Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Friday, July 4, 2014

Blogskin

Akhirnya.. setelah hampir empat tahun punya blog.. berhasil juga saya menghias blog ini dengan gambar latar belakang yang tidak disediakan oleh website blogspot.com.

Finally.. after almost four years having a blog.. I found a way to put blog background which is not the standard ones provided by blogspot.com.

Beberapa bulan lalu saya menemukan website penyedia blogskin gratis. Saya ikuti petunjuk untuk memasang blogskin mereka di blog ini.

Few months ago I found a website that specialize in providing free blogskin. I followed their direction to put their blogskin in this blog.

Tidak berhasil.

To no avail.

Penasaran, saya cari tutoring di youtube yang menunjukkan bagaimana cara mengganti blogskin.

Curious, I searched youtube to find any tutoring video about how to change blogskin.

Semua bikin saya malah jadi tambah bingung. Entah saya kelewat gaptek, kelewat goblok atau cara tutoringnya tidak di buat sedemikian rupa hingga orang yang paling gaptek bisa mengerti.

It ended up making me more lost. I don’t know whether it was because I am not a computer nerd, I am too dumb or the tutoring is not designed to make people who are not into computer can understand the content.

Karena kesal saya hentikan usaha untuk mencari cara untuk mengganti blogskin.

Upset about the whole thing made me stopped any effort to get to know how to change blogskin.

Sekian bulan lewat.. lalu minggu lalu saya iseng surfing di google mencari info tentang tempat-tempat wisata di Sukabumi karena saya ingin jalan lagi ke sana. Tapi saya tidak mau mencari mochi. Saya juga tidak mau ke pantai. Saya mau ke tempat yang lain dari yang lain.

Months passed.. last week I surfed google to find information about tourist destination in Sukabumi as I am thinking to visit that town again. But not to look for mochi snack. Neither to go to the beach. I am thinking to go to an uncommon place.

Dari sekian banyak tempat wisata di Sukabumi.. mata saya tertambat pada gua. Kayaknya seru juga nih menjelajah gua. 

Of all tourism objects in Sukabumi.. cave caught my eye. It would make quite an adventure to go caving. 

Jadi saya browsing khusus mencari info tentang gua yang ingin saya kunjungi.

So I browsed google to get specific information about the cave.

Sampailah saya pada sebuah blog.. wah, keren juga blogskin di blog itu, begitu pikir saya.

I landed on a blog.. it has cool blogskin, I thought.

Klik sini, klik sana.. siapa tahu mungkin di blog itu ada postingan khusus tentang bagaimana mengganti blogskin. Saya tidak menemukannya. Tapi tidak sengaja satu ceklikan membawa saya ke shabbyblog.com.

Few clicks later.. who knows I could find in that blog a post about how to change blogskin. None. But I accidentaly clicked something that brought me to shabbyblog.com.

Ternyata itu gudangnya blogskin gratisan!

It is actually free blogskin warehouse!

Disitu disebut blog background.

It refers as blog background.

Buat saya yang penting adalah petunjuk untuk memasang blog background sangat mudah untuk dipahami. Saya bisa cepat mengerti dan dengan sekali coba saja berhasil memasang blog background pilihan saya ke blog ini. 

The most important thing for me is given information about how to apply blog background to a blog is easy to understand. I quickly understood and succedeedly applied my chosen blog background to this blog in the first attempt.

1.Buka www.shabbyblog.com

1. Go to www.shabbyblog.com

2.Dibawah gambar ini    


cari tulisan grab some awesomeness, klik tulisan itu

2. Under the above picture, find 'grab some awesomeness'   
     click it.

3. Setelah di klik, muncul gambar-gambar seperti ini


klik pada gambar di atas.

3. It then shows some buttons like the above. Click on the one like the above.

4. Muncul halaman berisi contoh-contoh blog background. Pilihlah mana yang sesuai dengan selera. Lalu lihat dibawah gambar itu ada tulisan 'get the code'. Klik tulisan itu.


4. It leads you to a page that fills with various blog background samples. Pick one you like. Click the 'get the code' button under your chosen blog background.

5. Muncul petunjuk bagaimana mengaplikasikan blog background pilihan ke blog kita. Buat mereka yang mengerti bahasa Inggris bisa langsung mengikuti petunjuk itu. Tapi untuk mereka yang tidak terlalu mengerti bahasa Inggris, saya terjemahkan petunjuknya.

