Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Wednesday, August 31, 2016

Define Beauty

Sehat, Gembira & Cantik

Ini judulnya terinspirasi dari status sendiri.

The title is inspired from my own status.

Status ini pertama kalinya saya taruh di whatsapp sewaktu saya ultah. Waktu itu baru kira-kira dua bulan saya sembuh diare yang parahnya minta ampun sampai dalam waktu kurang dari tiga minggu berat badan saya turun enam kilo.

I put this status for the first time on whatsapp on my birthday. About two months have passed after I had that awful diarrhea that made me lost six kilos in less than three weeks.

Sakitnya tiga minggu. Memulihkan badan perlu lebih dari minggu.

I was ill for three weeks. Took more than three weeks to recover.

Dua bulan yang menguras emosi, mental dan fisik jadi sewaktu saya ulang tahun, saya dan orang-orang tersayang melihatnya tidak hanya sebagai ulang tahun tapi lebih sebagai ucapan syukur.

It really drained me emotionally, mentally and physically in those two months so when I had my birthday, I along with my loved ones saw it not just as birthday, it was more like a thanks giving.

Teman-teman terdekat yang bertemu dengan saya atau melihat foto saya setelah saya sakit pada kaget karena mereka kan tahunya saya ini dulunya gendut.


Some closed friends were surprised when they met me or saw my photos after I recovered because they knew me chubby.

Well, penampilan urusan belakangan, yang penting saya sudah sembuh dan tiga minggu yang menakutkan itu sudah terlewati.

Well, appearance is not the most important thing, I have recovered that’s what mattered and those horrible three weeks were behind me now.

*  *  *  *  *

Mendekati akhir bulan Juli saya mulai memikirkan tema apa yang akan saya pilih untuk bulan Juli-Agustus.

As July was drew to its close I started to think what theme would I pick for July-August.

Tanggal 30 Juli saya sedang melihat-lihat foto profil serta status whatsapp saya. Setelah empat bulan sembuh, muka saya tidak lagi kelihatan seperti orang sakit dan kekuatan fisik saya juga sudah kembali normal. Walaupun saya sedang menghadapi berbagai hal yang mengganggu ketentraman hati tapi saya tetap mencantumkan status Sehat, Gembira & Cantik.

I was looking at my whatsapp profile and status on July 30th. I have recovered for four months, I don’t look like an ill person anymore and my physic has completely back to normal. Though I am facing many things that bothered me but it doesn’t deter me to put Healthy, Happy & Beautiful as my status.


Kemudian saya berpikir apa sih sebetulnya arti kesehatan, kebahagiaan dan kecantikan itu?

Then I thought what do health, happiness and beauty reall mean?

Seperti apakah definisi kita tentang kesehatan, kebahagiaan dan kecantikan?

What is our definition about health, happiness and beauty?

Apakah itu mencakup hanya secara lahiriah?

Does it just the outwardly?

Sampai dititik manakah kita bisa menganggap diri sehat, bahagia dan cantik?

Up to what point can we consider we are healthy, happy and beautiful?

Ting!.. saya pun menemukan tema buat tulisan saya di bulan Agustus. Ilustrasinya akan saya pakai pengalaman-pengalaman saya atau pengalaman orang lain serta hal-hal yang saya lihat atau dengar..

Voila!.. I found the theme for my writing in August. I will use my experiences or other people’s experience along with the things I saw or heard as the illustration..

*  *  *  *  *

Ada empat minggu di bulan Agustus jadi masing-masing topik akan mendapat jatah seminggu. Minggu terakhir akan saya isi dengan kesimpulan dari tulisan-tulisan saya selama tiga minggu itu.

August has four weeks so each topic will get a week. For the last week I will write the summary of my writings in those three weeks.

Yah, niat awalnya sih mau menulis satu topik selama seminggu tapi kenyataannya tidak benar-benar bisa berjalan seperti itu.

Well, I planned to write a topic for a week but it turned out differently.

