Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Thursday, August 14, 2014

While You Were Sleeping

Film dengan judul diatas itu dibintangi oleh Sandra Bullock dan bercerita tentang seorang perempuan yang bekerja sebagai penjual tiket kereta api yang jatuh cinta pada seorang laki-laki yang rutin memakai kereta api sebagai alat transportasi.


This blog post title is a movie title starred by Sandra Bullock, it is about a woman working as fare token collector who fell in love with a man who commuted by train on daily basis.

Mereka tidak saling kenal. Hanya bertemu saat laki-laki itu datang, membeli tiket dan mungkin kadang mengucapkan salam.

They didn’t know each other. They met when he came, bought a train ticket and maybe sometimes exchanging greetings.

Lalu pada suatu pagi laki-laki itu terjatuh persis di atas rel kereta karena didorong oleh orang yang mencoba merampoknya. Lucy menyelamatkannya sehingga laki-laki itu tidak tergilas kereta api.

One morning the man suddenly fell onto the railway after muggers pushed him. Lucy saved him from not being run over by the passing train.

Ceritanya dimulai ketika karena kesalahpahaman di rumah sakit, Lucy dikira sebagai tunangan laki-laki itu. Karena laki-laki itu tidak sadarkan diri, tidak ada yang mengetahui bahwa hal itu tidak benar.


The story began when Lucy was mistakenly thought as the man's fiancee. Since the man was unconscious, no one knew the truth.

Dan selama sekian waktu dia tidak sadarkan diri di rumah sakit, Lucy mengalami berbagai hal ketika keluarga laki-laki itu menerimanya dengan tangan terbuka karena mengiranya pacar dari putra dan saudara mereka.

And during the time he lied unconscious in the hospital, Lucy experienced many things when his family accepted her with open arms because they thought she was their son’s and brother’s girlfriend.

Banyak hal terjadi.. ketika kamu sedang tidur ..

Many things happen.. while you were sleeping ..

Saya jadi teringat pada film itu ketika hari Selasa (12/8) saya sedang mencuci kain pel yang habis saya pakai untuk mengepel lantai dan saya mendengar ibu saya, yang baru saja bangun, bertanya pada ayah saya apa saya sudah bangun.

I was reminded to that movie when I was washing the cloth I used to mop the floor on Tuesday (August 12th) and I heard my mother, who just woke up, asked my father if I have awaken.

Duile si mama.. emang dikiranya itu jam berapa?

Oh come on, mom.. what time did she think it was?

Saya sudah bangun dari jam 6.45 pagi. Biar pun hari Selasa adalah hari libur saya tapi saya tetap bangun pagi walau tidak sepagi hari-hari kerja.

I have been up since 6.45 am. I still get up early though Tuesday is my off day.. not as early as on workdays.

Dan pada jam 10 pagi itu, ketika ibu saya baru bangun, saya sudah mengelap meja serta jendela, memberi sarapan ke Doggie, menyapu dan mengepel lantai serta membersihkan kompor gas. Saya tinggal mencuci dan menjemur kain pel, lalu membersihkan kamar mandi sembari mandi.


And at that 10 am, when my mother just woke up, I have dusted the tables and window, gave Doggie breakfast, swept and mopped the floor and cleaned the stove. I just needed to wash and hang the mop cloth, after that cleaned the bathroom while I took a bath.

Banyak hal terjadi.. ketika kamu sedang tidur ..

Many things happen.. while you were sleeping ..

Tapi kemudian terpikir lagi oleh saya.. pada hari-hari kerja, ayah saya sudah bangun sebelum saya dibangunkan oleh alarm pada jam 5.30 pagi.

But then it came to my mind.. on workdays, my father is up before I awoke by the alarm at 5.30 am.

Ayah saya yang menyiapkan sarapan dan memasakkan air mandi untuk saya. Jadi ketika saya bangun, saya bisa langsung sarapan dan kemudian mandi. Papa juga yang menyiapkan bekal makan siang saya.


My father prepares breakfast and boil the water for my bath so when I get up I can have breakfast and take a bath. He is also prepares the meal for my lunch.

Banyak hal terjadi.. ketika kamu sedang tidur ..

Many things happen.. while you were sleeping ..

Kalau saya pergi dugem di Jakarta, kami bisa baru keluar dari tempat dugem pada jam 2-3 pagi. Biasanya kami mampir di pedagang makanan kaki lima. Dan di saat-saat seperti itu, ketika orang-orang umumnya sedang tidur manis, saya melihat pedagang-pedagang sayuran lewat dan pasar-pasar yang mulai ramai oleh pedagang. 

When I went clubbing in Jakarta, we would leave the café or bar at 2 or 3 am. We then usually went to street vendor to get something to eat. It was during that time, when everyone else was sleeping, I saw the vegetables vendors passed by and traditional markets started their business.

Banyak hal terjadi.. ketika kamu sedang tidur ..

Many things happen.. while you were sleeping ..

Pernah nonton film serial ER atau Rescue 911? Pada saat tengah malam atau subuh, mereka yang bertugas sebagai polisi atau para petugas medis di rumah sakit sibuk menangani berbagai kasus mulai dari pertengkaran antar suami istri sampai korban akibat tawuran antar geng.


Have you seen ER or Rescue 911 tv series? At midnight or dawn, people who work as police officers or the medics in the hospital have to deal with many cases from domestic fight between couples to gang war victims.

Banyak hal terjadi.. ketika kamu sedang tidur ..

Many things happen.. while you were sleeping ..

Karena kita tidak melihatnya maka kita tidak bisa membayangkan bagaimana dan seperti apa hal-hal atau beban, kewajiban serta tanggung jawab mereka.

Since we don’t see it, we can’t imagine how and what it is like, the things or the burden, obligation and responsibility they must carry.

Itu yang membuat kita sering meremehkan dan tidak bisa menghargai mereka yang melakukan banyak hal ketika kita sedang tidur..


It is what makes us take for granted and fail to appreciate the things people do while we were sleeping..

Saya mengingatkan diri saya akan hal ini ketika saya bangun dan mendapati sarapan sudah terhidang di meja, air panas sudah siap di kamar mandi dan bekal makan siang saya sudah rapi dalam tempat bekal.

I remind myself this when I get up and find breakfast already served on the table, hot water in the bathroom and my lunch meal already packed nicely in my lunch box.

Semua itu dilakukan dengan rasa kasih oleh ayah saya.

My father does it all for his love to me.

Entah dilakukan oleh keluarga, teman, pembantu atau orang yang tidak kita kenal, hal-hal yang mereka lakukan ketika kita sedang tertidur pulas adalah hal-hal yang patut kita hargai.

Whether it is done by family, friend, maid or stranger, the things they do while we were sleeping are the things we should appreciate.

* tentu tidak termasuk pada para pelaku kejahatan ya.. hehe..

* of course with the exception to those who committed crime.. hehe..

No comments:

Post a Comment