Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Thursday, July 21, 2011

Kecerdasan / Multiple Intellegence

Kecerdasan ganda ada di dalam setiap diri manusia. Tidak percaya? Coba buat daftar dari hal-hal yang bisa anda lakukan dengan baik. Entah itu mewarnai, menari, memasak sampai menjadi pendengar yang baik. Semua itu adalah kecerdasan.

Tuhan mengaruniakan kecerdasan kepada setiap manusia. Tidak ada seorang pun dari kita yang terlahir tanpa kecerdasan walau tentunya tidak semua manusia memiliki jenis atau jumlah kecerdasan yang sama. Yang harus di ingat pula bahwa tidak setiap kecerdasan langsung muncul & berkilau sejak dari usia dini. Ada yang baru terlihat seiring dengan bertambahnya umur atau latihan.

Tidak cepatnya muncul kecerdasan dalam diri seseorang itulah yang membuat banyak dari kita merasa minder ketika melihat teman sebaya, orang-orang yang lebih muda dari kita atau anak kita tampil biasa-biasa saja, tidak langsung ‘berkilau’, tidak menonjol, tidak memiliki apa pun yang bisa dibanggakan.

Jadi jangan terburu-buru memvonis diri sendiri atau orang lain sebagai manusia tidak punya kelebihan apa pun sebelum mengerti bahwa Tuhan menciptakan kita semua dengan berbagai kecerdasan tapi di sisi lain Tuhan tidak membuatnya muncul keluar pada saat yang bersamaan di dalam setiap orang. 
Sebelumnya ketahuilah dulu bahwa para ahli telah menemukan 8 jenis kecerdasan yang Tuhan berikan kepada manusia. Saya membaca ini dalam buku “Born to be a Genius” (Adi W. Gunawan) yang mengupas tentang kecerdasan. Dia mengutip pendapat Howard Gardner tentang kecerdasan pada diri manusia yaitu;

Kecerdasan Linguistik, Kecerdasan Logika Matematika, Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Musikal, Kecerdasan Visual-Spasial, Kecerdasan Kinestetik & Kecerdasan Naturalis.


Kecerdasan Logika Matematika tidak usah dijelaskan pun kita sudah mengertilah ya. Mereka yang bekerja di bidang yang berhubungan dengan angka, hitung menghitung pasti mempunyai kecerdasan ini. Kita membutuhkan orang-orang yang memiliki kecerdasan ini untuk menciptakan pesawat, jembatan, gedung, komputer, perekonomian dll. Teknologi yang kita nikmati dan yang kita  manfaatkan saat ini adalah merupakan hasil dari kecerdasan ini.

Kecerdasan Intrapersonal adalah mereka yang bisa mengerti tentang perkara kejiwaan, emosi dan rohani dalam dirinya atau orang lain. Mereka yang bekerja sebagai pelatih, konselor, filsuf, psikolog, guru, pendeta, ulama memiliki kecerdasan ini. Boleh jadi mereka tidak menonjol, tidak terbang ke bulan, tidak menciptakan mesin super canggih tapi kepada merekalah orang-orang yang terkenal, yang terbang ke bulan, yang menciptakan mesin-mesin canggih, bahkan para pemimpin dunia datang untuk mencari bimbingan, nasihat dan kedamaian.


Kecerdasan Interpersonal ada miripnya dengan Intrapersonal. Seorang Intrapersonal rasanya sulit dibayangkan untuk tidak otomatis memiliki kecerdasan Interpersonal karena 2 kecerdasan ini membuat mereka yang memilikinya menjadi orang-orang yang bisa bergaul, bahkan selalu ingin bergaul, ingin berinteraksi dengan manusia, ingin menjalin komunikasi, ingin menolong, bisa menjadi sosok yang menyenangkan & dapat diandalkan. Juga bisa memimpin.

Kecerdasan musikal juga tidak perlu dijelaskan. Walau saya bukan penyanyi atau pemain musik, tapi saya bersyukur Tuhan menciptakan orang-orang dengan kecerdasan ini karena telinga saya terhibur menikmati karya-karya musik & suara dari mulai yang setengah klasik seperti Kenny G & Il Divo, yang ringan seperti Celine Dion & Britney Spears, sampai yang gombrang gambreng seperti Jon Bon Jovi, Pitbull & Lady Gaga.

 Kecerdasan Visual-Spasial adalah mereka yang suka dengan grafik, peta, diagram, permainan seperti puzzle & rubiks. Tapi saya pikir lumayan terjamin kalau kita bepergian bersama orang-orang yang memiliki kecerdasan ini. Kemampuan mereka membaca peta & menemukan arah setidaknya bisa membuat kita tiba di tujuan lebih cepat & mudah-mudahan tanpa harus…. kesasar. Hehe. 

Kecerdasan Kinestetik adalah orang yang senang bergerak & bekerja fisik. Olahragawan, penari & para tukang adalah contoh orang-orang yang memiliki kecerdasan ini. Asal bukan tukang copet ya. Hehe.


Kecerdasan Naturalis adalah mereka yang senang dengan alam. Entah itu hewan atau tumbuhan.


 Nah, setelah membaca penjelasan di atas itu pertanyaannya adalah kecerdasan apa saja yang anda miliki dalam diri anda? Jangan heran kalau ada lebih dari satu kecerdasan yang anda temui dalam diri anda. Tapi juga jangan menjadi cemas atau minder kalau merasa hanya menemukan satu kecerdasan saja.