Saya cuma berhasil melakukannya di minggu pertama. Minggu kedua dan ketiga.. wah.. tidak bisa memenuhi target sendiri..

I could do that only on the first week. The second and third week.. crap.. I couldn’t meet my own target.

Sebabnya? Biasalah.. sibuk dan capek. Saya pekerja kantoran yang harus nyambi jadi guru les bahasa Inggris. Ngapain nyambi? Ya, kalau dari kerjaan kantor gajinya cukup buat hidup sebulan sih ngapain juga saya jungkir balik ngebelain punya kerja sampingan? Mendingan sampe rumah gue tidurlah atau jalan-jalan..

Why? You know.. I’ve got busy and tired. I am an office worker who has to work as English tutor. Why should I have a side job? Yeah, if I make enough money from my office work why would I have to juggle myself with having side job? I’d rather go to bed or go clubbing after work.

So kalau sudah capek, bawaannya males ngapa-ngapain. Kepala penuh dengan ide tapi ga sanggup buat duduk di depan laptop dan nulis. Sekalinya badan enak.. nulis deh sampai lewat tengah malam.. tapi sudahannya tepar, dua atau tiga hari harus tidur cepat buat ngebayar kekurangan tidur. Beda banget sama jaman muda dulu yang kuat aja seminggu kurang tidur.. mending kali kalau kurang tidur karena nulis, ini kurang tidur karena pulang kerja langsung dugemmm.. hehe..

So I don’t feel like doing anything when tired hit me. There are many ideas in my head but I just can’t sit infront of the laptop and write. Once I feel my body is in tune.. I can write until passed midnight.. but after that I’ll have to go to bed early for two or three days to refill the one night sleepless. It’s so different with the time when I was younger and could stay up late for a week.. that’s not because I was writing, it was because I went to the club after work.. haha..

Baiklah, jadi postingan kali ini adalah tentang tema;

Ok, so this post's theme is;

Cantik..

Beautiful..

Topik terakhir yang jadinya dapat jatah cuma sehari dan bukannya seminggu.

The last topic that gets just a day instead of a week.

*  *  *  *  *

Kecantikan selalu dikaitkan dengan perempuan.

Beauty has always connected to female.

Haruskah saya bangga? Ah, tidak juga.

Should I be proud to that? Nah, not really.

Haruskah saya tersinggung? Mungkin.

Should I be offended? Maybe.

*  *  *  *  *

Kata orang, cantik itu relatif. Tergantung dari mata yang melihat.

People say beauty is relative. It depends on whose eyes who is looking.

Kriteria cantik juga berbeda. Ada suku atau bangsa tertentu yang menganggap perempuan cantik adalah yang berbadan langsing sementara yang lain kebalikannya.

Beauty also has different criteria. Some ethnic group sees slim female beautiful while it goes differently with other ethnic group.

Ada yang menganggap perempuan cantik adalah yang berkulit putih. Benarkah? Perempuan Asia tergila-gila dengan kulit putih sementara orang kulit putih justru kepingin punya kulit coklat.

Some think beautiful woman is the one with fair skin. Well, is it true? Asian women are so crazy about fair skin while the fair skin foreigners wanting so much to get tanned skin.

Kita punya pemikiran dan pengertian berbeda-beda mengenai kecantikan. Ada yang benar, ada yang salah. Ada yang masuk akal, ada yang ngawur.

We have different thinking and understanding about beauty. Some are right, some are not. Some are reasonable, some are not make sense.

Lalu apa kata perempuan-perempuan itu sendiri mengenai kecantikan?

So what the women say about beauty?

*  *  *  *  *

Putri Diana adalah perempuan cantik yang menikahi calon raja. Dikagumi. Dipuja.

Princess Diana was a beautiful woman who married the king in waiting. She was admired. Worshipped.

Berbahagiakah dia sebagai perempuan cantik?

Was she happy being beautiful?

Apakah dia merasa dihargai karena dia cantik?

