Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Saturday, June 4, 2016

It’s Blogging Time!

Kalau bulan lalu orang-orang yang saya kagumi dijadikan tema tulisan saya maka bulan ini temanya adalah segala sesuatu tentang blogging.

Last month I picked the people I admire as the month’s writing theme, this month it’s everything about blogging.

Jumlah blog bertambah banyak tapi masih banyak yang belum tahu kayak apa sih sebetulnya blog itu.

The number of blog is increase but many still don’t know what is it all about.

Jadi saya mau berbagi pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki setelah menjadi penulis blog selama hampir enam tahun.

So I want to share you my knowledge and experience that I have got being a blog writer for nearly six years.

*  *  *  *  *

What is a blog?

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. -Wikipedia-

blog (a truncation of the expression weblog) is a discussion or informational site published on the World Wide Web consisting of discrete entries ("posts") typically displayed in reverse chronological order (the most recent post appears first). -Wikipedia-

Tehnologi internet adalah anugerah Tuhan yang luar biasa karena memberikan kemudahan untuk komunikasi.

Internet technology is God’s amazing blessing because it gives easy access to communication.

Blog adalah cara orang untuk mengkomunikasikan pengetahuan, pengalaman, ide, karya, pemikiran, pendapat dll dalam bentuk tulisan.

Blog is a way people use to communicate their knowledge, experience, idea, work, minds, opinion etc in writing.

Manusia selalu mencari cara dan wadah untuk mengekspresikan dirinya.

People always find ways and media to express themselves.

Penemu Blogger - Evan Williams

Evan Williams
Sebelum adanya Facebook dan Twitter, Blog adalah media sosial yang banyak digandrungi oleh para penggunainternet. Orang dapat berkomunikasi lewat blog dengan menybarkan informasi dan komen interaktif di blog. namun dengan semakin berkembangnya media sosial baru sepertiFacebookTwitterWechat dan lain-lain. kegiatan berbalas komen di blog semakin berkurang.

Adalah Evan Williams, seorang wirausahawan AS yang telah mendirikan beberapa usaha. Di antaranya yang paling terkenal adalah Blogger (sebelum dibeli oleh Google). Dia juga pernah menjadi CEO dari Twitter, menggantikan Jack Dorsey. Evan Williams sekarang tinggal di San Francisco Bay Area dengan istrinya, Sara Morishige. Bersama-sama mereka memiliki satu anak.

Williams yang lahir 31 Maret 1972 di Nebraska, dibesarkan di sebuah peternakan di Clarks, Nebraska , di mana ia dibantu dengan irigasi tanaman di musim panas. Dia mengenyam pendidikan di Universitas Nebraska selama satu tahun setengah, tapi kemudian dia meninggalkannya untuk mengejar karier.

Lepas dari Universitas Nebraska , Williams bekerja di berbagai perusahaan teknologi dan start-up seeprti di Key West , Dallas , Austin, Texas dandi peternakan keluarganya di Nebraska. Pada tahun 1996 Williams pindah ke Sebastopol, California di Sonoma County, dia bekerja di O'Reilly Media. Di  O'Reilly Ia duduk posisi pemasaran tetapi akhirnya menjadi kontraktor independen dan menulis kode komputer, yang menyebabkan peluang lepas dengan perusahaan termasuk Intel dan Hewlett-Packard.

Pyra Labs dan Blogger

logo  Blogger
Pada 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs. Sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, Blogger berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia. Pada Februari 2003, Pyra Labs diakusisi oleh Google, membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Pada Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google.

Evan Williams dan Meg Hourihan mendirikan Pyra Labs untuk membuat manajemen proyek perangkat lunak. Sebuah fitur yang tercatat sebagai Blogger, salah satu aplikasi web pertama untuk membuat dan mengelola weblog, Williams menemukan istilah "blogger" dan berperan dalam mempopulerkan "blog" panjang.
Sumber: https://blogpenemu.blogspot.co.id



Rabu, 07 Januari 2015


Evan Williams, The Son Of A Farmer Who Found A Blogger

 
Evan Williams
Evan Williams
Evan Williams, The Son Of A Farmer Who Found A Blogger - Just before the presence of Facebook as well as Twitter, social media Blog site is the much-loved by the customers of the web. Individuals could interact through blog site combined with menybarkan details as well as an interactive remarks on the blog site. As one of the globe's very first blog site magazine, Blog owner was crucial in promoting the blog site layout in the globe.

