Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Sunday, May 14, 2017

Two Days Off (2)

Libur hari kedua.

Second day off.

Kalau di postingan Two Days Off (1) ceritanya dapat libur karena Hari Senin tanggal 1 Mei itu adalah hari Buruh maka libur hari kedua beda ceritanya.

In Two Days Off (1) post I wrote about my first day off on Monday, 1 May, Labor's Day, it was a different story on this second day off.

Sedangkan besokannya, hari Selasa memang hari libur saya dari kantor tapi setiap Selasa pagi saya mengajar bahasa Inggris di TK sejak September 2016. Itu Taman Kanak-Kanak tempat saya mengajar tahun 2005-2011 jadi waktu saya diminta untuk kembali mengajar di sana ya asyik-asyik banget bisa balik lagi.


In the meantime the next day, Tuesday is my day off from work but I teach English every Tuesday morning in the kindergarten since September 2016. It is the same kindergarten where I used to teach in 2005 to 2011 so it is cool when I was asked to teach again in there.

So, karena Selasa tanggal 2 Mei adalah hari Pendidikan Nasional dan guru-guru harus mengikuti upacara bendera di kecamatan, sekolah diliburkan.

Anyway, since Tuesday 2 May is National Education Day and the teachers had to attend flag ceremony in municipal office, school was thus given a day off.

Hore!!!

Hooray!!!

Jarang-jarang bisa dapat libur 2 hari berturut-turut. Ya, karena saya mengajar juga di hari libur saya maka selama 7 hari seminggu saya pol kerja; 6 hari di kantor, sehari di TK dan 5 hari mengajar les di rumah.

It's rare to get 2 days off in a row. Yep, I teach in my day off so I work 7 days a week, nonstop; 6 days at the office, a day in the kindergarten and 5 days giving tutoring at home.

Biasanya sih kalau ada libur dobel gini saya pasti bakal jalan-jalan tapi karena ini hari libur nasional, males deh saya jalan. Pasti macet dan tempat wisata mana pun dijamin rame. Ga asyik ah.

I usually go on traveling when I have this kind of days off but since it's public holidays I didn't feel like going anywhere. It would definitely bad traffic and tourism object would be crowded. It wouldn't be fun.

Jadi mendingan diam di rumah. Kebetulan saya memang sudah lama pengen bebersih rumah. Jadi kemarin sudah bersih-bersih dan hari ini berlanjut lagi walau pun sudah tidak sebanyak kemarin.

mopped the floor
It'd be better to stay home. I happened to have a plan to clean the house. I had done it yesterday and it went on today though it was not as much as yesterday.

Setelah semua kerjaan kelar.. ah, ini dia kesukaan saya; masak yuk..

After all work was done.. ah, here comes my favorite thing; let's do some cooking..

My dad got some banana leafs

Taruh daun pisang di atas api supaya jadi lemas. Jangan kelamaan ya.
Put clean banana leaf on the fire to make it loose. Just for few seconds

Bungkus kelapa parut dengan daun pisang.
Put grated coconut on banana leaf and wrap it.


Ketan (Glutinous rice / sticky rice)


Masak santan dengan sereh dan salam sampai mendidih.
Cook coconut milk with lemongrass and bay leaf until it boiled.

Setelah mendidih, buang sereh dan daun salam, masukkan beras ketan yang sudah dicuci. Masak dengan api kecil.
Aduk-aduk supaya tidak lengket.
After it got boiled, took away lemongrass and leaf bay, put clean glutinous rice. Cook it. Medium heat.
Stir so the rice won't stick to the pan and got burnt

Santannya kering, angkat.
Turn off the stove when the coconut milk is drained.

Kukus / Steam

Taruh daun pisang berisi parutan kelapa di atasnya.
Put grated coconut wrapped in banana leaf on it


Keluarin dari dandang / Took it off from the pan


Akhirnya... ketan dengan kelapa parut dan bumbu kacang
(bumbu kacangnya sudah dibuat kemarin, jadi lihat di Two Days Off 1).
Finally.. sticky rice with grated coconut and peanut sauce
(I made peanut sauce a day before, check it out in Two Days Off 1)

Saking asyiknya masak jadi kaget sendiri waktu lihat di luar mendung... yah, hujan deh.. lantai yang paginya saya pel basah lagi. Tapi ga apa-apa. Tidur siang jadi enak karena sejuknya hujan.


I was too busy with cooking that I was surprised to see it cloudy.. oh no, it rains shortly after that.. the floor that I have mopped this morning were wet. Well, it's ok. It made it cool for taking nap. 

Sorenya tiga anak bawel ini datang buat les bahasa Inggris


These three noisy girls came for their English tutoring

Malam tinggal nyantai deh, ngedraft blog dan tidur cepat karena besoknya sudah harus bangun subuh dan ngantor lagi..


Time to relax at night, drafting a blog post and went to bed early since I had to get up early the next morning and go to work.

Selesai deh hari liburnya.

Well, there goes the story of my days off.

No comments:

Post a Comment