Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Monday, March 23, 2015

WhenThe Heart..

is burdened..

ketika hati berbeban..

Malam itu ketika tinggal saya saja berdua dengan teman saya, dengan suara rendah dia menceritakan sebuah insiden yang dialaminya ketika dia bersama beberapa teman kami sedang mengerjakan sesuatu disebuah ruangan.


That night when it was just me and my friend, in lowered voice she told me about an incident that happened when she along with some friends were working on something in a room.

Saya diam mendengarkan.

I quietly listened to her.

Beberapa menit kemudian kelihatan mukanya menjadi sedikit terang. Beban dihatinya menjadi lebih ringan.

Few minutes later her face looked brighter. Her burden has become lighter.

Masalah tidak berarti langsung hilang karena buntut dari insiden itu terbawa sampai keesokan paginya tapi teman saya menghadapinya dengan hati yang lebih tenang.

It didn’t make the problem gone as the impact of that incident followed on to the next morning but my friend faced it with calmer heart.

Ketika hati terasa penuh dengan beban, membicarakannya dengan orang yang dekat, yang bisa di percaya, yang peduli dan menyayangi kita akan berpengaruh baik untuk kesehatan jiwa.

When the heart is heavily burdened, talking it to close, trusted person, who cares and love us will be good for the health of the psyche.

Orang dengan siapa kita berbagi beban itu mungkin tidak selalu memiliki jawaban untuk setiap masalah atau pertanyaan yang membebani hati kita tapi ketika kita membicarakan apa yang ada dalam hati, kita belajar mengkomunikasikannya dengan orang lain dan belajar untuk melihat masalah tidak hanya dari sudut pandang kita sendiri.

The person whom we unburden to may not always have the answer for every problem or question that burdened our heart but when we talk it out, we learn to communicate it with other person and learn to see the problem not from our own perspective.

♥   ♥   ♥   ♥   ♥

is filled with hopes..

ketika hati terisi dengan banyak harapan..

Saya adalah orang yang memiliki banyak harapan. Dan saya harus menunggu lama sebelum harapan-harapan itu menjadi kenyataan.

I am a person with many hopes. And I have to take long period of waiting before those hopes come true.

Ketika saya masih sangat muda, hal ini sering membuat saya uring-uringan. Saya ingin semua berjalan cepat. Saya menuntut semua harus mengikuti kemauan saya. Saya patah harapan ketika melihat orang-orang di sekitar saya sepertinya begitu mudah dan cepat mendapatkan apa yang mereka harapkan.

When I was younger, this drove me crazy. I wanted things to go fast. I demanded things to go my way. I was shattered when I saw people around me seemed to have their hopes granted so easy and quickly.

Dengan berlalunya waktu, dengan bertambahnya usia dan dengan semakin banyaknya pengalaman hidup, saya menyadari bahwa saya harus bersyukur ada rentang waktu sebelum harapan-harapan itu terkabul.

With the passing time, the older I get and the more life experience I have got, I finally realized I should be grateful to have that waiting period before those hope came true.

Karena dalam rentang waktu penantian itu saya belajar untuk melihat, mengenali dan mengalahkan ego, ketidaksabaran, kemarahan, keangkuhan dan kekecewaan.

Because in that waiting period I learned to see, recognize and overcame ego, impatience, anger, arrogance and disappointment.

Mengenali diri sendiri merupakan hal yang manis tapi juga pahit. Manis ketika kita melihat hal-hal positif. Pahit ketika menemukan hal-hal yang tidak baik dalam sifat, pribadi dan kebiasaan kita.

Self-acknowledging is a bitter sweet thing. It is sweet when we discovered positive sides. But it is bitter when we were made to see the bad sides in our character, personality and habit.

Masa penantian dimaksudkan untuk mendewasakan kita.

Waiting period is meant to mature us.

Jadi kalau saat ini harapan-harapan kita belum terwujud juga, jangan isi hati dengan ketidaksabaran, kemarahan, gerutuan, tuntutan, iri atau keputusasaan.


So if for time being our hopes haven’t come to pass yet, don’t fill the heart with impatience, anger, complain, demand, jealousy or desperation.

Isilah hati dengan kesabaran, kerendahan-hati dan optimisme.

Fill the heart with patience, humbly and optimism.

Harapan-harapan yang terwujud setelah kita menjadi dewasa dalam emosi, memiliki kepribadian yang kuat dan kebesaran jiwa akan memberikan lebih banyak kebahagiaan, kepuasan serta kesiapan yang lebih baik untuk menerimanya.

The hopes that come to pass after we become emotionally matured, have solid personality and broadened spirit give us more happiness, satisfaction and we are well prepared to accept them.

♥   ♥   ♥   ♥   ♥

is dancing with happiness..

ketika hati amat gembira..