Evan Williams (born 31 March 1972 in Nebraska). He was a U.S. entrepreneur who has founded several businesses. Two of which the most famous is a Blogger before being bought by Google and Twitter. Williams grew up on a farm in Clarks, Nebraska, assisted with crop irrigation in summer. He attended the University of Nebraska for a year and a half.

Is Evan Williams, a UNITED STATE business owner that has actually started many companies. Evan Williams now lives in the San Francisco Bay Location combined with his other half, Sara Morishige. Apart from the University of Nebraska, Williams worked at various technology companies and start-ups seeprti in Key West, Dallas, Austin, Texas, his family's farm in Nebraska dandi. In 1996 Williams moved to Sebastopol, California in Sonoma County, he worked at O'Reilly Media. In O'Reilly's marketing position he sat down but eventually became an independent contractor and writing computer code, which led to freelance opportunities with companies including Intel and Hewlett-Packard.

Meg Hourihan
Meg Hourihan
On August 23, 1999, Evan Williams and also Meg Hourihan co-founded Pyra Labs to make task administration software program. A function kept in mind as Blog owner, among the very first internet applications for promoting and also handling blogs, Williams developeded the term "blog writer" and also contributed in mading popular the "blog site" long. Evan Williams and Meg Hourihan co-founded Pyra Labs to make project management software. A feature noted as Blogger, one of the first web applications for creating and managing weblogs, Williams invented the term "blogger" and was instrumental in popularizing the "blog" long. Among the projects the world Corp's is Twitter, a free social networking and micro-blogging service. Twitter itself was spun out into a new company in April 2007, with Williams as co-founder, Board member and investor. In October 2008, Williams became CEO of Twitter, replacing Jack Dorsey who became Chairman of the Board. In February 2009, according to Compete.com Twitter social networking sites become the third most widely used based on their count of 6 million unique monthly visitors and 55 million monthly visits. On April 14, 2010, Twitter has 105.779.710 registered users. He gets 300,000 new users daily and receives 180 million unique visitors a month. 75% of the traffic comes from outside Twitter.com. On October 4, 2010, Williams stepped down from the CEO (to be taken over by Dick Costolo).
*  *  *  *  *

Why blogging?

Para penulis yang lahir sebelum tahun 1990an pasti tahu perjuangannya untuk membuat satu tulisan bisa di muat di media cetak.

Writers who were born before 1990s knew it all about the struggle to make a writing appeared on paper.

Pertama, komputer belum ada. Jadi harus pakai mesin tik padahal tidak semua orang memiliki benda itu. 

First thing is, there was no computer. So it had to be the typewriter, the thing is not everyone had it. 

Mesin tik pertama dan yang hanya satu-satunya itu saya beli dengan uang celengan saya sewaktu saya masih SMP. Penjualnya saja sampai cengar-cengir seribu arti ketika saya membayar dengan uang logam sekantong plastik.. hehe..

I bought my first and the only typewriter I have with my piggy bank money when I was in junior high school. The seller put on a thousand meaning grin when I paid it with a plastic bag of coins.. haha..

Sebelum mesin tik itu ada, semua hasil karya tulis saya dibuat dengan tulisan tangan. Karena tulisan tangan saya semasa SD minta ampun jeleknya.. hehe.. jadi ibu saya membawa draft tulisan saya ke kantornya dan mengetiknya di sana.

Before I owned it all my scripts were handwritten. Since my handwriting in the time when I was in secondary school was so awfully bad.. haha.. my mom took draft of my script to her office and typed it there.

Jadi membuat naskah saja perlu perjuangan trus setelah rapi, masih pula harus ke kantor pos untuk mengirimkannya ke kantor majalah, koran atau penerbit.

So it already took quite a struggle to make a script, after it's done, had to send it by post to the magazine, newspaper or publisher office.

Saya pernah mengalami mengirim naskah untuk lomba menulis cerpen dan amplop coklatnya menggembung karena persyaratannya harus membuat dua copy untuk juri selain naskah asli. Jadi total ada tiga bundel naskah yang sudah di jilid. Bayangkanlah ketika masuk ke dalam amplop rupanya seperti orang ukuran XL yang dipaksa memakai baju ukuran S.. saya ingat saya berdoa mudah-mudahan amplopnya tidak robek ketika sampai di kantor majalah yang mengadakan lomba itu… hehe..

I had the experience sending a script for short story writing competition and the brown envelope ballooned up because the term required to make two copies for the jury. So with the original script it made three binding scripts. Imagine it like somebody whose size is XL being forced to wear an S size clothes.. I remember praying the envelope would still intact when it got to the magazine office.. lol..

