Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Monday, January 31, 2011

Kemajuan demi kemajuan / Making progress

Minggu ke dua ini rasanya semua sudah jadi lebih mapan sama ritme rutinitas sekolah. Tidak kayak minggu lalu yang sepertinya masih perpaduan antara semangat tapi juga agak ogah-ogahan. Hari ini (Senin, 24/1) lumayanlah fisik saya tidak berasa terlalu ancur-ancuran seperti minggu sebelumnya.

Bahasa Inggris jam 9-10 di TK A. Setelah belajar a-b-c-d-e-f-g, belajar bahasa Inggrisnya mobil, perahu & kapal feri, kita nebelin huruf f trus warnain gambar kapal feri. Abis itu ngelipat kertas warna bentuk segitiga ya. Minggu lalu memang sudah pernah sih ngelipat segitiga tapi ada beberapa anak yang belum bisa. Jadi hari ini kita ulang lagi ya.

“Gampang kok” kata Clarissa yg diiyakan sama Kim, Stevany, Dea & March.

“Iya buat kalian” saya nyengir ingat gimana minggu sebelumnya butuh ‘perjuangan’ buat ngajarin beberapa anak untuk melipat bentuk segitiga “bu guru belum puas lihat hasil pekerjaan melipat beberapa teman kalian jadi hari ini kita ulang lagi tapi dari bentuk segitiga itu nantinya kita buat jadi layar perahu, bukan topi kayak minggu lalu”

Di akhir jam sekolah saat saya & Evelyn duduk & mulai menilai pekerjaan anak-anak hari ini, sampailah saya ke satu buku gambar.

“Ini Kelvin sendiri yg bikin lho” Evelyn menunjuk layar segitiga yg tertempel di buku gambar itu.

“Ngelipat segitiga?” saya tidak percaya. Kelvin kita?

“Iya. Saya tidak bantu dia sama sekali”

“Wah, canggih!” saya betul-betul senang karena sama sekali tidak menyangka kertas lipat yg tadi saya olesi lem itu ternyata buatan Kelvin sendiri.

Saya amati gambar perahunya. Tadi dia memang sempat tidak tahu bagaimana caranya menggambar perahu di bawah kertas warna berbentuk segitiga yg diberdirikan hingga membentuk seperti layer perahu.

Saya bantu dia menggambar perahunya tapi kemudian saya biarkan dia menggambar & mewarnai sendiri karena saya segera sibuk berkeliling kelas, mengolesi kertas-kertas lipat teman-temannya sambil mengawasi hasil kerja mereka.

Hari ini saya terkesan dengan hasil pekerjaan Kelvin. Walaupun warna lautnya masih tidak matching & sedikit amburadul tapi lumayanlah dibandingkan dengan sebelumnya. Selain itu dia juga menggambar seorang anak perempuan di atas perahu yg membuat saya hampir sulit percaya Kelvin yg menggambarnya karena gambar itu terhitung proporsional & cukup bagus untuk ukuran hasil gambar-gambarnya sebelumnya.

Setiap anak di kelas kami membuat kemajuan. Ada yg cepat, ada yg lambat. Ada yg kemajuannya banyak & menonjol tapi ada yg kecil sampai nyaris lolos dari perhatian. Tapi kemajuan itu selalu ada. Jadi jangan kecil hati kalau kemajuan anakmu lambat / sedikit. Asal kita tetap konsisten dalam berupaya, berdoa & beriman, serta SABAR, maka semua pasti akan memberikan hasil.

___________________________________________________________________

It gets easier for everybody to adapt on the routinity on this second week of school. Last week was kind of the mixture of excitement to get back to school & not in the mood to go back to the routine. I personally feel physically fit today (Monday, Jan 24th) & glad no longer feeling fatigued & sleepy.

We had English class at 9 to 10 am in my class. After learning a-b-c-d-e-f-g in English & the English for car, boat & ferry, let’s write the letter f & colour the ferry. After that we’re going to fold the coloured paper into the shape of triangle. We’ve done it last week but some kids haven’t mastered it so we’ll practice on our folding today.

“It’s easy” said Clarissa. Kim, Stevany, Dea & March nodded.

“Yeah, well it’s easy for you guys” I grinned as I remember how it took quite an effort to teach few kids to fold their coloured paper into the shape of triangle.

After school as Evelyn & I sat down & looking at our kids drawing books, one of them took my attention.

“Kelvin made this by himself” Evelyn pointed at the triangle sail glued on that drawing book.

“He folded this by himself?” I asked in disbelief. Our Kelvin?

“Yep. I didn’t help him”

“Wow!” I’m so surprised & happy. Oh yes so his drawing & colouring are still far from perfect but it’s much better than before. Not to mention that he folded his coloured paper neatly & he drew a girl on the boat which is quite good.

Every kid in our class makes progress by progress. Some are making it in short time & it’s significant progresses while others making it slow & so little that it nearly goes unnoticed & unappreciated. But our kids do make progress so don’t be discouraged if your kid makes slow  disparaged progress. Keep that consistency in effort, faith & prayer, also PATIENCE. They’re all will bear you good fruits.

No comments:

Post a Comment