Greetings dear readers / salam buat para pembaca

Knowing that I say it better in writing, and I do love writing, I decided to write my experiences and thoughts in this blog so this is my e-diary.

Don't speak Indonesian? No need to worry, it is written both in Indonesian and in English.

Happy Reading, everybody !
__________________________________________

Buat saya mengungkapkan isi hati dan pemikiran lebih gampang dilakukan dalam bentuk tulisan dan karena saya juga senang menulis, saya memutuskan menulis hal-hal yang saya alami dan yang ada dalam pikiran saya dalam blog ini.

Untuk yang tidak bisa berbahasa Indonesia, jangan khawatir, blog ini saya tulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Selamat membaca !

Thursday, November 3, 2011

Human Error

Pernah dong dengar istilah ‘Human Error’. Istilah itu dipakai bila terjadi kecelakaan pesawat karena pertanyaan yang muncul adalah apakah kecelakaan itu disebabkan oleh ‘Human Error’ (kesalahan yang diperbuat oleh manusia) atau karena faktor ‘Engine Failure’ (kesalahan teknis).

Selama kita masih berjudul mahluk fana yang terdiri dari darah & daging maka selama itu pula kita tidak akan bisa terlepas dari kesalahan.

Jadi janganlah takut membuat kesalahan karena hal itu adalah wajar & dari kesalahan itulah kita belajar tentang banyak hal.

Tapi di sisi lain jangan pula mengabaikan kekurangan & kelemahan yang ada dalam diri kita yang mengakibatkan kita berbuat kesalahan.

Jangan bersikap lebay-dot-com terhadap kesalahan dalam artian satu kesalahan mampu membuat kita patah semangat, seakan dunia runtuh & kita kehilangan seluruh masa depan.

Begitu pula jangan bersikap sebagai orang paling maha sempurna di muka bumi ini sehingga satu kesalahan yang di perbuat orang lain sudah cukup untuk membangkitkan angkara murka kita. Berkaca dulu. Lihat siapa diri kita. Bukankah kita sendiri juga pernah melakukan kesalahan? Tidakkah kita sendiri juga penuh dengan kelemahan & kekurangan?

Ingat jangan menjadi orang yang sibuk memperhatikan & membetulkan kesalahan semua orang di sekitar kita kecuali kesalahan yang di perbuat oleh diri sendiri.

Setelah bertahun-tahun saya berkutat menghadapi diri sendiri & sekian banyak diri manusia di sekitar saya maka saya berkesimpulan bahwa cara pandang & bagaimana kita menyikapi kesalahan berkaitan erat dengan kepercayaan diri.

Kepercayaan diri dalam porsi yang normal menolong kita untuk bisa bersikap positif terhadap kesalahan yang diperbuat oleh diri sendiri & dalam diri orang lain.

Kepercayaan diri yang rendah membuat kesalahan mampu menghancurkan harga diri, semangat atau harapan di dalam diri seseorang.

Sebaliknya kepercayaan diri yang terlalu tinggi bisa menciptakan egoisme atau keangkuhan yang membuat ‘kuman di seberang lautan terlihat tapi gajah di pelupuk mata tidak tampak’. Membenarkan diri atau menganggap diri benar adalah contohnya.

Kesalahan tidak bisa dihindarkan. Tidak peduli sepintar, semahir, sehebat, berpengalaman atau demikian hati-hatinya kita, sekali pun kita sudah berusaha sebaik mungkin tapi kesalahan tetap bisa terjadi karena kita tidak maha sempurna & maha tahu.

Sikapilah kesalahan (yang di perbuat oleh diri sendiri atau orang lain) dengan wajar. Pelajarilah kesalahan itu. Carilah cara untuk memperbaikinya. Meminta maaf. Lalu kembali melanjutkan hidup. Tentunya dengan harapan menjadi bertambah ilmu atau lebih bijak sebagai hasil dari pelajaran-pelajaran berguna yang didapatkan dari kesalahan tadi.

______________________________________________________________________________

‘Human Error’. You have heard it before right? When there is a plane crash the expert will soon investigate to find the cause. Is it by ‘Human Error’ or ‘Engine Failure’.

The thing is as long as we live as flesh & blood, making errors are un-avoidable. So don’t get so freaking out about making mistakes. Infact, we learn a lot from our mistakes.

But in other hand don’t ignore our weaknesses that may have cause us to do mistake.

But remember don’t play the role of the most innocent person in the entire planet. Nobody’s perfect. So don’t get inrage toward imperfectness or mistakes.

Don’t get too eager about finding or fixing other people’s errors while the ones within yourself goes unnoticed. It is such a shame to be this kind of person.

In the meantime I find a correlation on our reaction or perception toward errors (mistake) with self-confidence. I conclude this after observing myself & other people around me.

A normal proportion of self-confidence helps us to perceive & react positively toward the mistakes we or other people do.

Lack in self-confidence makes it difficult for us to perceive & react positively toward the mistakes we or other people do. One small mistake or imperfectness is enough to destroy our dignity or optimism.

On the contrary, an over self-confidence drives people to think that they can do no wrong. They are quick to find other people’s mistakes but their own.

Remember that no matter how smart, experience or careful we are, we can make mistake. Why? Because we simply are not perfect creature. We can do our best but none of us are free from making mistake.

We make mistake every once in a while. The most important thing is how we fix it, learn from it & move on. They actually make us smarter& wiser. Turning us into a better person.

No comments:

Post a Comment