Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Thursday, March 9, 2017

After You're Gone

Tidak ada seorang pun bisa mengerti bagaimana rasa kehilangan orang terkasih selain dari mereka yang pernah mengalaminya sendiri.

No one understands how it feels to lose loved one than those who have experienced it.

* * * * *

30 Desember 2016.. malam itu Tuhan menjemput mama. Begitu cepat. Saya dan papa terpukul. Amat sangat terpukul.

30 December 2016.. that night God took mama away. It happened so fast. Papa and I were shocked. So very shocked.

Orang mengatakan wajarlah.. mama sudah berusia 82 tahun.

People said it is normal.. mama was 82 years old.

Orang mengatakan mama sudah terbebas dari penderitaan.

People said mama was freed from pain.

Orang mengatakan mengapakah saya dan papa harus demikian terpukul? Bukankah mama berada di Surga? Kenapa kami harus bersedih? Bukankah mama sudah bahagia? 

People said why papa and I had to be so shocked? Isn't mama in heaven now? Why should we feel sad? Isn't mama happy now?

Semua itu benar dan walaupun mereka yang mengatakan hal-hal di atas mengatakannya dengan niat baik tapi tahukah mereka bahwa..

It is all correct and though they said with good intention but did they know that..

Mama bukanlah seperti sepasang sepatu tua yang sudah usang, robek-robek dan bau yang tinggal dibuang ke tong sampah.

Mama is not a pair of old rotten, torn and smell shoes that anyone would just toss into the garbage can.

Ibumu mungkin saja tua, penyakitan, nyinyir, nyebelin, membebani pikiranmu dan juga dompetmu tapi itu bukan berarti kamu menginginkan hidupnya berakhir supaya terlepaslah kamu dari segala kesusahanmu.

Your mother is probably old, frails, noisy, burdened your heart and your financial but it doesn't mean you wish her life to end to free you of all your trouble.

Kehilangan mama bukanlah seperti kehilangan seekor kucing karena dapat digantikan oleh kucing lain.

Losing mama is not like losing a cat because a cat can be replaced by other cat.

Ada banyak ibu di dunia ini. Ibumu mungkin sejuta kali lebih baik dari ibuku tapi apakah hal itu membuat dia bisa menggantikan ibuku?

There are many mothers in this world. Yours is probably a million of times better than mine but would it make her suitable to replace my mother?

Kehilangan pulpen kesayangan aja bisa bikin kita uring-uringan.. nah, bukankah kehilangan seorang ibu melebihi kehilangan sebuah pulpen..

Losing favorite pen could drive us crazy.. losing a mother is more than losing a pen..

Ketika ada yang mengatakan bahwa mama ada di surga dan seharusnya saya dan papa tidak bersedih hati.. saya mikir gini; kehilangan pulpen saja bisa bikin kita uring-uringan, sebuah pulpen.. yang hanya benda mati, yang kita miliki paling lama mungkin hanya setahun.. nah, mama adalah mahluk hidup, yang ada dalam kehidupan saya selama empat puluh lima tahun, seorang yang ikut sedih kalau saya sedih, yang merawat saya, yang menghibur saya, yang menyemangati saya, yang mengerti saya, yang berkorban untuk saya.. jadi ketika dia tidak ada lagi wajarlah kalau saya bawaannya baper melulu.

When somebody said mama is in heaven and papa and I should be sad.. this is how I think about it; losing a pen can drive us crazy, a pen.. which is just a thing, something that we own for the longest time is probably just a year.. well, mama was a living creature, someone who was in my life for forty five years, somebody who felt sad when I sad, who took care of me, who comforted me, who encouraged me, who understood me, who sacrificed for me.. so when she is no longer there, it makes sense if I got carried away with grief.

www.quotesgram.com

* * * * *

Hampir tiga bulan, mama..

It has been almost three months, mama..

Mereka bilang waktu akan menyembuhkan..

They said time will heal..

Kehidupan berjalan terus, mama, tapi entahlah apakah waktu benar-benar menyembuhkan. Yang sebenarnya terjadi adalah Keke dan papa belajar menjalani hidup tanpa kehadiranmu, mama..

