Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Friday, November 18, 2016

One Leave Day

Cuti tidak kemana-mana itu bukan saya banget. Tapi cuti tanggal 7 November kemarin itu mau tidak mau harus dihabiskan di rumah gara-gara rencana jalan bareng sama teman harus di cancel karena dia pilek.

Spending leave day without going anywhere is not my style. However the leave on 7 November had to be spent at home after the plan to go with a friend had to be cancelled because he got flu.

Saya sendiri juga merasa badan kurang fit. Sehari sebelumnya seorang teman mengukur tekanan darah saya dan kami berdua sama-sama kaget melihat hasilnya; 80/60. Anjlok. Pantesan sepagian itu saya memang merasa pusing.

I didn't feel good either. The previous day a friend measured my blood pressure and we both were quite shocked to see its result; 80/60. It dropped. It explained why I have been feeling dizzy the whole morning.

"Sudahlah, mending kamu istirahat aja di rumah" kata Andre.

"There, you better rest at home" said Andre.

Saya masih ragu. Pengen jalan tapi juga ragu, jiper. Tekanan darah anjlok. Badan juga kurang enak. Cuma ya.. punya janji jalan nih sama teman..

I hesitated. I wanted to go out but hesitated, not really into it. The blood pressure dropped so low. I didn't feel good. It's just that.. I had a plan to go with a friend..

Eh, teman saya telpon; "Sori, gue pilek. Rencana jalan kita diundur ya"

Well what do you know, my friend called me; "sorry, I've got flu. We have to reschedule our plan"

Rupanya hari cuti itu saya memang tidak boleh kemana-mana.

It is clear that I wasn't allowed to go anywhere on that leave day.

* * * * *

Orang tua saya girang ketika tahu sepanjang hari Senin itu saya akan tinggal di rumah. Tujuh hari seminggu saya pergi kerja. Waktu saya bersama mereka semakin sedikit. Ya apa boleh buat. Saya kerja kan bukan buat kasih makan mereka juga. Jadi kalau konsekuensinya bikin waktu saya di rumah semakin sedikit, yah, harus bisa terimalah..

My parents were happy when they knew I would be staying home on that Monday. I work seven days a week. My time with them is fewer and fewer. No choice. I work to feed them too. So if it makes me have less time at home, well that's the consequence we all have to accept..

Tapi toh tidak berarti Senin itu saya hanya duduk bengong seharian kayak ayam sakit.

But it doesn't mean I'd spend that Monday by sitting like a sick chicken.

Saya akan bersih-bersih rumah.

I would clean the house.

* * * * *

7 November.... Ah, enaknyaaaa bangun tidak perlu pagi-pagi. Jam delapan pun masih bisa bermalas-malasan di tempat tidur.


On 7 November.... Ah, it felt sooooo good not having to wake up early in the morning. I could still stay in bed at eight am.

Tapi saya tidak bisa berlama-lama baring-baring di tempat tidur. Saya lapar. Biasanya kan jam enam saya sudah sarapan. Semalam saya tidak makan jadi pagi ini perut saya sudah minta makan.

I had to get up though. I felt hungry. I usually have breakfast at six. I skipped dinner last night so my stomach screamed for breakfast this morning.

Program bebersih rumah dimulai setelah sarapan.

Cleaning the house started after breakfast.

Sapu dan mengepel lantai ada dalam urutan pertama.


Sweeping and mopping the floor were number one on the list.

Saya pindahin sofa dan kursi karena kolong-kolong mau saya pel semua. Ha..

I moved the sofa and chairs because I wanted to do the work thoroughly. Ha..

Tapi kok ya sudah sarapan dan tidur hampir sepuluh jam semalam.. kepala saya masih pusing, napas saya pendek dan berapa kali saya harus berhenti untuk duduk sebentar karena tiba-tiba pandangan mata jadi gelap. Kayaknya ini tekanan darah belum bener seratus persen.. tapi saya diam-diam saja. Kalau saya ngomong.. wah, emak babe bisa heboh..

Still I felt the dizzy, had short breath and I had to stop few times to sit for a while as everything suddenly was black. I had breakfast and I slept for nearly ten hours last night. This must be the blood pressure that hasn't completely recovered.. but I kept myself quiet about it. If I didn't.. man, my parents would make a big fuss of it..

Apalagi kalau Andre tahu.. hmm.. bakal ngoceh panjang pendek dia.. jadi mending saya diam-diam aja kan..

If Andre knew about it.. hmm.. he would lecture me.. so I better say nothing about it..

Pakai acara berhenti buat mandi, makan siang dan bobo siang juga dong. Ya, iyalah.. kalau semua diborong sekaligus, bisa gempor saya.


I took few brakes to shower, had lunch and took a nap. Of course I did.. I couldn't do it all at once, I'd 

Kami tidak punya pembantu, dari dulu orang tua saya sebetulnya lebih suka tidak pakai pembantu. Mereka tipe orang yang mikir kalau bisa dikerjakan sendiri, ya kerjakanlah sendiri. Lebih puas dan lebih yakin dengan hasil yang dikerjakan sendiri dari pada kalau dikerjakan oleh orang lain.