Ada banyak definisi tentang kebahagiaan. Bagi saya pribadi, deskripsi dibawah ini adalah arti kebahagiaan menurut definisi saya.


There are many definition about happiness. For me personally, the below description is my definition about happiness.

Kebahagiaan adalah ketika kita bisa mensyukuri apa yang kita miliki.

Happiness is when we are grateful for the things we have.

Kehidupan tidak memberikan kesempurnaan. Kita berupaya untuk memberikan yang terbaik dan menjadi yang terbaik tapi ketidaksempurnaan akan selalu ada.

Life doesn’t give us perfection. We try to give the best and be the best but imperfection is always be there.

Hati yang berbahagia adalah hati yang dipenuhi dengan rasa bersyukur karena kita tidak akan bisa benar-benar berbahagia ketika hati kita melihat pada segala yang tidak sempurna.

A happy heart is a heart that filled with gratefulness because we can never really be happy when our heart see the imperfectness.

♥   ♥   ♥   ♥   ♥

fulls of lust..

ketika hati penuh dengan hawa nafsu..

Mulai dari tahun 2012 Perusahaan Kereta Api Indonesia sampai menyediakan gerbong khusus untuk perempuan karena ada begitu banyak perempuan merasa terganggu dengan laki-laki yang hatinya penuh dengan hawa nafsu.

image : www.solopos.com
Since 2012 Indonesian railway company has provided special compartment for female after there were many female passengers complained of having harrassed by males whose heart are full with lust.

Sebetulnya kemana pun kita pergi, kita akan selalu bertemu dengan orang-orang yang memiliki hati seperti itu. Entah laki-laki atau perempuan.

The fact is where ever we go we will always meet people with that kind of heart. Male or female.

Sampai saat ini, setiap hari Minggu saya memilih untuk lebih baik berada diruangan saya karena disitu saya aman.

Up to now, I prefer to stay in my room every Sunday because I am safe there.

Kadang saya suka heran sendiri. Saya ini tomboy. Saya tidak berkelakuan atau tampil menggoda, tapi yah ada saja..

It puzzles me sometimes. I am a tomboy. I don’t behave or dress provocatively but still..

Belakangan ini Andre agak khawatir setiap kali saya ikut kumpul-kumpul dengan teman-temannya.

Lately Andre worries everytime I got together with him and his friends.

Dia sudah biasa mendengar komentar ‘pacar kamu humoris, enak di ajak ngomong, baik’ dari teman-temannya tentang saya. Tapi ada beberapa orang tertentu yang bikin dia meradang karena dia mendengar mereka mengatakan ‘saya kepingin tidur sama pacar kamu’.

He is used to hear these remarks about me ‘your girlfriend has great sense of humor,she  is nice to talk to, she is a good person’ from his friends. But some has made him mad because he heard them said ‘I want to have sex with her’.

Malah ada yang mengatakan hal seperti itu langsung kepada saya.

Few have even said it dirctly to me.

Tentu saja amat sangat mengagetkan. Nakutin juga, apalagi kalau orang yang mengatakan itu berdiri di depan anda dan fisiknya jauh lebih besar dari anda.

It very much startled me. Scary too, especially when the guy who said it stood infront of you and bigger than you.

Apa pun perasaan saya, sikap saya tetap tenang karena saya tidak mau menciptakan suasana yang nantinya bisa merugikan saya.

What ever my feelings were, I remained calm because I didn’t want to provoke anything that would later bring bad impact on me.

Beberapa dari mereka memang kemudian saya hindari tapi bukan berarti saya memusuhi mereka. Hati mereka itulah yang membuat saya memutuskan untuk menghindari mereka.

I avoid some of them but it doesn’t mean I see them as sort of enemy. It is their heart that made me decided to avoid them.

♥   ♥   ♥   ♥   ♥

Hati menyimpan berbagai perkara. Baik dan buruk ada semua didalamnya.

The heart keeps many things. Good and bad stuff are in there.

Dan apa yang tersimpan di dalam hati akan muncul dalam pikiran, lalu pada akhirnya keluar melalui perkataan atau tindakan kita.


And what is kept there eventually appears in the mind, thus flows out through words we spoke or shows in our behavior.

Jadi jagalah hati itu karena dia membawa kita pada kebaikan atau pada kejahatan.

So guard the heart because it can take us to good or to evil.

4 comments:

  1. quotesnya keren cikgu... so inspiring

    ReplyDelete
  2. Sip. Thanks buat komen. Senang krn bisa menginspirasi.
    Thanks for the comment. Happy to know my writing inspired somebody

    ReplyDelete
  3. Hati memang selalu menjadi penentu segalanyaa... Hukzzzzz

    ReplyDelete
  4. Betul. Jadi harus diwaspadai apa yang ada di dalam hati.
    Thanks komennya, mbak Icha

    ReplyDelete