Life goes on, mama, but I wonder if time can really heal. Fact is papa and I learn to live our lives without you, mama..

Papa adalah harta yang paling berharga sekarang. Kami tidak mau terpisah, kecuali untuk urusan ngantor. Pulang kerja saya tidak keluyuran kemana-mana lagi. Langsung pulang. Yah, sebagian besar juga karena sore saya mengajar les jadi saya memang tidak punya waktu lagi buat nongkrong atau jalan-jalan. Tapi di akhir minggu saya juga hilang selera buat kemana-mana. Butuh pengertian besar dari Andre untuk bisa menerima perubahan ini.

Papa is the most valuable treasure now. We don't want to be separated, unless for work. I go straight home after work. Well, mostly because I have to tutor in the afternoon so I don't have time to go anywhere or to hangout. However, I lose my mood to go anywhere in the weekend. This requires lots of understanding from Andre to accept the change in me.

Perasaan tidak ingin terpisah dari papa ditambah dengan tidak sanggup menghadapi baper kalau lagi sendiri bikin saya ogah tidur di kamar. Jadi kami pun memindahkan kasur saya ke ruang tamu dan disanalah dia bertakhta selama hampir tiga bulan ini.


This feeling of not wanting to be separated with dad along with unable to cope with grief when I was all alone made me decided not to sleep in my room anymore 

Untung juga kami tidak pernah kedatangan tamu kecuali murid-murid les saya yang sama sekali tidak ribut bertanya kenapa kok ada kasur di ruang tamu saya.






Good thing we never had any visitor except my tutoring students who never ask any questions about why there is a mattress in my livingroom.

Pengaturan lokasi tidur yang baru ini juga untuk memudahkan saya memantau papa. Seminggu setelah pemakaman mama, kami berdua kena diare. Saya lebih cepat pulih. Papa sakitnya lebih parah dan perlu waktu lebih lama buat pulih. Masa-masa itu bikin saya ketakutan setengah mati. Nah, karena tempat tidur papa dekat dengan ruang tamu jadi lebih mudah buat saya buat mengawasi dan mengurusinya 


This new sleeping arrangement has also made it easier for me to put an eye for dad. A week after mama's funeral, we both had diarrhea. I recovered faster than dad's diarrhea which was worse and took him longer to recover. That was the time when I felt really scared. Since dad's bed is close with the livingroom it makes it easier for me to keep my eyes on him and to take care of him.

* * * * *

Hampir tiga bulan, mama..

It has been almost three months, mama..

Kami berdua menemukan terapi dalam kegiatan masak. Papa jago masak dan kali ini saya bukan cuma belajar masak.. kami berdua menemukan kegembiraan ketika sedang melakukan kegiatan ini. 




We both found out a way to soothe our feelings by doing cooking. Dad is a good cook and this time I am not just learn cooking.. we both found happiness when the two of us are cooking.

Bukan cuma itu saja, sepertinya saya punya bakat terpendam dalam perkara masak memasak. 

There's more, looks like I have a talent in cooking.

Dua belas tahun yang lalu saya tidak tahu kalau saya punya bakat mengajar. Diperlukan suatu peristiwa luar biasa untuk membawa bakat itu keluar.

Twelve years ago I didn't know I have a talent in teaching. It needed something out of the ordinary to bring it out.

Entah kemana bakat yang satu ini akan membawa saya, mama..

I wonder where this talent will bring me to, mama..

* * * * *

Hampir tiga bulan, mama..

It has been almost three months, mama..

Tidak ada satu hari terlewat tanpa mikirin dirimu, mama. 

I thought about you everyday, mama.

Hampir sebulan lalu Keke pakai baju ini. Baju yang dengan sabar mama sulam karena sewaktu dicuci entah bagaimana bisa jadi robek. Padahal itu baju baru. Mama bilang; 'tenang, nanti mama buatin sulaman buat nutupin robekannya' dan seminggu kemudian tampaklah sulaman bunga-bunga kecil cantik menutupi robekan itu.


