiled.

Soon after I have got in the office, Mrs. Rini nearly jumped out of her surpriseness to see my hairstyle and the hairpin. She instantly gave me a new nickname ‘Dede Ita’ after her niece who happens to have same hairstyle and fond of hairpin. It didn’t take long for Mrs. Martha to know about the nickname and start to call me with it.

“Oh,.. there’s a..” a daughter of a board member pointed my hairpin at the time I thought she wouldn’t see it because I am so much taller than her.

And when I thought I wouldn’t get any more comments…

“My dear Keke, you hair looks cute now” said a lady who happens to be one of my neighbor.

“Hey, have you noticed that Keke looks different now” said one of my male friends “she looks prettier now”

Geez…

No comments:

Post a Comment