Lalu nunggu lama banget sebelum tulisan itu muncul di media cetak.

After that came the waiting period that felt like ages before it got printed on the mass media.

Yang bikin lama karena dalam satu majalah, cerpen yang dimuat paling hanya dua atau tiga sementara yang mengirimkan naskah mungkin ada sejuta orang..

The thing that made it feel like ages because there are probably just two or three short story that printed in a magazine while it seemed like it received scripts from a million of people..

Hal lain yang bikin lama adalah karena tulisan yang kita anggap sudah luar biasa bagusnya itu belum tentu bagus di mata editor. Jadi selera pribadi editor menentukan di muat atau tidaknya naskah kita. Kalau pun di anggap bagus, mungkin belum yang terbagus jadi tidak dapat nomor antrian paling depan.

Another thing that took a long time because the script we considered so damn good is not actually that good in the editor’s eyes. His/her personal taste plays the key of whether our script appeared on paper or not. Even if it considered good, it might not be the best so wouldn’t get the first in the queque.

Blog menyelesaikan semua masalah itu.

Blog solves all that problem.

Ketika kita memiliki blog, kita berperan sebagai penulis, editor dan penata letak.

When we own a blog, we play the role as its writer, editor and layouter.

Asyik kan?

Isn’t it cool?

Karena itu ketika sudah ada blog, saya berhenti mengirimkan naskah ke media cetak.

That is why I stopped sending scripts to mass media after I own a blog.

*  *  *  *  *

Who can own a blog?

Siapa saja bisa memiliki blog.

Anyone can own a blog.

Tidak ada syarat yang menetapkan siapa yang boleh atau tidak boleh memiliki blog.

There’s no terms that tell who may or may not own a blog.

Siapa saja yang bisa menggunakan komputer dan internet bisa memiliki blog.

Anyone with access to computer and internet may have a blog.

Tidak punya komputer, tablet, notebook atau PDA? Tidak ada akses ke internet?

www.kekeyohanes.blogspot.com
Don’t have a computer, tablet, notebook or PDA? Have no access to the internet?

Tenang, .. kan ada warnet.

Relax, ... we've got internet cafe.

Dalam masa enam tahun saya menjadi penulis blog, seluruh postingan di tahun pertama diketik di warnet. Tentu saja sebelumnya saya sudah membuat draft tertulis sehingga waktu di warnet tinggal di ketik saja.

In my six years being a blog writer, the whole post on the first year were typed in internet cafe. Of course I have written the draft so I just needed to type it when I was in internet cafe.

Keadaan menjadi lebih mudah buat saya dalam lima tahun terakhir ini karena seseorang memberikan saya notebook sehingga saya bisa langsung mengetik draft di netbook itu, menyimpannya di USB dan bersyukurlah saya karena ada internet di kantor hingga saya bisa memposting draft tersebut ke blog saya dari kantor. Cepat dan praktis.

Things are made easier for me in the past five years because someone gave me a notebook so I can type the draft on it, save it in USB and so grateful my office has internet so I can post the draft to my blog from the office. It’s fast and practical.

*  *  *  *  *

What should I put on my blog?

Blog harus di isi dengan apa?

Itu pertanyaan yang harus ditanyakan ke diri sendiri sebelum punya blog.

That is the must ask question before owning a blog.

Motive
Temukan motifnya dulu; apa blog ini buat cari duit, buat iseng atau buat menyalurkan kreativitas dan bakat.

First, discover the motive; is it to make money, just for fun or a media to work on your creativity and talent.

Menulis adalah bakat yang diberikan Tuhan pada saya tapi tidak seperti orang lain yang bakatnya kelihatan langsung berkilau, pada saya semua berjalan pelan. Blog bagi saya adalah media untuk belajar menulis. Jadi memang bukan untuk komersil.

Writing stories is a talent given by God to me but unlike others whose talent seem to glow instantly, in my case it goes slowly. Blog is a media to learn on writing skill. So it never meant to make money.

Target
Apa yang ingin didapatkan lewat blog? Uang? Teman? Popularitas? Kepuasan batin? Kebanggaan?

What do you expect to get from blogging? Money? Friends? Popularity? Physchological satisfaction? Pride?

Saya tipe orang pemikir. Apa yang buat orang lain tidak dipikirin, buat saya bisa jadi bahan pikiran selama berhari-hari. Akhirnya saya jadi gampang gelisah, uring-uringan, kesal, tersinggung. Di tambah lagi dengan sifat saya yang pemarah..