About a month ago I wore this dress. The dress that you patiently embroidered after the washing machine had somehow torn it. It was a new dress. Mama told me; 'don't worry, I would embroider the hole' and a week later there are these beautiful flowers covered the hole.

Saya mengelus sulaman itu dan menangis. Rasanya baru terjadi kemarin.

I caressed that embroidery and cried. It feels like yesterday.

Baju itu saya pakai pertama kali bulan November 2016. Setelah itu dicuci dan terjadilah kecelakaan. Ujungnya masuk ke celah tali kipas mesin cuci dan tersangkut di sana. Akibatnya koyaklah dia sedikit.


I wore that dress for the first time in November 2016. An accident happened when it was being washed. A part of it somehow got into the slit of the washing machine propeller and stuck there. Causing a small torn. 

Mama yang jago dalam hal jahit menjahit menemukan jalan keluar untuk mengatasi masalah itu.

Mama who was good in sewing found a way out to solve the problem.

Setelah pemakaman mama, saya dan papa sama-sama tidak sanggup melihat barang-barang mama. Tapi bukan berarti kami langsung menyingkirkannya. Tidak. Kami tidak tega melakukannya. Jadi kami biarkan saja semua masih berada di tempat semula, di atas tempat tidurnya dan dikamarnya.

After mama's funeral, dad and I can't bear to see mama's things. But it doesn't mean we then get rid all of them right away. No. We can't do that. So we just leave them where they are, on her bed and in her bedroom.

Baju ini pun baru sanggup saya pakai dua bulan sejak mama dimakamkan dan masih saja bisa bikin saya nangis ketika melihat sulaman bunga-bunga itu.

I could wear this dress two months after mama's funeral and it could still make me cried when I saw those flowers.

Saya memakainya ke kantor hari itu karena saya ingin merasa mama ada bersama dengan saya dan itu memberikan rasa tentram dalam hati saya. Saya membutuhkan rasa tentram itu. Terutama di tempat kerja yang sudah lama tidak lagi memberikan rasa tentram kepada banyak orang.


I wore it to work that day because I wanted to feel mama's presence and it made me feel peaceful. I needed to feel it. Especially at work as the place no longer give that feeling to many people.

* * * * *

Hampir tiga bulan, mama..

It has been almost three months, mama..

Kehidupan tetap berjalan. Tapi kematian seorang terkasih membuat waktu seakan berhenti dan ketika tersadar bahwa waktu tetap berjalan, bahwa dirimu tetap hidup.. pertanyaannya adalah kapan waktu itu terhenti untuk dirimu sehingga kamu bisa kembali ada bersama-sama dengan orang terkasih itu.

Life goes on. But the death of loved one would make it feel it stopped and when reality showed it still goes on, that you're still alive.. the question is when will it stop for you so you can be reunited with that loved one.

Saya bangun, saya bekerja, saya berbicara, saya tertawa, saya tidur, saya bermimpi, saya kembali bangun dan proses itu berjalan lagi.. kehidupan tidak berhenti saat ini. 

One life has ended while babies have just started their lives.
With my friend's beautiful baby girl

31 January 2017. My students bring the best out of me. They are my happiness. My peace.

I awake, I work, I talk, I laugh, I go to bed, I dream, I awake and the whole cycle runs again.. life does not end this time. 

* * * * *

Hampir tiga bulan, mama..

It has been almost three months, mama..

Bergembiralah, keluarlah dan bersenang-senanglah, demikian kata Andre.

Be happy, go out and have fun, that's what Andre said.

Bergembiralah tanpa harus merasa bersalah karena merasa gembira.

Be happy without have to feel bad for being happy.

Tersenyumlah, tertawalah..

Smile, laugh..

Kembalilah bersinar. Awan kelabu tidak akan bisa selamanya menutupi matahari. Biarlah keceriaan kembali pada dirimu.

Shine again. Even the dark cloud can't hide the sun forever. So let cheerfulness return to you.

May my life be as sweet as ice cream..

Warmed with sincerity..

Brightened with friendship..

Colored with fun..

and filled with lots of love.

In loving memory of my beautiful mama. 1934-2016

No comments:

Post a Comment