We don't have maid, my parents prefer not to have any. They are the type of people who think if they can do this by themselves, then do it. It is more satisfying and feel more good with the result than if it is done by other people.

Prinsip mereka itu menurun ke saya. Jadi kalau lagi main ke rumah orang lain yang punya pembantu, rasanya risih kalau mau nyuruh atau mau minta tolong ke pembantu itu biar pun tuan rumahnya bilang kalau saya perlu sesuatu, jangan ragu ngomong aja ke pembantunya. 

They pass this principle to me. So when I am in other people's house who happen to have a maid, I feel uneasy to ask or give order to that maid though the owner of the house told me not to hesitate to do so.

Nah, karena di rumah tidak ada pembantu, saya dan ayah saya berbagi tugas. Cuma karena saya sibuk kerja kantoran dan punya kerja sampingan sebagai guru les dan guru TK, pekerjaan rumah bagian saya sering tertunda atau malah terbengkalai.

So, since we have no maid, my father and I are sharing housechores. But since I am busy with my work in the office and my sidejobs as English tutor and kindergarten teacher, my part of housechores are oftenly have to be postponed or even left undone.

Jadi kalau lagi ada waktu, suka saya borong. Capek sih tapi ya resiko.. hehe.. saking capeknya saya tidak bisa tidur siang lama. Satu jam sudah bangun.


I like to do it all when I have time. Exhausting but well.. that's the consequences.. I was so exhausted I couldn't nap long. I was already awake an hour later.

Pokoknya program bersih-bersih terlaksana semua. Dari mulai sapu-ngepel lantai, cuci keset, bersihkan jendela-jendela, cuci beberapa pajangan, bersihkan kompor gas dan bersihkan kamar mandi.


The important thing is I did all my cleaning plan; swept-mopped the floor, washed the doormat, clean the windows, washed few of knick knacks, cleaned the stove and cleaned the bathroom. Mission accomplished.



Malamnya saya menyempatkan diri untuk merapikan pekerjaan murid-murid di TK yang berhari-hari lalu tidak sempat saya kerjakan.


I spared some time in the evening to check and gave score to my kindergarten students's activities worksheet 

Karena masih ada waktu tersisa, badan dan mata masih segar.. lanjut ngedraft buat blog.

Since the night was young, my body and eyes were still fully awake.. let's drafting the post for my blog.

Saya teler tapi hati puas. Tidak sia-sia deh hari cuti itu.

I really knocked out but I felt content because I have made the most of my leave day.

Buat kalian yang bisa cuti lebih dari sehari dan bisa jalan-jalan.. syukurilah itu. 

For you guys who can take more than one day leave and can go traveling.. be thankfull.

Saya dibolehin ngambil cuti cuma dua hari, maksimal tiga hari, dalam sebulan. Dijebret sekaligus seminggu? Hmm.. ngimpi.. ngambil cuti dua hari ditambah satu hari libur aja kuping harus siap denger sejuta komentar "Cuti mulu", "Cuti lagi?".. Hahaha.. sudah lima tahun saya di sini, kuping dan hati saya lama-lama jadi tebal ..


Every month I am allowed to take only two days leave, three at max. Taking a week leave? Hmm.. dream on.. taking two days leave plus one day off and my ears must hear millions of comments such as "Keep taking leave", Taking leave again?".. Hahaha.. It has been five years, my ears and my heart have thickened eventually..

2 comments:

  1. Kalo di kantorku, syukurnya semua staff boleh2 aja ambil cuti sekaligus kalo memang mau mbak. Kayak jatah cutiku 20 hr, dan bisa aja aku ambil semua, trutama kalo ada planning trveling jauh ke eropa misalnya, nah berguna bgt tuh, drpd cm ambil sebentar :D. Justru di HSBC staff sbnrnya di encourage utk ambil srkaligus, supaya ga ada sisa cuti yg ketinggalan :p.

    Aku jg trmasuk yg jarang bgt ambil cuti tp ga kemana2. Tp pernah juga kyk thn ini nih.. Dan kalo cuti ga kemana2, kebiasaanku jg pasti bersih2 mbak :D. Aku trmasuk yg kalo udh bersih2, hrs pastiin semua sudut bersih dan mengkilap :p. Yg jd korban biasanya anak2 dan suami krn aku pasti ngomel kalo mereka lewat2 d ruangan yg belum semuanya aku bersihin :p. Tapi biar capeknya ampun gitu, berasa puas bgt ya kalo rmh jd bersih dan mengkilap :D

    ReplyDelete
  2. Hai fan, asyik juga tuh punya kantor yg staffnya didorong supaya ngambil cuti sekaligus.. di tempat saya beda, kalau bisa karyawan kagak perlu cuti & kagak perlu libur.. hehe.. kerja terus sampe patah tulang, patah hati, patah semua.. demi yg namanya pengabdian & pelayanan.. (blah!)

    Iya ya, kalau kita sdh bebersih.. dijamin semua kinclong tapi orang rumah kagak boleh bergerak. Semua harus duduk manis, angkat kaki, kagak boleh kemana-mana, kagak boleh ngegeratak & sudahannya dilarang ngejatuhin remah makanan, numpahin air.. hehehe.. kalau bisa itu rumah dibungkus dlm kantong plastik biar tetap bersih..

    ReplyDelete