Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Thursday, June 30, 2016

Let’s Arrange Your Blog

Beberapa minggu yang lalu saya memperhatikan arsip postingan saya yang jumlahnya tujuh ratusan itu dan jadi puyeng sendiri ngeliatnya.

Few weeks ago I was looking at my seven hundred posts and it gave me a dizzy.

Ya ampun.. semua tumplek blek jadi satu. Bener-bener blog gado-gado..

Gosh.. they were like stuffed in a drawer. Everything is there..

Selama enam tahun saya menulis, menulis dan menulis. Tulisan-tulisan itu merekam saat-saat ketika saya bekerja, berjalan-jalan, berada di rumah.. ketika saya sehat dan sakit, marah dan gembira, tenang dan gelisah, lega dan tertekan, sedih dan bahagia, puas dan kecewa, naik dan turun.. semua ada..

For six years I write, write and write. Those writings recorded the times when I was working, traveling, staying home.. when I was well and unwell, angry and happy, calm and anxious, relieved and depressed, sad and joyfull, content and disappointed, ups and down.. everything is in there..

Menulis memberikan ketenangan dan kesenangan tersendiri untuk saya. Menulis menolong saya untuk tetap waras ketika orang-orang di sekitar saya menciptakan kegilaan, ketika hidup menjadi tidak bisa dimengerti.. atau ketika euphoria kebahagiaan menjadi demikian memabukkan dan membutakan mata..

Writing gives me its own peace and joy. Writing helps me keep my sanity when people around me creating madness, when life made no sense.. or when the euphoria of happiness became so sedative and blinding one’s eyes..

Hampir enam tahun kemudian.. ketika saya melihat judul-judul postingan saya, rasanya seperti membuka laci dan menemukan tumpukan file yang seperti dijejalkan di dalam sana.

Almost six years later.. when I saw the titles of my posts, it was like opened a drawer and found pile of files stuffed in there.

Jadi saya mulai meluangkan waktu untuk menyortirnya.

So I spared my time to sort them out.

Saya membuat label dan memisahkan postingan-postingan itu berdasarkan kategorinya masing-masing. Ada yang terkumpul di bawah label Traveling, yang lain masuk ke label Blogging dst. Ini juga memudahkan saya untuk mencari postingan tertentu.

I made label and sort those posts according to each category. Some are sort under Traveling label, the others went to Blogging label and so on. This also makes it easier for me to find a specific post.

Walau pun blog kamu ditetapkan berada di satu topik tapi tetap label itu diperlukan karena kalau misalnya blog kamu khusus mengenai kuliner tapi kan makanan itu variasinya banyak; ada makanan Asia, makanan barat, makanan laut dan so masing-masing sebaiknya ditaruh dalam kategorinya.

Though you have choose your blog to specialize in one topic, label is still needed because if for example your blog is specialized in culinary, well there are many varieties such as Asian food, western food, seafood and so each of them better kept in their own categories.

Jadi yuk kita belajar gimana caranya bikin label.

So now let’s learn how to make label.

Setelah login ke blogger, di layar tampil seperti ini. Mau lihat postingan dulu boleh, klik deh Posts.
This will appear after you login to blogger. If you want to see your post, click Posts.
Tampilan setelah klik Post. Karena buat nentuin posisi Label ada di Layout, jadi klik Layout.
This shall appear after you click Post. Click Layout to set on the Labels position.
Klik Add a Gadget setelah kamu tentukan posisi Labels mau ditaruh dimana.
Click Add a Gadget after you set the Labels position.
Kotak kecil ini akan muncul. Scroll down sampai ketemu Labels.
This small box will appear. Scroll down until you find Labels.
Langsung Save.
Click Save.
Save arrangement supaya pengaturan tadi tersimpan.
Save arrangement to save the setting.
Klik Post karena kita mau buat kategori labelnya sekaligus tag ke postingan.
Click Post because we want to make category for the label along with tagging it to the post.
Centang di kotak kecil di samping judul (Katy Perry 'Roar').
Checklist on the small box next to the title (Katy Perry 'Roar').
Klik tanda label di atas itu & kotak persegi panjang kecil ini muncul.
Click the label sign & that small rectangle box appears.
Ketik kategori label kamu (saya contohkan Song Lyrics) di dalam kolom itu, kalau sudah tekan OK.
Type your label category (e.g. Song Lyrics).
Sekarang disamping judul postingan sudah tertera kategori labelnya. Gimana tampilan blognya? Labelnya sudah adakah?.
Now the category has printed beside the post title. How about the blog? Has the label printed on it too?.
Click View Blog.
Before.
After.
Label dengan kategori Song Lyric sudah muncul (lihat tanda panah).
Song Lyric category has appeared on Label (see the arrow).
Ah, tulisan Song Lyrics mau dipoles. Ok, klik Template.
Wanna make that Song Lyrics prettier. Ok, click Template.
Customize.
Advanced.
Klik Tabs Text & di sebelah kanan akan muncul jenis huruf, ukuran, bisa untuk Bold, Italic, warna huruf.
Clik Tabs Text & on the right side will appear font types & size, Bold, Italic, font colors.
Selected Color itu untuk apa sih?
Text Color yang saya pilih adalah hitam, maka huruf-huruf dari tulisan Song Lyrics berwarna hitam. Tapi kalau kursor ditaruh di atas tulisan Song Lyrics maka hurufnya berubah menjadi hijau karena Selected Color saya pilih warna hijau muda.

What Selected Color is for? I chose black for Text Color so the fonts of Song Lyrics are written in black. But if you put the cursor on it, the color will turn into light green because that's the color I chose in Selected Color.


Beres? Jangan lupa klik tombol Apply to Blog di sudut kanan atas itu supaya semua settingan diaplikasikan ke blog.
Done? Don't forget to click the upper right button Apply to Blog so all the setting can be applied to blog.
Pengen balik lagi ke depan? ke Postingan? Klik Back to Blogger.
Wanna go back to the front page? to the Post page? Click Back to Blogger.

Wih, beres deh. Cukup jelas ya penjelasannya? Kalau bingung, boleh nanya kok..

Phew, it's done. Is the direction clear enough? If it's confusing, you're welcome to ask..

- continue to next post "Etcetera on Blogging" -

No comments:

Post a Comment