Was she felt appreciated for being beautiful?

Apakah kecantikannya adalah pencapaiannya yang terbesar?

quotesgram.com
Was beauty her greatest achievement?

*  *  *  *  *

Margaret Thatcher adalah perempuan cantik dengan otak pintar dan ambisi tinggi.

Margaret Thatcher was a beautiful woman with the brain and ambition.

Apa yang membuatnya dihormati? Ditakuti? Dibutuhkan?

therightstuffforamerica.blogspot.com
What made her respected? Feared? Needed?

*  *  *  *  *

Barbara Hutton. Kaya. Cantik. Terkenal.

Barbara Hutton. Rich. Beautiful. Famous.

Tapi dia dijuluki ‘gadis kecil kaya yang malang’

But she was called ‘poor little rich girl’

Terlahir kaya dan cantik.. wah, itu impian semua perempuan. Tapi bahagiakah Barbara? Bersyukurkah dia untuk itu? Bisakah dia menikmatinya?

www.harrysbarvenezia.com
Being born rich and beautiful.. gosh, it’s every girl’s dream. But was Barbara happy about it? Was she grateful for that? Could she enjoy it?

*  *  *  *  *

Ketika saya berada di rumah bersama orang tua saya, mengobrol dengan mereka, curhat, bercanda, bermanja-manja.. siapa peduli apakah saya cantik atau tidak? Karena saat-saat demikian saya adalah seorang anak yang sedang bersama orang tua yang mengasihi, membela dan mendukungnya. Dunia yang rumit, keras, kejam dan penuh tuntutan menjadi tidak ada artinya karena kasih yang ada dalam diri kami untuk satu dengan lainnya adalah kekuatan kami.

When I’m at home with my parents, when I talk with them, joke, cuddle.. who cares if I’m beautiful or not? Because at those time I’m just a kid with her loving, defending and supportive parents. The complicated, tough, mean and demanding world is nothing because the love we have for each other has become our power.

Ketika saya sedang bersama-sama dengan sahabat-sahabat saya, siapa peduli apakah saya cantik atau tidak.. mereka adalah orang-orang yang bisa menerima dan menyukai diri saya apa adanya, saling mempercayai dan bersama-sama kami membentuk jalinan emosi, jiwa dan pikiran. Persatuan kami adalah kekuatan kami.

When I am with my bestfriends, who cares if I’m beautiful or not.. they are the people who can accept and like me the way I am, we have mutual trust and together we form emotion, soul and mind bond. Our unity is our power.

Setiap kali saya merasakan lengan-lengan kokoh Andre memeluk saya.. peduli amat saya ini cantik atau tidak. Saya memiliki seseorang yang mencintai saya. Ini bukan tentang uang yang dimilikinya, jabatannya, ini bukan tentang seks atau impian-impian kami untuk masa depan.. ini adalah tentang saling memiliki, saling mencintai, saling mempercayai, saling mendukung.. semua itu adalah anugerah dari Tuhan yang harus disyukuri.

www.104likes.com
Everytime I feel Andre’s strong arms around me.. who the hell cares if I’m beautiful or not. I have somebody who loves me. This is not about the money he has, his rank, nor it’s about sex or our dreams for the future.. this is about having each other, loving each other, trusting each other, supporting each other.. it’s God’s gift that should be thanked for.

Ketika saya merenungi perjalanan hidup saya dan melihat kesetiaan serta kasih Tuhan.. sikon sesulit pun dan bangsat mana pun yang harus atau sedang saya hadapi saat ini rasanya jadi tidak ada artinya. Tuhan telah berkali-kali menolong dan membela saya. Cantik atau tidak.. itu adalah perkara yang tidak penting dalam hidup ini.

When I think back of my life and saw God’s faithfulness and love, whatever the tough situation and whoever the asshole I have or am dealing now are nothing. God has helped and defended me many times. Beautiful or not beautiful.. it’s not what matters in this life.

No comments:

Post a Comment