Sebetulnya kita memiliki setiap kecerdasan itu. Hanya saja takarannya beda-beda. Misalnya saja mungkin kecerdasan linguistik dalam diri anda hanya 20%, tapi di sisi lain kecerdasan naturalis anda 60%, lalu masih ada kecerdasan musikal sebanyak 10%, kecerdasan logika matematik 5%, kecerdasan interpersonal dan intrapersonal 5%.

Masalahnya kan kita tidak pernah menelusurinya satu persatu. Menghitung persentasenya. Siapa juga yang mau repot-repot menganalisanya? Betul tidak?

Alasan lainnya mengapa kita tidak pernah menelusuri kecerdasan-kecerdasan yang kita miliki adalah karena selama ini kita lebih sibuk menelusuri kecerdasan orang lain. Kita mau membuang waktu untuk mengamati, mengakui, memuja atau mencemburui kelebihan-kelebihan dalam diri orang lain sampai kelebihan (kecerdasan) dalam diri sendiri luput diperhatikan, diakui dan disyukuri.

Sebaliknya, jangan pula menjadi seorang yang lebih cenderung memuja dan mengagungkan kecerdasan / kelebihan dalam diri sendiri sampai akhirnya kita menjadi contoh nyata dari peribahasa yang mengatakan ‘Kuman di seberang lautan terlihat jelas (tapi) gajah di pelupuk mata tidak terlihat sama sekali’.

Tuhan menciptakan segala sesuatunya untuk keharmonisan dan keseimbangan. Oleh karena itulah masing-masing kita tidak diciptakan dengan memiliki kecerdasan, kemampuan & kelebihan yang sama. Maksudnya supaya ‘Kelebihan dalam diri seseorang bisa menutupi kelemahan (kekurangan) dalam diri orang lain’.
___________________________________________________________________


Each of us has multiple intelligence. You don’t believe it? Try make a list of what you can do. From coloring, dancing, cooking to become a good listener are intelligence. Each of us are born having multiple intelligence. God gives it to us.



But please noted that each of it may develop or discover differently in every man. For some people their abilities (intelligence) may shine from early age while for others those abilities, talents or intelligence may remain undiscovered for many years & just come to surface after being trained or be in the right place and at the right time.


Therefore I urge you not to blame yourself, your kids or other people for not having shining talents or abilities. It can create low self esteem.

Experts have discovered there are 8 kind of intelligence. Adi W. Gunawan in his book Born to be a Genius quoted Howard Gardner’s discovery on human’s intelligence. They are;

Linguistic intelligence; mathematic intelligence; Intrapersonal intelligence; Interpersonal intelligence; Musical intelligence; Visual-Spacial intelligence; Kinesthetic intelligence; Naturalist intelligence.



Writers, orators, journalist, salesman, interpreters are those who have linguistic intelligence.


Mathematic intelligence are the people who enjoys working with numbers or calculation. We owe today’s modern and sophisticate technology to them as they invented many useful stuff such as aeroplane, bridge, building, computer & other gadgets.

Intrapersonal intelligence and Interpersonal intelligence are I think alike because they are about the ability to manage emotion, spiritual and mentality. The counselors, trainers, teachers, pastor or other spiritual leaders are those who have these kinds of intelligence. They may not be smart people or outstanding but they are needed and sought for by lots of people for advice or solace.

Musical intelligence is needless to be explained. Though I may not a singer & can’t play any musical instrument but I am glad God creates people with that intelligence as my ears enjoy listening to half classical music of Kenny G & Il Divo, the easy listening pop music of Celine Dion & Britney Spears, to the loud ones of Jon Bon Jovi, Pitbull & Lady Gaga.

Visual-Spacial intelligence is those with 3D’s brain that enjoy & like diagram, map, chart. You know you can rely someone with this kind of intelligence when you go camping or have to find direction. He / she can minimize the risk of being lost so you can be sure you’ll get to your destination safe and quick. Lol.

Atheletes & dancers are few of people with Kinesthetic intelligence. They like to make physical activities. Although let’s hope that pickpocket is not among people with this kind of intelligence. Lol.

Naturalist intelligence are easy to recognize because it is related to nature of animal or plants.

Now after read the above explanation about intelligence the question is have you recognize your own intelligence(s)? Don’t worry if you find more than one intelligence but don’t get anxious if it seems every abilities is so regular. Nothing outstanding.

The truth is we all have combination of intelligences. Each of them has different scale. For example you may have 20% of linguistic intelligence, 60% of Naturalist intelligence, 10% of musical intelligence, 5% of mathematic-logical intelligence and 5% for interpersonal- intrapersonal intelligence.

The thing here is we never really make a measure our own abilities, talents and intelligences. We don’t want to bother ourselves measuring and analyzing them, right?

The reason why we don’t do that is because most of the time we are too busy measuring and analyzing, adoring and envy at other people’s abilities, talents and intelligences that we failed to see our own abilities, talents and intelligences. We failed not only acknowledging them. We also failed to thank God for them.

But in other side don’t let the knowledge of our abilities, talents and intelligences make us feel so superior making us easy to critize or degrading other people. There is a saying in my country that says ‘a flea across the ocean is visible while the elephant before your eyes is completely invisible’. It means don’t be a person who easily recognizes other people’s imperfections while fail to recognize and admit your own imperfections.

Remember that God creates everything for making a harmony. Everything is equal. It is why He doesn’t create us with same abilities, talents & intelligences so “your abundance may supply their lack and vice versa”. 

No comments:

Post a Comment