I am a thinker. What is a no big deal for others, can stuck in my mind for days. At the end it makes me easily feel nervous, cranky, pissed, offended. Add that with my short temper character..

Saya harus punya cara untuk mengendalikan dan menenangkan pikiran, jiwa serta emosi. Dulu ada beberapa cara yang saya pakai tapi efek sampingnya tidak baik jadi ya pakai yang aman saja deh.

I have got to have a way to control and calm the mind, soul and emotion. I have used some ways but the bad side effect made me chose to find other safer way.

Menulis jadi terapi psikologis yang lebih manjur.

Writing has become a psychological therapy and it works.

Commitment
Saya lebih bisa berkomitmen pada urusan menulis blog dari pada ke urusan pacaran atau pekerjaan.. hehe.. buktinya sudah enam tahun dan saya masih tetap setia ngeblog, tidak pernah berpikir untuk berganti ke yang lain, tidak pernah tergoda pada yang lain.. haha.. padahal susah lhooo, saya orangnya gampang bosan dan impulsif alias mengikuti dorongan hati..

I can commit myself easily to this blog writing stuff than on personal relationship or work.. lol.. it has been six years and I am still committed to blogging, never think to have it changed into another, never fell for others.. haha.. not an easy thing for somebody like me who get bored easily and an impulsive who follows whatever the heart urges..

Saya tetap setia biar pun ini blog kagak ngehasilin duit, malah harus keluar duit buat ngewarnet.. hehe.. dan harus rela melek sampai lewat tengah malam kalau lagi bikin draft.

I remain faithful though this blog gives me no money, infact it cost me for internet rent in internet cafe.. lol.. and have to stay up passed midnight to work on the draft.

Tapi itulah cinta, itulah passion.. membuat kita bisa setia dan bertahan.

But that’s love, that’s passion.. it makes us able to stay faithful and persistent.

Choose something you are good at
Kalau kamu penyuka sepak bola tapi disuruh menonton balet.. wah, itu jelas siksaan. Atau seorang penggemar es krim tapi diminta mencicipi jengkol.. wek!. Penggemar dangdut tapi harus mendengarkan Bethoven.. bikin garing dong..

If you’re a soccer fan but have to watch balet.. well, it definitely a torture. Or an ice cream lover but asked to have a taste on jengkol.. eeww!. Opt to listen to dangdut music but have to listen to Bethoven.. it would make you want to scream on top of your lungs..

Jadi isilah blog dengan hal-hal yang memang kamu sukai atau yang sangat kamu kuasai.

So fill your blog with the things you love or things which you are good at.

Boleh mengkhususkan diri dalam satu hal atau lebih.

You may specialize on one thing or more.

Ada yang memilih mengkhususkan diri pada traveling, kuliner, pendidikan dll.

There are those who choose to specialize on traveling, culinary, education etc.

Kalau saya tidak sanggup disuruh menulis hanya tentang satu topik. Soalnya saya orangnya cepat bosan.

I can’t write only on one topic. I am easily bored.

Karena itu saya memilih menjadikan blog ini bertema diary. Yang namanya diary isinya kan macam-macam, suka-suka hati, tergantung hal-hal yang terjadi kan.. dan itu yang bikin saya tidak pernah bosan menulis di blog ini.

It is why I chose diary theme for this blog. We write any kind of things on diary, right? From events to stuff.. It is why I never bored writing this blog.

*  *  *  *  *

Would blogging turn me into a weirdo?
Dunia ini punya stok banyak manusia aneh entah itu blogger atau bukan.

A blogger or not, this world has plenty stock of weirdoes.

Apakah penulis adalah manusia aneh?

Are writers weird?

Kalau soal sifat dan kepribadian.. yah, masing-masing terlahir dengan membawa DNA dan terbentuk oleh lingkungan.

When it comes to characters and personalities.. well, each of us born with our own DNA and environment formed us.

“Kamu memang manusia aneh tapi saya mencintaimu” Andre tersenyum setelah membaca draft untuk postingan ini “Saya tidak akan pernah berhenti mencintaimu” dan dia mencium saya.

“You are a weirdo but I love you” Andre smiled after he read the draft for this post “I can never stop loving you” and he kissed me.

mmmmm… terima kasih, sayang.

mmmmm… thank you, baby.

- continue to next post "Let's Blog - First Steps" -

No comments:

Post a Comment