5. Installation instruction appears on the page. You can apply your chosen blog background to your blog by following the step by step instruction. For those who have problem understanding the English written instruction, I translate it for you.

a. Login ke blogger.com

b. Setelah login, di sebelah kiri bawah cari Layout, klik.

c. Cari kotak yang bertuliskan 'add a gadget'. Klik tulisan itu.

d. Scroll ke bawah sampai anda temukan 'HTML/Java Script'.Klik pada tulisan itu.

e. Muncul halaman 'configure HTML/Java Script'.

f. Anda copy seluruh kode dalam kotak yang ada di halaman petunjuk cara mengaplikasikan blog background di shabbyblog.com.

g. Paste seluruh kode yang tadi anda copy itu ke kotak content di halaman 'configure HTML/Java Script'.

h. Klik tombol 'save' yang ada dibawah kotak content.

i. Kalau ingin gambar blog background kelihatan lebih bagus, anda harus pilih background Picture Window di blogspot. Caranya klik Template, scroll ke bawah sampai anda temukan tipe blog background tsb and aplikasikan ke blog anda. Ada tiga jenis tipe yang dalam Picture Window. Anda tinggal pilih saja mana yang cocok & yang kelihatan paling pas dengan blog background dari shabbyblog.

Gampang kan?

It’s easy, right?

Mudah-mudahan penjelasan saya bisa dimengerti. Anda harus berani mencoba. 

Saya jadi penulis blog dengan modal otodidak. Empat tahun lalu saya tidak tahu sama sekali bagaimana membuat atau mendesain blog. Tidak ada yang mengajari saya. Saya juga tidak belajar dari buku, tidak ambil les, tidak nanya orang dan tidak cari petunjuk di google.

I am a self taught blog writer. My knowledge about blog was zero when I started it four years ago. I knew nothing about it nor about how to design it. No one taught me. I didn’t learn it from book, I didn’t take any course on it, I didn’t ask anyone nor did I browsed google to find information.

Cara saya belajar adalah dengan meng-klik semua button yang ada di blogspot, membacanya, menarik kesimpulan dari hasil mencoba apa yang terjadi setelah saya klik sini, klik sana.. akhirnya saya jadi tahu dari mulai mengatur huruf, warna, menaruh foto, klip video, menentukan lebar ruang untuk blog.. masih banyak yang saya tidak mengerti dan saya berusaha untuk mempelajari satu persatu, pelan-pelan karena harus mencari waktu luang disela-sela pekerjaan.

I learned it by clicking all the button in blogspot, I read it, took conclusion based on what happened after I clicked here and clicked there.. at the end I knew how to set font type and color, attach photo and video clip, setting up the width for blog space.. I still have many stuff that I don’t understand but I can try to learn about them, one by one, slowly as I can only do that in my spare time.

Saya senang menjelajahi blog-blog milik orang lain. Setiap blog itu unik. Desainnya unik. Isinya unik.

I like to search for blogs. Every blog is unique. Every blog is designed uniquely. Every content is unique.

Kadang ada blog yang bikin saya jadi minder karena merasa disain atau isinya jauh lebih bagus atau lebih baik (dalam penilaian saya) bila dibandingkan dengan blog saya.

Sometimes I found a blog that made me lost my confident when I saw its design or content which (in my opinion) so much better than my own blog.

Tapi kemudian saya berpikir, setiap blog itu unik karena setiap orang membuatnya menurut selera, minat, pengetahuan dan kemampuannya. Mereka yang punya blog dengan desain yang bagus atau kelihatan profesional mungkin karena mereka memiliki pengetahuan tentang mendesain blog atau karena blog itu di desain oleh orang lain.. hehe..

But then I thought, every blog is unique because the owner makes it according to his/her interest, taste, knowledge and skill. They who have nice design or looks like a professional ones probably have the knowledge to design it that way or because it is designed by other person.. hehe..

Boleh-boleh saja melirik blog milik orang lain kalau itu untuk mempelajari gaya penulisan atau mencari info tertentu tapi jangan merasa iri atau jadi minder ketika melihat blog-blog itu kok lebih bagus dari blog milik sendiri.

It is okay to survey other people’s blog if it is to learn about their writing style or to get certain information but don’t get envy or lose your confident when seeing those blogs are better than your own.

Soal desain bisa tanya pada mereka atau belajar sendiri. Tapi soal isi, jangan menjiplak. Carilah gaya menulis dan bahan tulisan yang khas dirimu sendiri.

When it is about how to design a blog, you can ask them or learn by yourself. But about content, don’t imitate. Find your own writing style and be original, be you.

Blogskin atau blog background memang harus di buat menarik tapi itu bukan satu-satunya faktor yang membuat orang tertarik untuk membaca suatu blog.

Blogskin or blog background should be made eye catching but that is not the only thing that makes people want to read a blog.

No comments:

Post a Comment